Memindahkan Grup WhatsApp ke Signal, Begini Caranya

Memindahkan Grup WhatsApp ke Signal
Ilustrasi Memindahkan Grup WhatsApp ke Signal. Foto: Muhafid/HR

Memindahkan grup WhatsApp ke Signal secara bersamaan bisa Anda lakukan dengan mudah. Signal sendiri merupakan aplikasi pesan instan yang memiliki keamanan cukup bagus.

Saat ini, banyak orang berbondong-bongdong berpindah menggunakan signal setelah adanya pembaharuan kebijakan privasi di WhatsApp yang baru.

Adanya pembaharuan tersebut sempat menjadi kontroversi yang menyebutkan kalau WhatsApp membagikan data penggunanya kepada Facebook.

Hingga akhirnya WhatsApp angkat bicara dan mengatakan bahwa pihaknya tetap menjaga privasi penggunanya melalui keterangan pers.

“Kami sampaikan, kalau update tentang kebijakan privasi tidak mengganggu kerahasiaan pesan-pesan yang Pengguna kirimkan” kata WhatsApp.

Terlepas dari itu, banyak orang terlanjur merasa khawatir dengan keamanan data dan memilih untuk berpindah menggunakan signal bahkan sampai memindahkan grup WhatsApp ke Signal.

Selain alasan di atas, pendiri signal juga mengklaim kalau platformnya lebih aman dalam hal privasi pengguna dibandingkan dengan WhatsApp.

“Rasanya Signal Jauh lebih unggul dalam hal privasi jika dibandingkan dengan WhatsApp, kalian bisa melihat itu di aplikasinya,” Kata Acton saat diwawancarai NDTV.

Nah, saat akan ramai-ramai migrasi, mungkin salah satu yang membingungkan adalah bagaimana kita memindahkan sebuah grup.

baca juga: Aplikasi Chatting Buatan Indonesia Fitur Lengkap, Wajib Dicoba

Memindahkan Grup WhatsApp ke Signal

Grup sendiri terdiri dari banyak kontak, dan tentunya Anda tidak ingin kehilangan grup kesayangan tempat berkomunikasi Bersama teman atau keluarga secara online.

Kalau Anda salah satu orang yang ingin bermigrasi dari WhatsApp ke Signal dan bingung memindahkan grup, berikut ini caranya.

Install dan Mendaftar Akun Signal

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentunya mempunyai aplikasinya terlebih dahulu, Signal bisa di Download melalui PlayStore atau AppStore.

Setelah memiliki aplikasinya, lakukan pendaftaran supaya Anda memiliki akun signal dan dapat berkomunikasi di sana.

Proses pendaftarannya tidak rumit, pertama kita buka aplikasi signal, ketika pertama masuk pastinya Anda akan secara langsung di minta untuk mendaftar.

Bagian pertama adalah memasukan Nomor seluller aktif yang akan kita gunakan sebagai nomor Signal.

Kemudian, Signal akan mengirimkan kode OTP untuk melakukan verifikasi kepemilikan nomor dan untuk keamanan.

Setelah verifikasi, tinggal mengisi data-data yang sekiranya ingin Anda tampilkan yang kurang lebihnya seperti pada registrasi WhatsApp.

Membuat Grup di Signal

Selanjutnya, sebelum memindahkan grup dari WhatsApp ke Signal, Anda harus mempunyai grup chat terlebih dahulu di Signal untuk menampung grup yang  lama.

Cara membuat grupnya juga sangat mudah, pertama-tama pengguna hanya perlu menekan pilihan di sisi kanan atas dengan simbol titik tiga vertikal.

Setelah di klik, akan tampil beberapa pilihan menu, kemudian pilih menu New Group dan pilih kontak yang akan Anda masukan ke group tersebut.

Setelah memilih kontak, klik pada tombol dengan icon tanda panah dan lanjutkan dengan mengisi data grup seperti Nama, Deskripsi dan Foto profile lalu klik create setelah selesai.

Baca juga: Aplikasi Chatting Aman Anti Sadap, Berikut Rekomendasi Terbaiknya

Undang Semua Anggota Grup WastApp untuk Pindah

Memindahkan grup WhatsApp ke Signal memang tidak bisa secara langsung seperti halnya kopi paste, namun cara ini juga sangat mudah.

Pertama-tama masuk ke grup yang tadi sudah Anda buat, kemudian klik pada tombol dengan icon titik tiga pada kolom chat.

Setelah tampil beberapa pilihan menu, klik pada group setting dan aktifkan opsi Group Link untuk bisa membagikan tautan group.

Setelah tautan berhasil Anda dapatkan, bagikan tautan tersebut ke semua anggota group Anda di WhatssApp dan ajak mereka berpindag Bersama-sama.

Jika mereka mengklik tautan tersebut, maka akan mengarah ke Play Store atau App Store bagi yang belum memiliki aplikasi Signal dan belum mendaftar supaya melakukan tahap pertama.

Jika pengguna sudah memiliki akun Signal, maka akan langsung mengarah ke Grup yang tadi Anda buat dan tinggal klik join ketika setuju untuk bergabung.

Hanya saja perlu di catat, tidak ada cara atau pilihan untuk memindahkan grup ke platform tersebut, baik pada aplikasi WhatsApp ataupun Signal secara langsung.

Oleh karena itu untuk mengajak berpindah hanya bisa Anda lakukan secara manual seperti telah dibahas sebelumnya.

Memindahkan grup WhatsApp ke Signal meskipun dengan cara manual sangat mudah karena link bisa dengan mudah kita Copy dan Share. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

Aegis Boost Pro