Manfaat Menanam Lidah Mertua Jika Menyimpannya di Dalam Rumah

Manfaat menanam lidah mertua jika menyimpannya di dalam rumah. Foto: Net/Ist.
Manfaat menanam lidah mertua jika menyimpannya di dalam rumah. Foto: Net/Ist.

Manfaat menanam lidah mertua di dalam rumah bisa anda dapatkan jika meletakkan tanaman tersebut sekitar area yang terkena cahaya. Selain itu, rutin memberinya air saat tanaman lidah mertua sudah mulai terlihat kering.

Tumbuhan ini termasuk jenis tanaman hias yang kini tengah populer di masyarakat tanah air. Tanaman lidah mertua juga bisa dengan mudah kita temukan di negara-negara Asia dan Afrika.

Lidah mertua merupakan jenis tanaman hias daun yang memiliki banyak manfaat. Jika menanamnya di dalam rumah bisa menyegarkan mata.

Lantas, apa saja manfaatnya kalau kita menyimpan tanaman lidah mertua dalam rumah? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman tersebut.

Baca Juga : Lidah Mertua, Tanaman Hiasan Rumah Segudang Manfaat

Manfaat Menanam Lidah Mertua di Rumah

Menyejukkan Ruangan

Jika kita menanam atau meletakan tanaman ini di dalam rumah bisa mengharumkan ruangan secara alami. Hal itu karena aroma khas dari lidah mertua sangat menyejukkan, serta terasa menenangkan.

Letakkan tanaman ini pada beberapa sudut ruang. Baik ruang tamu, dapur, toilet, dan ruangan lainnya. Namun, ruangan yang paling cocok adalah ruangan ruang yang sering mengeluarkan bau tak sedap.

Aromaterapi

Aroma tanaman lidah mertua yang sehat dan menyegarkan sehingga baik sebagai aromaterapi. Ini menjadi salah satu manfaat menanam lidah mertua. Dampak positifnya selain pada lingkungan, juga berdampak terhadap psikologi orang yang menanamnya.

Sebagai jenis tanaman hias, lidah mertua juga bisa berbunga dan mekar setiap sore. Aroma dari bunganya lah yang membuatnya begitu menenangkan. Bahkan ampuh mengurangi serta meredakan stres.

Menyerap Racun dari Udara

Manfaat menanam lidah mertua di rumah yang berikutnya yaitu untuk menyerap racun dari udara. Karena, tanaman ini menjadi salah satu jenis tumbuhan yang dapat menyerap racun. Seperti racun benzena, formaldehida, dan trikloroetana.

Manfaat itulah yang kini membuat banyak orang mulai menanamnya untuk menjaga agar lingkungan tempat tinggalnya tetap sehat.

Baca Juga : Tanaman Hias Indoor Populer, Harganya Masih Masuk Akal

Letakkan tanaman lidah mertua ini dalam sudut kamar. Ini bermanfaat untuk menyerap racun yang menjadi penyebab penyakit.

Selain itu, tanaman hias yang satu ini juga dapat menyerap karbondioksida, sekaligus melepaskan oksigen dengan maksimal saat malam hari.

Menyerap Radiasi

Ajaibnya dari manfaat tanaman ini karena mampu menyerap radiasi dari barang-barang elektronik yang ada dalam rumah. Baik itu radiasi dari perangkat televisi, handphone, komputer dan laptop, serta barang elektronik lainnya.

Agar bisa mendapatkan manfaatnya, anda harus melakukan perawatan terhadap tanaman lidah mertua dengan benar. Kemudian, posisikan tanaman ini pada setiap sudut ruang. Tapi meletakkannya harus dekat dengan barang-barang elektronik.

Bahkan, kalau perlu anda lakukan perencanaan khusus terlebih dahulu untuk mendekorasi ruangan, yang kemudian padukan dengan lidah mertua.

Baca Juga : Jenis Lidah Mertua yang Cocok Buat Hiasan di Rumah

Jangan lupa seimbangkan antara posisi tanaman lidah mertua, barang elektronik dengan pancaran sinar matahari yang sekiranya dapat mencukupi tanaman tersebut.

Mengatasi Sick Building Syndrome

Manfaat berikutnya yakni bisa membantu meringankan SBS (Sick Building Syndrome), yakni masalah psikologis yang dapat membuat seseorang sering merasakan lelah, mual, iritasi mata, hidung, sakit kepala, dan tenggorokan.

Tanaman ini dapat memperbaiki sistem ventilasi, pemanasan, dan buruknya kondisi pendingin ruang. Dalam hal ini mampu meminimalkan adanya karbon, sehingga asupan oksigen dalam ruangan bisa maksimal.

Agar dapat merasakan manfaatnya secara maksimal, anda pastikan dulu teknik penanaman lidah mertua, dan melakukan perawatannya dengan benar.

Semua manfaat tersebut berasal dari CAM (Crassulacean Acid Metabolism) yang mampu berfotosintesis khusus. Kemudian, membuka stomata saat malam hari, serta meminimalisir kehilangan air ketika iklim panas.

Biasanya tanaman yang dapat melakukan hal ini merupakan jenis tanaman yang memiliki toleran terhadap masalah tanaman sukulen dan kekeringan.

Itulah beberapa manfaat menanam lidah mertua jika ditanam dalam rumah dengan perawatan yang benar dan mendapatkan pencahayaan yang cukup. Jadi jangan asal menanam saja. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah