Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan Jantung, Tulang, dan Kulit

manfaat jeruk bali untuk kesehatan
Manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh. Foto: Ist/Net

Manfaat jeruk bali ternyata tak kalah dengan jenis buah jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk bali juga mengandung nutrisi yang lengkap. Buah ini berkhasiat untuk kesehatan jantung, tulang, maupun kecantikan kulit.

Jeruk bali (Citrus grandis), menurut Wikipedia, juga populer dengan sebutan jeruk besar atau pomelo. Pomelo merupakan jenis jeruk dengan bentuk yang paling besar. Kulit buahnya juga tebal sehingga sering untuk mainan anak-anak.

Penyebutan jeruk bali sebenarnya kurang tepat karena tidak berhubungan dengan Pulau Bali. Karena itu Departemen Pertanian menyarankan dn mengampanyekan penyebutannya sebagai jeruk pomelo.

Buah tropis ini juga populer dengan rasanya yang manis dan masam. Kandungan air buah ini juga tinggi sehingga sangat menyegarkan dan berguna untuk mencegah dehidrasi tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan Metabolisme dan Anti Kanker

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Bali

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya yang juga banyak. Jeruk pomelo juga banyak mengandung vitamin C seperti umumnya jenis jeruk lainnya.

Kandungan gizi lainnya antara lain kalori, karbohidrat, protein, gula, serat, dan lemak sehat. Jeruk bali juga kaya dengan vitamin A, B1, B2, thiamine, riboflavin, kalium, sodium, dan tembaga.

Buah ini juga kaya dengan bioflavonoid yang merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh. Jeruk bali juga kaya dengan kandungan beta-karoten dan asam folat yang tak kalah pentingnya untuk tubuh.

Karena kandungan gizinya yang cukup lengkap, sangat baik mengkonsumsi buah ini secara berkala. Baik mengonsumsinya langsung atau kita buat jus. Nah, berikut manfaat jeruk bali untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Sistem Imunitas

Buah jeruk bali kaya dengan vitamin C yang sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin ini juga penting dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain vitamin C, jeruk pomelo juga kaya dengan antioksidan yang berguna dalam menangkal serangan radikal bebas maupun bakteri. Makan buah ini baik untuk mengatasi penyakit infeksi, seperti demam, pilek, atau flu.

Melancarkan Pencernaan

Buah ini tak hanya kaya vitamin C namun juga mengandung tinggi serat. Karena itu manfaat jeruk bali sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat penting dalam melancarkan proses pencernaan makanan dalam usus.

Pencernaan yang sehat juga berguna dalam mencegah berbagai gangguan lainnya. Termasuk mencegah ambeien maupun penyakit perut lainnya. Karena itu konsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan perut.

Baca Juga: Manfaat Minum Yogurt untuk Kesehatan Tulang, Kulit, dan Diet

Mengatasi Gangguan Kemih

Infeksi bakteri yang menyerang tubuh juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit saluran kemih. Kandungan vitamin C dan antioksidannya berguna dalam mengusir bakteri dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat jeruk bali lainnya adalah kandungan kaliumnya. Mineral ini sangat penting bagi tubuh dalam mengontrol dan mengendalikan tekanan darah. Terlebih jika Anda baru saja mengkonsumsi makanan berlemak.

Untuk Anda yang memiliki gangguan darah tinggi (Hipertensi) maupun tekanan darah rendah (hipotensi) sangat baik mengonsumsi buah ini secara rutin. Selain menjaga tekanan darah, buah ini juga baik untuk melancarkan sirkulasi darah.

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Jantung, Kulit dan Anti Kanker

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan kalium maupun vitamin C dalam buah ini juga sangat penting untuk menjaga fungsi jantung. Apalagi buah ini juga mengandung pektin yang berkhasiat dalam membersihkan dan menjaga kelancaran arteri.

Beberapa nutrisi ini sangat penting bagi tubuh dalam menjaga fungsi distribusi darah ke berbagai organ lainnya. Yang menarik, nutrisi buah ini juga berperan untuk menekan dan mengusir kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah anemia.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat jeruk bali juga karena kandungan kalsiumnya yang sangat penting untuk menguatkan tulang dan gigi. Mineral ini penting dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis maupun gangguan tulang lainnya.

Buah ini juga mengandung mineral lain yang membantu proses penyerapan gizi oleh tubuh menjadi lebih lancar. Mengonsumsi buah ini sangat baik untuk mencegah aterosklerosis maupun stroke.

Baik untuk Perawatan Kulit

Selain jeruk lemon, manfaat jeruk bali juga baik untuk perawatan kulit wajah dan tubuh. Kandungan vitamin C, bioflavonoid, maupun spermidine dalam buah ini berperan penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit.

Selain penting dalam menangkal radikal bebas, Anda bisa memanfaatkan buah ini untuk menjaga elastisitas kulit dan membuatnya lebih cerah. Anda bisa mengonsumsinya atau menggunakannya sebagai masker wajah.

Mendukung Program Diet

Jeruk bali juga kaya dengan serat yang penting dalam mendukung program diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini berguna agar kita merasa kenyang lebih lama. Manfaat jeruk bali juga karena nutrisinya lainnya yang mampu membakar lemak. (R11/HR Online)

Editor: Jujang