Mencegah Menopause Dini Secara Alami Dengan Cara yang Tepat

Mencegah menopause Dini
Ilustrasi mencegah menopause dini. Foto: Ist/Net

Mencegah menopause dini pada wanita sering kali dilakukan sebagian wanita ketika berada diusia 30-an. Menopause merupakan hal yang alami oleh seseorang. Namun sebagian wanita sangat takut akan hal ini. 

Sebenarnya masa menopause seseorang itu tidak sama. Ada yang usia 30-an sudah menopause, ada juga yang usia 40-50 baru menopause. Biasanya menopause pada seorang wanita ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan. 

Bahkan dari beberapa faktor sangat mempengaruhi seseorang pada aktivitas seksual. seperti hasrat seksual yang menurun dan sulit tidur.

Menopause pada seseorang mengakibatkan osteoporosis dan resiko penyakit jantung. Pada dasarnya pengertian dari menopause sendiri adalah masa atau fase berhentinya sistem produksi hormon reproduksi estrogen pada wanita.

Tanda menopause pada wanita biasanya tidak terjadi masa haid setiap bulannya. Sistem reproduksi wanita tidak lagi aktif seperti semula. Normalnya menopause terjadi pada usia 45 ke atas. Namun, menopause dini terjadi pada usia di bawah 45 tahun.

Baca Juga : Ciri-ciri Penyakit Thalasemia, Bahaya dan Cara Mencegahnya

Gejala dan Penyebab Dalam Mencegah Menopause Dini

Menopause biasanya muncul dengan gejala menstruasi atau haid yang kurang teratur setiap bulannya. Bisa siklus haidnya sedikit atau tiba-tiba banyak.

Jika seseorang tidak menyadari, maka ia menganggapnya sebagai hal yang normal. Rasa panas di tubuh bagian atas secara mendadak pun bisa saja merupakan gejala awal menopause.

Beberapa macam yang sering terjadi yaitu vagina mengering. Hal ini biasanya akibat hormon dan cairan mulai berkurang dan menurun sehingga lama kelamaan menjadi kering.

Gangguan lain yang terjadi pada awal menopause seperti gangguan kandung kemih, biasa seseorang sulit mengendalikan ketika membuang air kencing. Kalau normalnya mereka dapat menahan namun tetap mengalami kelepasan buang air kencing. Inilah makanya perlu adanya pola hidup sehat untuk mencegah menopause dini.

Mood seseorang pada awal menopause juga ditandai dengan mood yang buruk sering emosi dan stress. Sehingga mempengaruhi pada gairah seseorang.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Meningitis, Gejala, Cara Mencegah dan Mengatasinya

Sedangkan faktor penyebab yang biasa memicu atau menimbulkan menopause sebagai berikut:

Genetik

Faktor genetik ini sangat memungkinkan seseorang mengalami menopause dini. Faktor genetik yang diturunkan kepada seseorang itu.

Jadi anda dapat mengukur masa menopause anda dengan melihat masa menopause ibu anda.Namun anda jangan kuatir, dari survey atau riset, kemungkinan itu hanya 50-60% saja.

Itu artinya anda masih mendapat peluang untuk tidak menopause dini dan menerapkan cara mencegah menopause dini. Tentu saja banyak hal yang mempengaruhi menopause dini tersebut.

Kegagalan Ovarium Atau Penyakit Autoimun

Kegagalan ovarium adalah sistem ovarium yang tidak bekerja secara normal disebut juga kegagalan ovarium prematur. Meski setiap bulan seseorang mengalami haid namun ia tetap tidak akan bisa mempunyai anak kembali.

Gaya dan Pola Hidup

Biasanya terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Seperti merokok. Wanita yang perokok mempunyai resiko menopause dini.

Beberapa efek dari merokok tersebut memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan. Meski tidak terlalu signifikan, namun merokok ini mempercepat satu sampai 2 tahun lebih cepat.

Gangguan Kejang

Gangguan kejang ini biasa disebut dengan epilepsi. Nah gangguan kejang pada otak seseorang ini biasanya juga sangat mempengaruhi. seseorang dapat mengalami menopause dini secara cepat akibat gangguan kejang ini.

Baca Juga : Penyakit Kulit pada Anak, Gejala, Cara Mencegah dan Mengobatinya

Cara Mencegah Menopause Dini 

Pencegahan menopause dapat dilakukan dengan menjaga gaya hidup dan pola makan. Untuk menjaga kesehatan serta mencegah menopause, konsumsi makanan sehat dan pola makan yang teratur tentunya,

Makanan yang dapat mencegah menopause seperti ikan, kacang-kacangan, makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium, serta fitoestrogen. Senyawa mirip hormon estrogen ini seperti bengkuang, teh hijau, melon, pepaya atau kacang kedelai.

Dari makanan tersebut sangat baik dalam menjaga estrogen alami dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah menopause dini. Sedangkan lemak baik yang terkandung dalam ikan salmon, tuna dan sarden sangat baik untuk mencegah menopause.

Tak heran orang jepang selalu awet muda karena mereka banyak mengkonsumsi ikan dengan lemak baik ini. Selain itu, dengan mengkonsumsi kacang-kacangan serta makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D juga sangat mendukung dalam pencegahan menopause dini. Seperti kedelai, almond,sayuran hijau, susu, keju, dan kuning telur.

Nah, itulah gejala awal serta penyebab yang memicu seseorang mengalami menopause. Dengan menerapkan cara mencegah menopause dini tersebut, seseorang dapat menghambat masa menopause. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah