Menambah Kapasitas Google Drive Penyimpanan Aman, Simak Caranya

Menmabahkan Kapasitas Google Drive
Ilustrasi Menambah Kapasitas Google Drive. Foto: Ist/Net

Menambah kapasitas Google Drive dapat anda lakukan dengan beberapa cara.  Baik penambahan secara gratis atau pembelian kuota. Untuk pembelian kuota Google Drive, dapat anda lakukan langsung dari Google atau secara resmi melalui website Google.

Selanjutnya adalah dengan membeli kuota kuota Google Drive Unlimited atau tak terbatas dengan harga yang terjangkau. Dengan demikian, anda dapat memilih cara tersebut sesuai dengan kebutuhan serta produk mana yang menurut anda aman untuk penyimpanan data online.

Menambah Kapasitas Google Drive

Google Drive merupakan salah satu layanan penyedia penyimpanan gratis untuk para pemilik akun Google. Dengan menggunakan layanan Google Drive, maka pengguna tidak hanya dapat menyimpan.

Baca Juga : Fitur Baru di Gmail untuk Kemudahan Pencarian Email

Akan tetapi, juga dapat mengakses serta membagikan file pada suatu tempat yang aman yang bisa dikelola melalui smartphone ataupun perangkat komputer.

Item yang dapat anda simpan pada Google Drive cukup beragam. Mulai dari foto, video, musik, hingga PDF. Dengan kapasitas maksimal 15GB, masing-masing pengguna yang menggunakan bersama untuk Gmail dan Drive.

Berkas yang tersimpan dalam layanan Google Drive harus anda unggah terlebih dahulu. Selanjutnya dapat anda akses setiap saat.

Dengan adanya penyimpanan file tersebut, tentu menjadikan kapasitas terus akan terkuras jika sering melakukan penyimpanan file dan berkas di dalamnya.

Namun anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, file serta berkas yang tersimpan dapat anda kelola untuk memaksimalkan kapasitas penyimpanan dalam Google Drive.

Berikut ini cara menambah kapasitas Google Drive yang dapat anda lakukan, antara lain:

Hapus File-File yang Tidak Terpakai

Dalam hal ini, terkadang kita terkadang lupa untuk menghapus file-file besar yang tidak terpakai pada Google Drive. Oleh karena itu, rajinlah untuk membersihkan Drive yang anda miliki.

Baca Juga : Menampilkan Clipboard Android Melalui Aplikasi Google Keyboard

Hal ini bertujuan agar tetap tersedia ruang kosong ketika ingin menyimpan file baru. Pada umumnya, file besar hadir ketika anda mendownload file atau video dari internet.

Lalu lupa untuk menghapusnya pada Drive anda. Padahal file yang telah terdownload sudah tersimpan pada perangkat komputer.

Menghapus Email dengan Attachment Besar

Cara menambah kapasitas Google Drive secara gratis selanjutnya adalah dengan menghapus email menggunakan attachment besar.

Untuk mencari email dengan ukuran besar, maka anda cukup mengetik “has:attachment larger:10M” pada kolom pencarian email. Selanjutnya email dengan ukuran 10MB lebih akan muncul dan anda dapat menghapus apabila sudah tidak anda butuhkan lagi.

Menurunkan Kualitas Video atau Foto

Dengan menurunkan atau mengurangi kualitas foto ataupun video pada Google Drive, dapat menjadi cara untuk menambah kapasitas Google Drive perangkat anda.

Dengan langkah ini, maka anda akan mempunyai space yang lebih banyak. Selain itu, anda dapat menyesuaikan pengaturan pada Google Drive anda sehingga ukuran video dan foto yang tersimpan bisa lebih kecil.

Membeli Ruang Kapasitas Google Drive

Selain cara menambah kapasitas Google Drive dengan beberapa cara gratis sebelumnya, pengguna juga dapat membeli lebih banyak ruang penyimpanan layanan Google Drive. Hal ini dapat anda lakukan melalui Google One.

Setiap akun Google yang sebelumnya memperoleh kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15GB, dengan melakukan pembelian kapasitas maka secara otomatis akan meningkat menjadi 100GB setelah melakukan pembaharuan dengan Google One.

Untuk mendapatkan keanggotaan Google One melalui perangkat ponsel, maka anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Google One yang terdapat pada layanan Google Play Store. Selanjutnya anda dapat mengikuti cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google One pada perangkat
  2. Klik “Penyimpanan” atau “Storage” yang terdapat pada bagian atas layar.
  3. Gulir ke bagian bawah, kemudian klik “More Plans” atau “selanjutnya”
  4. Langkah berikutnya, pilih penyimpanan sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk pembelian kuota tambahan Google Drive secara resmi pada website Google, hal ini bersifat sewa. Oleh karena itu, anda akan memiliki jangka waktu. Namun apabila tidak diperpanjang, maka anda harus mempersiapkan backup data dari Google Drive yang anda beli.

Baca Juga : Menghapus Akun Google di HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Meskipun sifatnya sewa bulanan atau tahunan, akan tetapi dapat dipastikan bahwa data yang anda miliki pada Google Drive akan aman. Hal ini secara otomatis akan memperoleh perlindungan dari data security Google.

Dengan mengetahui cara menambah kapasitas Google Drive di atas, maka anda tidak perlu khawatir akan ketersediaan ruang penyimpanan pada Google Drive anda. Selain cara di atas, anda juga dapat membeli kuota Google Drive Unlimited dan Lifetime yang dapat anda beli secara online. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto