Manfaat Ginkgo Biloba untuk Mencerdaskan Otak, Mata dan Vertigo

manfaat ginkgo biloba
Manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan tubuh tak kalah hebatnya. Herbal asal Tiongkok ini ternyata termasuk tanaman purba yang masih ada. Khasiat ginkgo biloba baik untuk mata, kulit, telinga dan mengatasi vertigo.

Nama tanaman ini mungkin masih asing bagi sebagian orang. Namun jika Anda sering memperhatikan iklan obat di TV akan sering mendengar nama ini. Yaps, herbal ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Ginkgo biloba, menurut Wikipedia, juga populer dengan sebutan pohon rambut gadis. Tanaman ini masuk dalam keluarga Ginkgophyta dan termasuk satu-satunya spesies yang mampu bertahan dan masih hidup hingga saat ini.

Sudah sejak lama masyarakat mempercayai manfaat ginkgo biloba bisa mengatasi berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Tanaman ini juga sering menjadi bahan ekstrak obat herbal yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak.

Mereka meyakini mengonsumsi daun ginkgo biloba akan meningkatkan daya ingat dan otak lebih cerdas. Karena itu banyak orang yang memburu herbal ini sebagai suplemen untuk menjaga fungsi otak. Tapi apakah hal itu benar adanya?

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Tubuh

Ginkgo biloba merupakan jenis herbal yang kaya dengan kandungan flavonoid dan terpenoid. Flavonoid bersifat antioksidan yang cukup kuat. Sedangkan terpenoid berguna untuk melancarkan sirkulasi darah.

Baca juga: Makanan Penambah Stamina Tubuh untuk Anda yang Aktif dan Dinamis

Lantas apa saja khasiat dari ginkgo biloba. Yuk simak saja beberapa keutamaan mengonsumsi tanaman berkhasiat obat ini.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat utama mengonsumsi ekstrak ginkgo biloba adalah membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Banyak orang yang mempercayai ginkgo biloba mampu menjaga kinerja otak dan membantu meningkatkan kecerdasan.

Benarkah? Sampai sekarang belum ada penelitian yang secara ilmiah membuktikan manfaat ginkgo biloba terhadap kinerja otak.

Meskipun sudah ada risetnya tapi belum bisa dipastikan hasilnya. Sebuah penelitian menyebutkan kalau ingin menjaga daya ingat otak jangan mengonsumsi ginkgo biloba saja. Melainkan mesti dengan Panax ginseng atau condonopis agar hasilnya lebih baik.

Menghilangkan Kecemasan

Untuk orang yang mengonsumsi ginkgo biloba, mereka akan merasa tenang dan rasa cemas perlahan menghilang. Hal ini sudah terbukti dari penelitian yang mengatakan kalau kandungan antioksidan dalam ginkgo biloba berperan membantu meredakan rasa cemas.

Dengan adanya pernyataan ini, dunia medis memperdalam studi untuk membuktikannya langsung. Terutama khasiat ginkgo biloba memang benar dan terbukti mampu meredakan rasa cemas.

Meningkatkan Penglihatan Mata

Selain itu manfaat ginkgo biloba untuk mata juga efektif. Penglihatan mulai  semakin redup seiring bertambahnya usia memang mengkhawatirkan. Dengan jarak pandang yang kian terbatas, membuat siapa saja menjadi terganggu.

Terlebih untuk Anda yang mengalami diabetes atau glaukoma. Namun dengan mengonsumsi ginkgo biloba dapat membantu mengembalikan kesehatan mata Anda.

Dengan kata lain, mengonsumsi ginkgo biloba bisa memperbaiki penglihatan mata. Hal ini karena aliran darah yang mengalir ke mata jauh lebih lancar dan bisa mencegah degenerasi makula.

Penurunan fungsi makula sangat berbahaya. Sebab bisa menyebabkan kerusakan pada retina mata. Jika ini terjadi akan mengakibatkan kebutaan.

Meredakan Premenstrual Syndrome (PMS)

Manfaat ginkgo biloba selanjutnya juga bisa menjadi solusi untuk kaum perempuan. Untuk Anda yang sering tidak tahan terhadap rasa nyeri pada area payudara saat haid, ginkgo biloba bisa membantu meredakannya.

Selain itu herbal ini juga berkhasiat dalam mengatur hormon tubuh. Karena itu mengonsumsi daun herbal ini juga dapat meredakan sakit maupun menjaga kesehatan fisik dan psikologis. Namun konsumsi ginkgo biloba sebaiknya jangan berlebihan.

Menghilangkan Vertigo

Selain beberapa ancaman karena faktor usia, manfaat ginkgo biloba juga bisa membantu menghilangkan vertigo yang Anda alami. Kondisi lingkungan yang seakan berputar dalam mata sering kali terjadi secara tiba-tiba dan bisa membuat penglihatan terganggu.

Baca juga: Makanan Alami Pengencer Darah untuk Penderita Darah Kental

Pengaruh dari sensasi berputar dari vertigo adalah saat menggerakkan kepala terlalu cepat sehingga sinyal mata menuju otak yang lambat. Kondisi ini membuat keadaan sekitar terasa berputar dan membuat kita seperti linglung.

Kalau Anda mengalami vertigo tentunya akan sangat mengganggu. Untuk itu penting Anda mengonsumsi ginkgo biloba untuk mengatasi gangguan tersebut. Sebab khasiat herbal ini bisa membantu meredakan tidak sinkronnya otak dan mata dalam melihat objek.

Itulah berbagai manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan mata dan tubuh. Mengonsumsi herbal ini juga berguna dalam meredakan sakit maupun meningkatkan imunitas tubuh. Namun sesuaikan takarannya agar tidak berlebihan. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara