Masalah Rem Mobil yang Umum Terjadi Secara Tiba-Tiba

Masalah Rem Mobil yang Umum Terjadi Secara Tiba-Tiba
Ilustrasi masalah rem mobil. Foto: mobilityarena

Masalah rem mobil cukup banyak dan bervariasi. Anda perlu tahu apa saja yang bisa muncul dan resikonya. Hal ini memang perlu memperoleh perhatian khusus karena fungsinya yang cukup vital.

Rem merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki fungsi cukup penting. Perannya sebagai sistem keselamatan saat berkendara.

Maka dari itu, ketika komponen bermasalah, tentu bisa menimbulkan bahaya bagi pengemudi dan penumpangnya. Setiap komponen kendaraan memiliki peranan masing-masing.

Agar komponen tersebut bisa berfungsi dengan baik, tentu anda perlu melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala. Apabila komponen tidak anda perhatikan, akan timbul berbagai kendala.

Dengan melakukan perawatan rutin terhadap komponen tersebut, membantu anda lebih mudah menjaga keselamatan diri. Komponen yang dalam keadaan baik, tentunya membuat anda merasa aman dan jauh dari rasa was-was.

Sebenarnya semua komponen penting, namun untuk bagian yang satu ini akan membantu dalam sistem keselamatan berkendara. Komponen tersebut membantu mengurangi laju kendaraan ketika berada di medan jalan.

Baca Juga : Suara Berdecit pada Mobil, Periksa Komponen Beltnya yang Bermasalah 

Sehingga akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan atau yang membahayakan lainnya. Sebagai pemiliknya, sebaiknya berikan perawatan hingga penggantian rem secara tepat waktu.

Selain itu, anda juga perlu mengetahui apa saja masalah rem mobil yang umumnya terjadi. Hal ini perlu anda antisipasi agar anda bisa merasakan dan memastikan jika komponen tersebut tetap bekerja dengan baik.

Masalah Rem Mobil yang Sering Terjadi

Rem pada setiap kendaraan memiliki peranan sebagai sistem keselamatan dalam berkendara. Karena seringnya dipakai, membuat komponen juga bisa mengalami berbagai masalah.

Ada banyak hal yang bisa terjadi pada komponen tersebut. Maka dari itu, untuk mengatasinya, sebaiknya selalu menjaga dan merawatnya agar bisa bekerja maksimal.

Baca Juga : Penyebab Kopling Mobil Selip, Terjadi Karena Kampas Bermasalah

Sebab, jika perawatan kurang, komponen akan mengalami berbagai masalah. Namun, mungkin sebagian besar pemilik mobil masih belum paham akan kerusakan yang bisa terjadi.

Masalah rem kendaraan bervariasi anda perlu tahu untuk bisa mengatasinya dengan cepat. Berikut ini ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada anda, antara lain:

Rem Berdecit

Salah satu masalah rem mobil yang sering terjadi yaitu menimbulkan suara berdecit ketika difungsikan. Bunyi yang muncul tersebut karena kampas rem tipis.

Pada umumnya, rem cakram khususnya memiliki plat kecil bernama brake wear indicator. Fungsi dari komponen tersebut yaitu sebagai indikator atau pengikat jika kampas sudah menipis.

Saat suara decitan anda dengar, maka artinya komponen tersebut sudah perlu diganti karena menipis. Namun, tidak hanya itu saja, suara decitan juga bisa karena adanya cairan oli atau air pada permukaan kampas.

Rem Gembos

Rem gembos atau empuk saat ditekan juga bisa menjadi faktor masalah yang terjadi. Masalah rem mobil yang satu ini juga sering sekali menimpa para pengendara. Rem nggembos berarti tidak pakem atau bahkan bisa blong.

Jika anda mengalaminya, akan mendapatkan ciri-ciri saat pedal rem tertekan akan terasa empuk dan tidak pakem. Cara mengatasinya yaitu dengan mengocok pedal secara berulang-ulang biasanya akan kembali berfungsi.

Kemudi Bergetar

Saat anda merasakan kemudi bergetar, sebaiknya cari tahu masalah yang terjadi. Sistem pengereman juga akan berdampak pada kemudi yang bergetar.

Baca Juga : Ciri Tutup Radiator Rusak pada Mobil, Kenali Sebelum Membahayakan

Semakin cepat, laju mobil akan semakin terasa. Kemudi yang bergetar juga bisa karena cakram yang tidak rata. Hal ini juga menjadi masalah rem mobil.

Mobil yang sudah lama tidak digunakan meningkat kelembabannya. Hal ini menimbulkan korosi atau karat pada cakram. Cara untuk mengatasinya pun cukup mudah. Anda bisa menggosok piringan cakram dengan catatan masih tebal. Namun, ketika sudah tipis, sebaiknya segera ganti yang baru.

Mobil Bergerak Ke Satu Sisi

Ada banyak masalah yang bisa terjadi ketika komponen mobil mengalami kendala. Begitu juga dengan komponen pengereman.

Saat mobil bergerak ke salah satu sisi, akibatnya akan cukup berbahaya. Namun, masalah yang sering terjadi yaitu kaliper yang membeku. Sebab, kaliper akan membeku secara bertahap. Hal ini akan menimbulkan minyak rem tidak bisa mengalir dengan sempurna.

Anda bisa menggantinya untuk memperbaiki hal ini. Masih banyak masalah rem mobil yang mempengaruhi keselamatan pengemudi. Sebaiknya jangan sepelekan hal ini. (R11/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto