Manfaat Minum Yogurt untuk Kesehatan Tulang, Kulit, dan Diet

manfaat minum yogurt
Manfaat minum yogurt untukkesehatn dan kecantikan. Foto: Ist/Net

Manfaat minum yogurt tak hanya karna rasanya yang enak namun juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan minum yogurt sangat baik untuk menguatkan tulang, kecantikan kulit, maupun diet menurunkan berat badan.

Yogurt merupakan produk fermentasi susu yang cukup terkenal. Minuman yang terkenal juga dengan sebutan yoghurt, yogourt atau yoghourt ini bisa berasal dari berbagai jenis susu. Baik susu sapi, susu kedelai, atau susu kambing.

Namun kebanyakan produk yang beredar di pasaran berasal dari susu sapi. Apalagi dengan teknologi modern, minuman ini juga tersedia dalam berbagai rasa. Seperti rasa cokelat, rasa buah, vanila, atau tanpa tambahan rasa.

Kandungan Gizi dan Manfaat Minum Yogurt

Manfaat minum yogurt terutama kandungan nutrisinya yang sangat beragam dan penting untuk tubuh. Hal ini terutama kandungan probiotiknya yang penting untuk kesehatan tubuh.

Probiotik merupakan hasil fermentasi yang menggunakan bakteri baik. Begitu juga proses fermentasi gula susu atau laktosa yang justru menghasilkan asam laktat yang berguna membuat tekstur yoghurt seperti gel yang unik.

Kandungan gizi lainnya dalam yogurt antara lain protein, karbohidrat, asam laktat, vitamin B12 dan D. Minuman ini juga kaya mineral, seperti kalsium, zink, kalium, magnesium, natrium, fosfor, selenium, dan nutrisi lainnya.

Nah, berikut ini berbagai manfaat minum yogurt untuk kesehatan yang wajib Anda tahu. Namun agar khasiatnya optimal sebaiknya mengonsumsi minuman ini cukup tiga botol saja seminggu. Jangan berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi Lemon untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Proses fermentasi yogurt menggunakan bakteri baik yang bernama Lactobacillus acidophilus atau Bifidobacterium. Hasilnya berupa probiotik yang efektif melawan berbagai serangan bakteri dan virus jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Karena itu jika Anda mengalami gangguan perut seperti diare, mencret, buang air besar (BAB) tidak lancar, atau jenis infeksi pencernaan lainnya sebaiknya segera minum yogurt.

Menguatkan Tulang

Manfaat minum yogurt juga sangat baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Hal ini karena kandungan kalsium yang tinggi dalam minuman ini. Karena itu anak-anak dan orang lanjut usia perlu mengonsumsinya.

Mengonsumsi yoghurt juga berguna untuk menjaga atau meningkatkan kepadatan tulang. Karena itu untuk mencegah terjadinya osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang dan gigi sebaiknya minum yogurt secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Minum Teh Tawar Ampuh Lindungi Otak Hingga Anti Penuaan Dini

Menguatkan Sistem Imunitas Tubuh

Selain baik untuk melawan bakteri jahat, yogurt juga sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Minuman ini kaya dengan berbagai vitamin, mineral dan nutrisi yang sangat penting untuk sistem imunitas.

Kandungan mineral dan fitokimia dalam yoghurt ternyata mampu merangsang produksi sel T yang berperan penting dalam darah putih. Sel ini berfungsi dalam menjaga tubuh saat melawan serangan penyakit.

Mengoptimalkan Fungsi Otak

Salah satu yang menarik dari manfaat minum yogurt adalah kemampuannya dalam meningkatkan fungsi otak. Kandungan mineral dan kalium dalam minuman ini tak hanya mampu memproduksi sel T dalam darah namun juga berpengaruh terhadap otak.

Sejumlah hasil riset memperlihatkan kemampuan nutrisi yoghurt yang mampu merangsang kerja kognisi otak. Termasuk dalam membantu meningkatkan daya ingat maupun konsentrasi dan fokus.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Khasiat yogurt yang memberikan pengaruh baik terhadap otak juga berguna untuk Anda yang sering kesulitan tidur atau mengalami insomnia. Hal ini terutama karena kandungan zat trytophan yang dapat melancarkan darah khususnya yang menuju ke otak.

Bahkan minuman ini juga memberikan efek yang menenangkan. Karena itu Anda yang sering mengalami gangguan tidur atau insomnia sebaiknya mengonsumsi minuman yoghurt secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Minum Yakult Tak Sekedar Baik untuk Pencernaan

Mengembalikan Tenaga Setelah Berolahraga

Manfaat minum yogurt lainnya yang tak kalah penting adalah dalam mengatasi rasa lelah dan letih. Bahkan Anda yang merasa kehabisan tenaga setelah berolahraga atau bekerja berat sangat baik mengonsumsi makanan ini.

Kandungan nutrisi yoghurt juga sangat ideal untuk para olahragawan. Selain tidak membuat gemuk, mengonsumsi yogurt secara rutin juga berguna untuk mempertahankan berat badan ideal. Sehingga Anda selalu bugar dan sehat.

Manfaat Yogurt untuk Kecantikan Tubuh

Selain khasiatnya untuk kesehatan, mengonsumsi yogurt juga sangat baik untuk kecantikan wanita. Makanan ini berguna dalam proses regenerasi sel-sel kulit sehingga wajah akan selalu terlihat cerah dan cantik.

Selain mengonsumsi, Anda juga bisa membuat masker yogurt untuk perawatan wajah dan kulit tubuh. Probiotik yoghurt juga berkhasiat membunuh kuman dalam mulut sehingga mulut juga tidak berbau.

Itulah berbagai manfaat minum yogurt untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Anda bisa mengolah bahan in menjadi aneka camilan atau minuman yang menyehatkan. Agar hasilnya optimal, sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang