Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

manfaat sinar matahari pagi
Manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tubuh. Foto: Ist/Net

Manfaat sinar matahari pagi tentunya sudah banyak orang yang tahu. Namun matahari siang juga berbahaya untuk kulit. Sinar matahari pagi tak hanya kaya vitamin D namun juga kandungan lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Cahaya dari matahari merupakan faktor yang membuat bumi menjadi hidup. Tanpa ada sinar matahari, tumbuhan tak akan mampu melakukan fotosintesis. Selain manfaatnya yang besar, sinar ultraviolet matahari juga bisa merusak.

Matahari pada pagi hari merupakan yang terbaik dan memberikan manfaat yang besar untuk tubuh manusia. Namun jam berapa sebaiknya kita berjemur saat sinarnya kaya dengan vitamin D?

Menurut Wikipedia, ada beberapa jenis sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Masing-masing adalah cahaya ultraviolet A atau UV A, UV B, dan UV C atau ultraviolet C. Vitamin D banyak terdapat pada ultraviolet B.

Berbagi Manfaat Sinar Matahari Pagi

Untuk memperoleh vitamin D dari sinar matahari pagi kita perlu berjemur setelah pukul 09.00. Pada periode ini sinar matahari akan memancarkan ultraviolet B yang kaya vitamin D. Berikut ini berbagai manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Sinar matahari pagi yang kaya vitamin D sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Berjemur saat pagi atau sambil joging atau jalan pagi merupakan cara paling murah dan mudah namun sangat menyehatkan.

Paparan matahari pagi juga akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Karena itu luangkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit untuk menikmati hangatnya sinar matahari untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Ikan Segar untuk Pertumbuhan Anak, Tingkatkan Kesehatan Otak

Mencegah Osteoporosis

Untuk mendukung pertumbuhan dan kekuatan tulang, tubuh tidak hanya membutuhkan kalsium dan zat besi. Vitamin D juga berperan penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang serta mencegah osteoporosis.

Besarnya manfaat sinar matahari pagi untuk menguatkan tulang perlu kita optimalkan. Dengan berjemur sekitar 10 menit secara rutin setiap pagi akan sangat efektif untuk menguatkan tulang. Khususnya untuk para lansia yang mulai rapuh tulangnya.

Baik untuk Diet

Buat Anda yang sedang melaksanakan diet untuk menurunkan berat badan, sangat penting juga sering berjemur saat pagi. Sinar matahari terutama pada pagi hari juga berguna untuk ikut membakar lemak berlebih.

Diet tak hanya dengan mengatur menu makan. Agar berat badan Anda turun secara nyata dalam waktu cepat, olahraga penting Anda lakukan. Begitu juga berjemur matahari pagi akan ikut mempercepat target Anda.

Mengatasi Gangguan Kulit

Manfaat sinar matahari pagi tak hanya untuk orang lanjut usia, para remaja juga penting sering berjemur pagi. Khususnya lagi buat yang mengalami gangguan kulit, seperti jerawat, eksim, maupun infeksi pada kulit lainnya.

Sejumlah riset membuktikan bahwa terapi berjemur matahari pagi mampu menyembuhkan sejumlah penyakit kulit. Anda bisa menyediakan waktu sekitar 15 menit setiap hari untuk mengarahkan bagian kulit yang sakit ke arah sinar matahari.

Meringankan Depresi

Depresi merupakan tekanan stres yang berlangsung lama dan terus menerus. Tak sedikit orang yang bekerja dalam ruang tertutup dan jarang berinteraksi yang mengalami depresi. Begitu juga beban pekerjaan yang beras juga bisa menyebabkannya.

Untuk meredakan dan mengurangi beban stres yang Anda alami, cobalah untuk berjemur. Manfaat sinar matahari pagi ternyata juga efektif untuk mengatasi tekanan psikologis yang terjadi.

Paparan sinar matahari pagi yang kaya manfaat mampu merangsang produksi hormon serotonin dalam otak. Hormon ini berperan penting dalam membangun suasana hati yang lebih rileks dan menenangkan. Termasuk meningkatkan mood.

Baca Juga: Manfaat Masker Daun Kelor untuk Kecantikan, Bisa Atasi Kulit Berminyak

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Anak-anak sering mengalami gangguan fokus. Kondisi ini akan menyebabkan mereka sering melamun dan tidak konsentrasi saat pelajaran sekolah. Untuk mengatasi kondisi ini bisa dengan cara mudah, yaitu berjemur matahari.

Manfaat sinar matahari pagi juga mampu merangsang otak untuk menghasilkan hormon serotonin. Selain meningkatkan mood dan ketenangan, hormon ini juga berperan dalam membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Sangat Baik untuk Ibu Hamil

Berjemur matahari pagi juga sangat baik untuk ibu yang sedang hamil. Sinar matahari yang kaya dengan vitamin D maupun kandungan lainnya sangat baik untuk menjaga kesehatan bumil maupun janin yang dikandungnya.

Selain untuk wanita yang sedang hamil, berjemur matahari pagi juga sangat baik untuk ibu yang baru melahirkan. Termasuk bayinya. Tak perlu lama, cukup 5-10 menit berjemur secara rutin akan membuat ibu hamil jauh dari keluhan.

Salah satunya risiko ibu hamil terhadap penyakit gula bisa Anda cegah dengan banyak berjemur. Manfaat sinar matahari pagi juga mampu mencegah wanita hamil dari risiko tekanan darah tinggi. Karena itu luangkan waktu untuk sering berjemur. (R11/HR Online)

Editor: Jujang