Manfaat Komputer untuk Kehidupan dalam Berbagai Sektor

Manfaat Komputer untuk Kehidupan
Ilustrasi Manfaat Komputer untuk Kehidupan. Foto: Muhafid/HR

Manfaat komputer untuk kehidupan saat ini sangat banyak beriringan dengan semakin berkembangnya teknologi. Komputer juga seperti sudah menjadi bagian pokok di dalamnya.

Orang mulai sadar menggunakannya untuk membantu pekerjaan dan berbagai aktivitas dalam kehidupan daripada hanya untuk sekedar hiburan atau fashion.

Lebih dari itu, perkembangan ilmu pengetahuan juga mengarah kepada bagaimana teknologi dapat lebih banyak membantu manusia.

Komputerisasi adalah salah satu bagian dari perkembangan tersebut, di mana hampir semua bagian dalam kemajuan sekarang memerlukan komputer di dalamnya.

Seperti terlihat dalam beberapa sektor utama kehidupan yaitu dunia bisnis, perbankan, Industri pabrik bahkan dalam dunia Pendidikan dan Kesehatan telah banyak menggunakan komputer.

Oleh karena itu, kenapa tidak kita coba mengetahui beberapa manfaat yang sudah banyak orang gunakan dari komputer.

Baca juga: Manfaat Komputer Secara Umum dalam Kehidupan

Beberapa Manfaat Komputer untuk Kehidupan Manusia

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari komputer yang berpengaruh terhadap berbagai sektor utama kehidupan manusia kita.

Bidang Pendidikan

Pemanfaatan teknologi dalam dunia Pendidikan telah berdampak besar terhadap proses belajar di hampir semua tingkat pembelajaran.

Berbagai manfaat seperti di antaranya kenyamanan dalam belajar atau akses yang lebih mudah terhadap berbagai informasi serta banyak lagi.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan kinerja siswa dalam belajar karena informasi yang siswa dapatkan tidak tergantung terhadap guru atau perpustakaan yang terbatas.

Penelitian Pustaka atau hanya sekadar membaca akan semakin mudah dengan adanya komputer yang terhubung dengan internet.

Dengan akses yang mudah juga, siswa akan lebih nyaman dalam belajar karena tidak rumit dan bisa mereka lakukan di manapun.

Kemudian, manfaat komputer untuk kehidupan Pendidikan menjadi semakin menarik dengan kemampuannya dalam menghadirkan visual.

Visual yang berisi informasi biasanya lebih gampang terserap oleh siswa daripada menggunakan media tulis atau penyampaian secara langsung.

Selain untuk siswa, guru dan instansi Pendidikan juga mendapatkan manfaat yang banyak, mulai dari manajemen Pendidikan bahkan sampai pada absensi sudah semakin mudah.

Bidang Kesehatan

Hadirnya teknologi juga memberikan kemajuan besar dalam bidang Kesehatan yang memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat.

Salah satunya dalam hal akses informasi Kesehatan seperti untuk berkonsultasi atau sekedar informasi Kesehatan biasa.

Dengan adanya komputer kita tidak perlu repot-repot terus pulang pergi rumah sakit atau bertemu langsung dengan ahli Kesehatan.

Saat ini sudah banyak rumah sakit dan dokter serta ahli Kesehatan lainnya yang membuat atau bekerjasama membuat platform untuk layanan Kesehatan secara online.

Manfaat komputer untuk bidang kehidupan yang satu ini juga dapat kita rasakan saat harus pergi ke rumah sakit.

Sekarang, pendaftaran bisa kita lakukan melalui aplikasi secara online, banyak rumah sakit yang sudah memanfaatkan ini untuk memberikan kemudahan kepada pasiennya.

Sehingga, waktu tunggu pasien pun bisa lebih singkat, berbeda dengan pendaftaran manual yang membutuhkan waktu lebih banyak.

Selain untuk mempermudah pasien, aplikasi yang terintegrasi juga bisa mempermudah rumah sakit untuk mengelola data.

Dengan adanya komputer, data pasien seperti riwayat penyakit serta data lainnya bisa tersimpan dengan aman dan akan lebih mudah untuk mengaksesnya.

Baca juga: Cara Kerja Virus Komputer Menyerang Sistem

Bidang Industri

Industri juga saat ini tidak terlepas dari komputer, banyak perusahaan mulai memanfaatkan komputer untuk mempermudah pekerjaannya.

Beberapa komputer di desain khusus untuk urusan industri untuk membantu dalam pekerjaan-pekerjaan tertentu.

Computer Aided Design atau CAD adalah salah-satunya, perangkat elektronik canggih ini terbuat khusus untuk memberi kemudahan dalam pembuatan gambar atau desain grafis.

Seringkali CAD perusahaan gunakan untuk membuat media promosi seperti pamflet atau brosur malalui aplikasi 3 dimensi.

Manfaat komputer untuk kehidupan perusahaan juga terasa melalui sebuah komputer yang bernama Computer-Aided Manufacturing atau CAM.

Kalau Anda pernah melihat sebuah pabrik produksi yang menggunakan robot dalam proses pembuatan produknya, di sinilah CAM berfungsi.

Komputer ini merupakan kendali mesin-mesin atau robot produksi, oleh karenanya mudah menemukan komputer ini di tempat-tempat Industri.

Kemudian, selain dua komputer di atas ada juga yang khusus berguna untuk bagian perancangan atau control kerja komputer secara menyeluruh.

Pada industri dengan skala besar, perancangan sumber daya produksi bukanlah sesuatu yang sederhana untuk menangani ini biasanya menggunakan perangkat bernama MRP.

MRP atau Manufacturing Resource Planning adalah komputer khusus untuk itu dan seringkali perusahaan dengan sekala produksi besar untuk membuat perencanaan.

Itulah beberapa kemajuan teknologi dalam beberapa sektor utama kehidupan yang tidak terlepas dari peran komputer di dalamnya.

Manfaat komputer untuk kehidupan manusia masih sangat banyak dan di kemudian hari tentunya akan lebih berkembang lagi. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid