Menampilkan Persentase Baterai Samsung, Pengecekan Baterai Mudah

Menampilkan Persentase Baterai Samsung
Ilustrasi Menampilkan Persentase Baterai Samsung. Foto: Net/Ist

Menampilkan persentase baterai Samsung dapat anda lakukan dengan mudah dan cepat. Sebagian besar pengguna Samsung mungkin belum mengetahui, bagaimana cara menampilkan presentasi baterai pada bagian status bar perangkat Samsung.

Cara ini dapat anda terapkan untuk semua tipe HP Samsung. Seperti yang kita ketahui, visualisasi persentase pada baterai ponsel merupakan hal penting.

Pasalnya hal ini dapat anda gunakan untuk mengetahui berapa banyak kapasitas baterai yang tersisa. Dengan demikian pengguna dapat menentukan waktu pengecasan secara optimal mungkin.

Menampilkan Persentase Baterai Samsung dengan Mudah

Dalam penggunaan sebuah perangkat smartphone, sebaiknya jangan biarkan persentase baterai benar-benar habis menjadi 0 persen. Pasalnya hal ini akan cepat membuat baterai Lithinum menjadi rusak.

Disarankan bagi anda untuk mengecas baterai dalam keadaan tersisa antara 15% hingga 30%. Maka suatu hal penting bagi anda untuk mengetahui persentasi baterai dari perangkat HP anda.

Cara menampilkan Persentase Baterai Samsung

Saat ini perangkat Samsung telah memperoleh kelengkapan dengan beberapa fitur yang cukup penting. Salah satunya adalah menampilkan persentase baterai.

Terkadang persentase baterai dianggap hal yang sepele bagi sebagian pengguna. Padahal dalam kenyataannya, hal ini merupakan hal penting untuk menjaga keawetan baterai.

Baca Juga : Kegunaan Smart Tutor di HP Samsung, Berikut Cara Menggunakannya!

Hingga saat ini mungkin para pengguna Samsung masih belum mengetahui cara menampilkan persentase pada baterai Samsung yang mereka miliki.

Hal ini dimungkinkan, pada saat awal setingan pada perangkat Android tidak menampilkan persentase baterai tersebut.

Dengan mengetahui persentase HP, maka pengguna dapat mengetahui kapan HP harus dicas sebelum benar-benar kehabisan baterai.

Berikut ini cara menampilkan persentase baterai Samsung yang dapat anda lakukan dengan mudah dan cepat:

  • Langkah pertama masuk dalam menu Setting pada smartphone
  • Selanjutnya pilih menu Notifications dari daftar yang ada
  • Kemudian pilih menu Status Bar untuk masuk pada pengaturan lanjut.
  • Aktifkan Show Battery percentage
  • Proses berikutnya, maka persentase baterai akan muncul pada bagian kanan atas layar smartphone Samsung anda.

Selain itu, cara lain menampilkan persentase baterai Samsung yang dapat anda lakukan adalah dengan mengunjungi Settings > About Phone > Battery Information.

Baca Juga : Filter Cahaya Biru Samsung, Ini Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya

Hal ini dapat anda lakukan untuk melihat informasi secara lebih lengkap mengenai baterai smartphone anda tanpa harus mengaktifkan fitur Show battery percentage.

Dengan hadirnya persentase baterai pada ponsel anda, maka anda akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi baterai smartphone Samsung yang anda gunakan.

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Baterai HP

Selain mengetahui cara menampilkan persentase baterai Samsung, menjaga dan merawat kesehatan baterai HP merupakan hal penting untuk anda lakukan.

Hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja dai smartphone yang anda gunakan. Berikut ini beberapa hal penting yang dapat anda perhatikan dalam menjaga kesehatan baterai smartphone adalah

Pengecasan yang Berlebih

Pengecasan yang terlalu lama atau membiarkan baterai tersambung dengan aliran listrik dalam kondisi 100%, dapat berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Namun disisi lain, beberapa produsen HP telah menyertakan adanya cip. Cip berfungsi untuk memutus daya otomatis apabila baterai telah mencapai 100% dalam proses pengecasan.

Hal ini dapat menghindari proses pengecasan yang berlebihan serta kemungkinan munculnya masalah overcharging pada baterai android. Perlu anda ketahui, pengecasan baterai secara berlebih dapat mengurangi efektivitas baterai dalam menyimpan energi.

Jangan Isi Ulang Baterai Hingga 100%

Sesuai dengan ulasan dari Battery University menyatakan bahwa baterai Lithium-ion mempunyai performa terbaik apabila kapasitasnya berada antara 20-80%.

Baca Juga : Cara Menghapus Fingerprint Samsung dengan Mudah, Simak Ulasannya

Pasalnya pengisian daya baterai secara penuh dapat membuat baterai tertekan. Pengisian baterai dalam kapasitas 20% hingga 80% justru dapat menjaga voltase baterai menjadi  lebih rendah serta memperpanjang masa pakai baterai.

Maka dengan menampilkan persentase baterai Samsung dapat mengetahui secara pasti persentase kapasitas baterai yang anda gunakan.

Gunakan Aksesoris Bawaan Ponsel

Menggunakan aksesoris bawaan juga terbukti dapat menjaga baterai smartphone dari panas yang berlebih. Oleh karena itu penting bagi anda untuk memilih aksesoris ORI yang berkualitas.

Kualitas aksesoris yang kurang baik justru akan mempengaruhi daya tahan baterai. Baterai akan mudah panas dan hal terburuk yang mungkin terjadi adalah baterai meledak.

Setelah mengetahui cara menampilkan persentase baterai Samsung serta langkah penting untuk menjaga perangkat baterai ponsel. Maka anda pun dapat mengantisipasi kemungkinan buruk yang mungkin terjadi pada baterai ponsel anda. Selain itu kesehatan lebih terjaga serta masa pakai baterai akan lebih panjang. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto