Mengaktifkan Always On Display, Penggunaan Perangkat Lebih Efisien

Mengaktifkan Always On Display
Ilustrasi Mengaktifkan Always On Display. Foto: Ist/Net

Mengaktifkan Always On Display (AOD) pada semua perangkat Android penting untuk anda pahami. AOD merupakan fitur yang terdapat pada smartphone Samsung dengan seri tertentu.

Dengan hadirnya fitur AOD ini, memungkinkan para penggunanya untuk mengatur layar smartphone yang mereka gunakan. Sehingga dapat menampilkan tanggal, notifikasi, status baterai, screen saver, waktu, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, aktifnya fitur AOD secara langsung dapat mengkonsumsi energi.

Mengaktifkan Always On Display

Sebenarnya fitur canggih AOD sudah dapat pengguna pakai pada semua jenis smartphone. Terutama smartphone dengan sistem operasi Android. Pasalnya, telah banyak aplikasi AOD yang dapat anda unduh pada Play Store.

Sedangkan pengertian fitur AOD itu sendiri merupakan salah satu fitur yang dapat mencegah layar smartphone masuk dalam mode tidur (sleep) sepenuhnya.

Maka pada saat mengaktifkan fitur AOD, secara otomatis layar smartphone akan terus menyala tanpa adanya backlight. Selain itu, pada saat fitur AOD dalam keadaan aktif, maka layar smartphone dapat menampilkan beragam jenis informasi penting seperti daya baterai, waktu, jam, dan lain sebagainya.

Hal menarik lain dari fitur ini adalah dapat menjadi salah satu pengganti dari fitur LED notifikasi yang sudah cukup kuno apabila tersemat pada ponsel terbaru saat ini.

Cara Mengaktifkan Always On Display pada Semua Perangkat Android

Meskipun saat ini fitur AOD hanya dapat anda temui pada smartphone flagship, namun anda tidak perlu khawatir. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, dapat anda download secara gratis pada Play Store.

Maka, anda dapat menggunakan fitur AOD seperti halnya pada smartphone flagship pada umumnya. Berikut ini cara mengaktifkan Always On Display dengan menggunakan aplikasi, antara lain:

  1. Install aplikasi pihak ketiga dari Play Store, yakni Always On Display-AMOLED & Smartwatch
  2. Selanjutnya buka aplikasi tersebut, tap tanda panah yang terdapat pada sebelah kanan. Pilih ALLOW, kemudian tap pada Izinkan untuk mengubah setelan sistem.
  3. Berikutnya pilih ALLOW lagi dan Izinkan. Untuk yang ketiga kalinya masih pilih ALLOW dan tap tanda centang.
  4. Langkah berikutnya pilih menu Type & Font untuk dapat mengubah ukuran font pada layar ponsel. Selanjutnya menu Clock Style untuk mengubah bentuk jam yang terdapat pada aplikasi.
  5. Aktifkan “Izinkan” menarik di atas aplikasi lain
  6. Proses terakhir, tampilan ponsel secara otomatis menggunakan fitur AOD.

Kelebihan Mengaktifkan Always On Display pada Perangkat Android

Berikut ini beberapa kelebihan yang dapat anda peroleh dengan menggunakan fitur AOD:

Memudahkan dalam Melihat Notifikasi Penting Tanpa Harus Menyentuh Ponsel

Dengan mengaktifkan fitur canggih AOD, dapat memberi kemudahan para pengguna smartphone untuk mengetahui notifikasi terbaru pada perangkat Android mereka tanpa harus menyentuh ponsel.

Meminimalisir Layar Ponsel Mengalami Burn In

Pasalnya, pada saat fitur AOD dalam keadaan aktif, maka secara otomatis LED layar smartphone akan dalam keadaan mati. Selain itu, pixel yang terdapat pada panel smartphone juga dapat bekerja secara bergantian.

Baca Juga : Fungsi Sensor Accelerometer pada Android dan Cara Pengunaannya

Dengan demikian, tampil pada layar smartphone dalam keadaan mode sleep. Secara otomatis fitur AOD dapat mengurangi resiko panel smartphone mengalami burn in.

Memberikan Kesan Elegan pada Ponsel

Kelebihan lain yang dapat anda peroleh dengan mengaktifkan Always On Display adalah bisa secara otomatis membuat tampilan pada smartphone terasa lebih nampak menarik.

Pasalnya, fitur AOD tampil secara default pada perangkat smartphone yang anda gunakan. Tak bisa kita pungkiri bahwa fitur AOD yang satu ini menguntungkan ponsel.

Dampak Penggunaan Fitur AOD pada Perangkat Android

Dampak dalam penggunaan fitur AOD pada perangkat smartphone yakni mengkonsumsi energi. Selain itu, penggunaan AOD dapat anda sesuaikan pada banyak penerapan dengan basis aplikasi.

Baca Juga : Mengembalikan OS Android ke Semula Secara Aman dan Efektif

Hal ini bertujuan untuk menampilkan pemberitahuan secara lebih selektif dalam memilih apa yang akan tampil dari fitur tersebut. Dengan demikian, meskipun dalam keadaan aktif, penggunaan energi baterai pun dapat lebih hemat.

Cara mengaktifkan Always On Display pada smartphone cukup mudah dan cepat. Selain itu, anda pun akan memperoleh beragam kelebihan dengan menggunakan fitur AOD. Tentunya penggunaan perangkat smartphone akan menjadi efektif dan efisien. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto