Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit
Ilustrasi Manfaat Teh Hitam. Foto: thehealthy.com

Manfaat teh hitam saat anda mengkonsumsinya dengan rutin setiap hari adalah dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Zat yang terkandung pada teh hitam berupa asam amino L-theanine dan kafein. Kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. 

Sebenarnya teh ada bermacam-macam, diantaranya teh hijau, teh hitam, teh putih, dan lainnya. Berbagai teh tersebut mempunyai peran yang berbeda-beda. 

Pada teh hitam terdapat antioksidan tinggi sehingga dapat memberikan pertahanan tubuh terhadap paparan penyakit. 

Proses Pembuatan dan Manfaat Teh Hitam Bagi Tubuh Kita

Teh hitam berasal dari daun camellia sinensis yang dipetik dan diolah dengan cara tertentu sehingga menghasilkan teh hitam yang berkualitas sekaligus berkhasiat untuk tubuh.

Baca Juga : Manfaat Minum Teh Tawar Ampuh Lindungi Otak Hingga Anti Penuaan Dini

Proses Pembuatan Teh Hitam

Proses pembuatan teh hitam ini dengan proses pengeringan daun camellia sinensis sampai kering dan berwarna kecoklatan. Namun dalam pengeringan tersebut, harus benar-benar diperhatikan tingkat keringnya sehingga hasilnya pun sempurna. 

Teh hitam ini lain dari teh yang biasa ada. Warnanya pun sangat pekat. Dari segi rasa juga khas daripada teh jenis lain. 

Bagi masyarakat Indonesia, mengkonsumsi teh manis setiap pagi itu suatu keharusan. Karena dengan minum teh setiap pagi tubuh menjadi lebih segar dan semangat dalam menjalani aktivitas. 

Khasiat Dari Teh Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi anda yang belum mengetahui manfaat teh hitam bagi tubuh dan kesehatan, simak beberapa manfaat berikut ini.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Baca Juga : Kerja Lembur Baiknya Minum Teh daripada Kopi, Ini Penjelasannya

Dengan mengkonsumsi teh hitam, mulut anda akan semakin sehat karena mengandung polifenol yang membasmi bakteri jahat pada mulut.

Membunuh Bakteri Dalam Tubuh

Zat yang terkandung pada teh hitam berupa antioksidan sangat membantu tubuh dalam mengeluarkan racun atau bakteri jahat pada tubuh. Selain itu, dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA.

Meringankan Risiko Asma

Hal ini dibuktikan dari flavonoid pada teh hitam yang mampu memberikan efek baik untuk asma.

Kekebalan Tubuh

Manfaat teh hitam lainnya adalah antigen alkylamines yang berfungsi untuk kekebalan tubuh anda karena mengandung senyawa tanin yang baik untuk pencegahan penyakit atau paparan virus.

Kesehatan Pencernaan

Selain itu, juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar sehingga pencernaan semakin sehat.

Penurunan Risiko Diabetes

Tentu saja dalam mengkonsumsi teh hitam ini yang baik adalah tanpa gula, karena dapat merasakan khasiatnya secara maksimal. Sehingga dapat mencegah resiko diabetes.

Baca Juga : Manfaat Teh Kombucha untuk Kesehatan, Kaya Probiotik dan Antioksidan

Mencegah Penyakit Kanker

Dengan mengkonsumsi teh hitam, ternyata mampu mencegah penyakit kanker. Karena manfaat teh hitam yang kaya polifenol catechin sehingga para wanita wajib meminumnya secara rutin agar terhindar dari kanker ovarium.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan flavon yang ada pada teh hitam dapat mengurangi resiko sakit jantung. Dengan meminum teh hitam sebanyak 3 cangkir setiap harinya.

Kesehatan Otak

Teh hitam mengandung polifenol yang dapat menjaga kesehatan saraf otak kita. Selain itu, zat kafein dan antioksidan yang ada pada teh hitam dapat mencegah penyakit parkinson.

Meningkatkan Fokus 

Manfaat teh hitam yang lain yakni dapat meningkatkan aktivitas otak dan lebih relax sehingga lebih fokus.

Mengatasi Jerawat

Bagi anda yang mempunyai masalah jerawat pada wajah, sebaiknya anda mengkonsumsi teh hitam tersebut. Anda juga dapat mengambil ampas teh hitam untuk scrub wajah atau masker. Kemudian kalian bilas dengan air hangat.

Menurunkan Kolesterol

Dengan mengkonsumsi teh hitam dapat mengurangi atau menurunkan kolesterol LDL dengan mengkonsumsi teh hitam sebanyak 5 gelas sehari.

Nah, itulah beberapa khasiat yang terkandung pada teh hitam. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, tentu sebaiknya anda mengkonsumsinya secara rutin setiap harinya. Tentu saja dengan takaran yang cukup dan jangan berlebihan.

Selain ada manfaat teh hitam bagi tubuh, tentunya juga ada efek sampingnya. Apabila anda terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi teh hitam tersebut, biasanya akan berefek pada susah tidur dan gelisah.

Selain itu, bisa menyebabkan mual dan muntah. Oleh karena itu, takaran 2-3 cangkir sehari lebih baik daripada anda mengkonsumsi terlalu banyak. Dari situ anda juga harus menakar takaran gula yang anda konsumsi. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah