Menata Kamar Tidur Minimalis dengan Desain Interior Menarik

Menata Kamar Tidur Minimalis dengan Desain Interior Menarik
Menata Kamar Tidur. Foto: Ist/Net

Ketahui cara menata kamar tidur anda. Bukankah ruang yang paling nyaman itu kamar tidur? Dimana merupakan tempat yang selalu dirindukan. Lalu juga tempat untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Apakah anda ingin memiliki kamar tidur mewah dalam rumah minimalis?

Meski rumah anda tergolong dalam kategori mini, tapi tak perlu berkecil hati. Justru rumah yang kecil, penataannya akan lebih simple dan tidak menguras banyak waktu.

Bukankah rumah minimalis bisa dijadikan istana yang super nyaman? Dekorasi yang baik dan pemilihan elemen-elemen interiorlah yang tidak akan mengecewakan anda.

Cara Menata Kamar Tidur

Nampaknya, kamar tidur bisa selalu rapi karena dibersihkan. Tapi ternyata disamping rajin dibersihkan, tatanan letak dan juga desainyalah yang menjadi faktor terpentingnya. Pentingnya untuk pandai dalam mengalokasikan fungsi kamar tidur, maka semakin mempercepat dan mempermudah dalam penataannya.

Baca Juga: Desain Rumah Hook Dengan Letak yang Strategis dan Tidak Monoton

Berikut ini beberapa cara menata kamar tidur anda agar tidak mudah berantakan. Cara yang pertama adalah membuat partisi kamar. Maksudnya bagilah ruang kamar anda sesuai fungsinya.

Pisahkan dengan benar dan jelas yang mana meja belajar, meja rias, dan tempat untuk menaruh berbagai jenis macam barang. Sebaiknya, tempat tidur didekatkan dengan rak buku, yang bertujuan hilangnya rasa malas untuk selalu mengembalikan buku pada tempatnya.

Jika bagian kamar tidur anda ada yang kosong, jangan biarkan hal itu terjadi. Sebab ruang tersebut takutnya menjadi sasaran kemalasan kita. Misalnya pojokan.

Urutan cara menata kamar tidur yang selanjutnya adalah menyediakan tempat sampah kering. Bukan tidak mungkin jika kita sudah menikmati suasana dalam kamar, biasanya kita enggan sekali untuk keluar sekedar membuang sampah saja. Nah, untuk menghindari hal tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita menyediakan tempat sampah untuk kebersihan kamar.

Kamar tidur biasanya akan menyimpan barang-barang rahasia. Supaya barang-barang tersebut bisa bertahan lama dan rapi dalam penyimpanannya, kita juga memerlukan kotak penyimpanan barang.

ak harus beli, bisa memanfaatkan boks-boks bekas yang sudah tak terpakai. Tokoh utama kamar tidur kita adalah diri kita sendiri. Jadi ya mau tidak mau kita tetap harus membersihkannya, minimal 10-20 menit untuk setiap harinya.

Baca Juga: Desain Koridor Rumah yang Unik dan Serasi dengan Konsep Rumah

Ternyata tak hanya itu saja cara menata kamar tidur agar tetap terlihat rapi. Jika kamar tidur anda tergolong sempit, anda bisa menambahkan cermin untuk mendapatkan kesan lebih luas.

Pilihlah Furniture yang Menghemat Ruang

Ketika kamar anda minimalis, pastikan anda juga memilih furniture kamar tidur yang mungil. Dengan memilih furniture yang tidak terlalu besar, akan menambah ruang gerak ketika berada dalam kamar.

Untuk menjaga keseimbangan furnitur yang anda pilih, bisa menambahkan layout supaya tidur lebih menarik. Supaya ruangan lebih tinggi, anda bisa memilih floating table. Bisa menggunakan permukaannya untuk menaruh buku, aksesoris, dan barang lainnya.

Ketika berada di kamar biasanya kita selalu menatap dinding atau tembok. Supaya tidak monoton kita bisa menambahkan wall art. Tambahkan galeri dan simple seperti bingkai foto, jam dinding, dan lainnya.

Bukan hanya desain dinding saja, anda juga bisa memanfaatkan bagian lantai untuk menyimpan tambahan dalam menata kamar tidur. Dengan membeli tempat tidur juga berfungsi sebagai storage akan membantu anda dalam penyimpanan buku-buku anda.

Jangan takut untuk bermain warna di ruangan satu ini, kamar tidur yang mungil sangat cocok untuk wallpaper dinding bermotif. Contohnya adalah motif garis-garis.

Dengan memasang pegboard juga akan membantu anda dalam penyimpanan supaya lebih bervariasi. Umumnya pegboard terbuat dari multipleks dengan ketahanan yang tinggi.

Jadikan Jendela Kamar Sebagai Jendela Dunia

Bagi yang mempunyai rumah bertingkat dan kamar tidurnya terletak di atas, cobalah buat jendela anda sebagaimana bisa melihat keindahan dunia, seperti indahnya lampu saat malam hari, sunrise, sunset, dan lainnya. Gantunglah tirai lebih tinggi dekat dengan langit-langit kamar tidur. Pilihlah dengan warna terang dan bahan tipis.

Baca Juga: Ruang Keluarga Dekat Tangga Dengan Tips yang Sederhana

Intinya pilihlah elemen-elemen interior yang anda butuhkan saat ingin menata kamar tidur. Kasurnya pun belilah sesuai ukuran tubuh anda agar tidak terlalu banyak memakan ruang.

Bagi yang memiliki kamar tidur mungil ataupun yang ingin mendesain kamarnya secara minimalis, anda bisa melakukan cara menata kamar tidur seperti ini agar terkesan luas dan rapi. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang