Menghubungkan Stick PS3 ke Android Tanpa Root, Mudah dan Praktis

Menghubungkan Stick PS3 ke Android
Ilustrasi Menghubungkan Stick PS3 ke Android. Foto: Ist/Net

Menghubungkan stick PS3 ke Android dapat anda lakukan dengan mudah. Selain mengasyikkan, bermain game pada Android menggunakan stick atau populer dengan gamepad juga sangat memudahkan.

Hanya dengan menekan tombol fisik yang terdapat pada stick, relatif lebih mudah serta nyaman daripada menekan layar sentuh.

Hampir semua game dapat anda mainkan menggunakan stick, akan tetapi tidak semua game dapat nyaman anda mainkan dengan stick, salah satu adalah Clash of Clans. Lalu bagaimanakah cara mudah menyambungkan stick PS3 ke perangkat Android yang anda miliki?

Cara Menghubungkan Stick PS3 ke Android

Kontrol tangan saat bermain game sangat terasa mantap dengan menggunakan stick konvensional console. Seiring berjalannya waktu, bentuk stick game cukup beragam dari berbagai console yang sama.

Baca Juga : Fungsi OTG HP yang Beragam, Ketahui Juga Cara Menggunakannya

Pasalnya, banyak gamer yang sudah cocok dengan desain bentuk yang telah menyesuaikan anatomi tangan sebagian besar orang.

Desain fisik gamepad atau stick terbukti mampu mengkoordinir kecepatan serta kelincahan tangan saat bermain game. Kenyamanan menggunakan stick game atau gamepad saat ini dapat anda nikmati ketika memainkan game Android.

Beragam game pada perangkat Android dapat anda mainkan dengan cara menggunakan stick PS3. Memang umumnya beragam game pada Android dibuat dengan cara kontrol sederhana melalui touch screen atau layar sentuh.

Baca Juga : Menghubungkan HP ke TV Mudah dan Simple, Simak Caranya!

Seperti halnya game Clash of Clan (COC), game bergenre strategy, ataupun game yang membutuhkan logika, tentu akan lebih praktis menggunakan sentuhan tangan ketika memainkannya pada perangkat Android.

Dalam permainan ini, anda tidak perlu menghubungkan stick ke Android karena justru akan membuat anda tidak nyaman dalam menjalankan permainan. Akan tetapi, lain halnya dengan beragam game Android yang memiliki tema fight ataupun adventure.

Untuk memainkannya, memerlukan kecepatan tangan yang jika anda mainkan dengan touchscreen pada perangkat Android, sama sekali tidak merasa nyaman. Bahkan kurang merasakan atmosfer dan juga feel dalam permainan.

Bagi anda yang belum tahu cara menghubungkan stick PS3 ke Android, maka dibawah ini akan kita bahas cara tersebut secara lebih rinci.

Alasan Penggunaan Stick PS3

Bentuk dari stick game cukup beragam, mulai dari console PS1, PS2, hingga PS3 yang memiliki desain hampir sama. Yang membedakan adalah pada stick PS3.

Cara menggunakannya dengan bluetooth sehingga tidak memerlukan adanya kabel lagi untuk anda sambungkan pada perangkat game. Selain itu, pada stick PS3 memiliki colokan port USB yang dapat anda sambungkan langsung ke smartphone Android anda.

Mengenai cara menghubungkan stick PS3 ke Android. Dalam hal ini, sebenarnya ada aplikasi namanya Sixaxis Controller buatan Dancing Pixel Studios yang dapat anda gunakan untuk mainkan stick PS3 pada Android.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, anda perlu menggunakan bluetooth. Akan tetapi, tak semua perangkat Android bisa menjalankan aplikasi ini.

Pasalnya, aplikasi Sixaxis memiliki syarat dalam menjalankannya memerlukan adanya akses root. Artinya, perangkat Android anda harus anda root terlebih dahulu supaya dapat main game Android dengan menggunakan PS3.

Cara Menghubungkan Stick PS3 ke Android Tanpa Root

Bagi anda yang belum memiliki akses root, maka tidak perlu khawatir. Terdapat aplikasi lain yang dapat anda manfaatkan dalam menggunakan stick pada Android. Aplikasi tersebut bernama Sixaxsis Enabler.

Baca Juga : Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Aman dan Mudah

Untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan perangkat anda telah support dengan koneksi kabel OTG serta sesuai dengan firmware Stick PS3.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi Sixaxsis Enabler untuk menghubungkan stick PS3 ke Android, antara lain:

  1. Pasangkan kabel stick PS3 pada kabel OTG mini USB
  2. Selanjutnya hubungkan masing-masing konektor pada port masing-masing.
  3. Proses berikutnya, buka aplikasi Sixaxsis enbabler serta pilih “ENABLE”yang kemudian akan muncul notifikasi meminta izin untuk memperbolehkan menggunakan perangkat USB. Klik OK yang secara otomatis aplikasi telah terhubung.
  4. Klik tombol bulat lambang Playstation yang terdapat pada stick PS3 anda.

Setelah anda mengikuti cara menghubungkan stick PS3 ke Android di atas, maka akan muncul Status “Sixaxis enabled, please try botton and stick”. Maka, stick PS3 yang telah anda sambungkan pun siap untuk anda mainkan pada Android. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto