Manfaat Sheet Mask, Cara Pakai dan Pilih Produk Sesuai Kebutuhan

Manfaat sheet mask, cara pakai dan pilih produk sesuai kebutuhan. Foto: Net/Ist.
Manfaat sheet mask, cara pakai dan pilih produk sesuai kebutuhan. Foto: Net/Ist.

Manfaat sheet mask untuk kecantikan wajah yang bisa kamu dapatkan jika menggunakannya dengan cara yang benar. Serta produk yang kamu pilih tepat sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

Sheet mask menjadi salah satu produk untuk perawatan kecantikan terpopuler saat ini. Produk tersebut banyak dipakai wanita maupun pria.

Hal itu karena penggunaan jenis masker yang satu ini lebih efektif dan praktis dalam melembapkan, daripada masker berupa krim atau peel-off mask.

Merangkum dari berbagai sumber, sheet mask ini jenis masker berupa lembaran yang direndam dalam essence atau cairan serum. Bagi sebagian orang menyebutnya cloth mask.

Dilansir Harper’s Bazaar, bahwa generasi pertama sheet mask pada umumnya terbuat dari kapas dan serat. Namun, yang menggunakan bahan gel dan bio-cellulose juga semakin banyak.

Manfaat Sheet Mask dan Cara Pemakaiannya

Masker tersebut dipopulerkan oleh K-beauty asal Korea Selatan. Sejumlah selebriti di negeri ginseng itu banyak yang menggunakannya, seperti Tzuyu (TWICE), Minnie (G)I-DLE, Jisoo (Blackpink), Seohyun (SNSD), Seulgi (Red Velvet), dan JiU (Dreamcatcher).

Baca Juga : Manfaat Masker Daun Kelor untuk Kecantikan, Bisa Atasi Kulit Berminyak

Bahkan saat ini seluruh dunia juga ikut menggunakan produk ini. Beberapa selebriti bertaraf internasional pun tergila-gila produk perawatan kecantikan ini. Seperti halnya Cate Blanchett, Jessica Chastain, Maisie Williams, Chrissy Teigen, dan Drew Barrymore.

Produk sheet mask ini biasanya memiliki khasiat untuk melembabkan kulit wajah secara ekstra. Tetapi sheet mask yang hadir sekarang ini menawarkan berbagai kandungan. Serta khasiatnya sesuai dengan kebutuhan kulit. Bahkan, yang berkhasiat anti-aging pun sudah bisa kamu dapatkan di pasaran.

Manfaat sheet mask untuk perawatan kecantikan kulit wajah bisa kamu dapatkan jika pemakaiannya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam sheet mask bisa diserap oleh kulit secara maksimal. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara pemakaiannya yang benar.

Pilih Sheet Mask Berdasarkan Kondisi Kulit

Varian dari sheet mask ini mempunyai kandungan manfaat bagi kulit. Untuk itu, kamu harus pastikan memilih produk sesuai jenis kulit wajahmu.

Misalnya, masker yang memiliki kandungan vitamin C atau niacinamide bagi kulit wajah yang kusam. Kemudian, masker yang mengandung lemon atau aloe vera bagi kulit yang berminyak, serta sheet mask yang memiliki kandungan tea tree oil khusus untuk kulit wajah berjerawat.

Baca Juga : Masker Wajah Alami untuk Remaja Segarkan Kembali Wajah Lelah

Simpan Sheet Mask di Lemari Es

Manfaat sheet mask untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sebelum menggunakannya simpan terlebih dahulu sheet mask dalam lemari es.

Kalau memakainya pagi hari, maka efek menyegarkan serta mengencangkan temporer layaknya ice facial menggunakan es batu bisa kamu dapatkan.

Sedangkan, kalau kamu memakainya sebelum tidur, maka sheet mask yang dingin bakal memberikan efek calming dan relaksasi.

Bersihkan Wajah dari Makeup

Sebelum mengaplikasikan sheet mask, terlebih dahulu pastikan wajah telah bersih dari makeup. Hal itu supaya kandungan nutrisi dalam sheet mask dapat terserap secara sempurna oleh kulit. Karena tidak terhalang kotoran atau residu makeup yang menutup bagian pori-pori.

Aplikasikan Toner atau Essence

Baca Juga : Perawatan Wajah Alami, Cara Mudah dan Murah untuk Terlihat Cantik

Manfaat sheet mask jika dipakai secara benar akan mendapatkan hasil yang sempurna. Untuk itu, sebelum memakainya aplikasikan terlebih dahulu toner atau essence.

Kulit wajah hilang kelembabannya setelah sebelumnya kamu bersihkan menggunakan micellar water atau cleansing foam. Jadi perlu kamu lembabkan lagi menggunakan essence atau toner. Sehingga, kulit dapat menyerap nutrisi yang terkandung dalam sheet mask dengan baik.

Gunakan Pelembab Setelahnya

Manfaat sheet mask juga bisa kamu dapatkan jika setelah memakainya kamu gunakan pelembab. Sama halnya seperti rangkaian menggunakan skincare lainnya. Kamu juga tak perlu khawatir kulit wajah menjadi berminyak.

Pilih Produk Sheet Mask Sesuai Kebutuhan Kulit

Sebelum membeli, pastikan dulu memilih produk sheet mask yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu. Misalnya untuk mencerahkan, melembabkan (hydrating), menghaluskan.

Kemudian, ada pula sheet mask untuk mengatasi jerawat, anti-aging, deep cleansing, mengatasi iritasi serta menenangkan kulit wajah.

Selain itu, bisa juga pilih sheet mask deep moisturizing dan sheet mask untuk mengatasi kulit berminyak. Semua itu tergantung apa yang kamu butuhkan untuk perawatan kecantikan kulit wajahmu. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah