Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat jinten hitam tidak hanya bagus untuk kesehatan saja namun juga baik untuk perawatan kecantikan. Tanaman yang umumnya untuk bumbu masakan ini berkhasiat melawan kanker, mengobati rematik, asma, dan sinusitis.

Tanaman jinten hitam memiliki nama latin Nigella Sativa yang juga populer dengan sebutan Habbatussauda. Sekarang mulai banyak orang memanfaatkannya sebagai obat herbal. Ini karena kandungan baik yang tersimpan dalam tanaman ini.

Tanaman berkhasiat ini berasal dari negara Asia Barat dan Asia Selatan. Masyarakat asal herbal ini biasa menggunakan jinten ini sebagai pengawet alami sekaligus untuk bumbu penyedap masakan.

8 Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Sudah bukan rahasia lagi jika tanaman Habbatussauda ini mengandung segudang manfaat. Bahkan sudah sejak dulu khasiatnya terkenal secara luas terutama untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit.

Berikut ini 8 manfaat jinten hitam untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu. Anda bisa menggunakan herbal ini untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Baca Juga: Buah yang Mengandung Vitamin A dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Bagi penderita diabetes, jinten hitam adalah obat herbal yang manjur. Sebab ekstrak dari tanaman ini mampu mengurangi dan mengontrol kadar gula dalam darah sekaligus resistensi insulin.

Dengan mengkonsumsi ramuan herbal ini secara seimbang akan berguna membantu untuk mengembalikan kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

Mengatasi Gejala Asma

Manfaat jinten hitam juga berkhasiat untuk mengatasi gejala asma. Kandungan yang terdapat dalam Habbatussauda berguna dalam membantu mengatasi berbagai gangguan pernafasan.

Selain bisa menurunkan frekuensi batuk dan mengi pada penyakit asma, tanaman herbal ini juga mampu menjaga fungsi kerja organ paru-paru. Ini sangat baik untuk menjaga dari penyakit yang menyerang organ ini.

Melawan Infeksi

Tahukah Anda jika dalam obat herbal ini memiliki sifat antivirus dan anti bakteri. Khasiat ini mampu mencegah jika ada serangan infeksi yang menyerang tubuh.

Tak sedikit jenis infeksi yang mudah menyerang tubuh. Seperti infeksi karena virus HIV dan virus pemicu hepatitis C.

Menghambat Sel Kanker

Kandungan senyawa antioksidan etanol yang terkandung dalam jintem hitam juga sangat berguna bagi tubuh. Senyawa ini dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker, bahkan jenis kanker ganas sekalipun.

Baca Juga: Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan Kulit, Anti Virus dan Pencernaan

Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat jinten hitam lainnya adalah mengurangi kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Dengan mengkonsumsi jintan hitam secara teratur, obat alami ini dapat bekerja lebih ampuh dan menangkal berbagai gangguan akibat kolesterol.

Membantu Meredakan Rematik

Habbatussauda juga ampuh untuk mengurangi rasa sakit karena rematik, khususnya rematik ringan. Seperti kita tahu, rasa sakit yang timbul akibat rematik sangat mengganggu.

Karena itu saat Anda merasakan gejala rematik bisa segera minum ramuan jinten hitam. Sehingga risiko penyakit tersebut bisa teratasi dengan mudah.

Mengatasi Gejala Alergi

Manfaat jinten hitam juga dapat menurunkan gejala alergi. Seperti contohnya bersin-bersin, hidung gatal, hidung berair dan lainnya. Hal ini karena kandungan fitokimianya yang sangat berkhasiat.

Membantu Mengatasi Sinusitis

Tanaman Nigella Sativa ini juga mengandung senyawa antioksidan, anti mikroba, anti inflamasi, antihistamin dan efek analgesik. Sehingga mampu mengurangi dan mencegah risiko penyakit sinusitis secara efektif.

Manfaat untuk Kecantikan Wanita

Selain khasiatnya bagi kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit, obat herbal jinten hitam juga baik untuk perawatan kecantikan tubuh. Berikut ini berbagai khasiat tanaman habbatussauda untuk kecantikan wanita.

Gangguan jerawat bisa kita tangani dengan obat herbal Habbatussauda. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Untuk hasil lebih maksimal, tambahkan bubuk jinten halus dengan madu.

Manfaat jinten hitam juga baik untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit, baik itu kulit wajah maupun tubuh. Lakukan lulur dengan masker herbal ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

Herbal ini juga efektif untuk meremajakan kulit dan membuat kulit lebih kencang dan awet muda.

Jika Anda membutuhkan scrub wajah yang ampuh dari bahan herbal, Anda bisa memilih jinten hitam. Bahan alami ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah secara efektif.

Itulah berbagai manfaat jinten hitam untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Selain untuk bumbu masakan, Anda bisa menggunakan herbal ini sebagai masker yang perawatan tubuh dari luar. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img