Mengubah Sistem Android Menjadi Windows Praktis, Berikut Ulasannya

Mengubah Sistem Android Menjadi Windows
Ilustrasi Mengubah Sistem Android Menjadi Windows. Foto: Ist/Net

Mengubah sistem Android menjadi Windows dapat anda lakukan dengan beberapa cara. Dapat merubah perangkat Android menjadi sebuah komputer yang memiliki fungsi penuh, tentu menjadi suatu hal yang menarik.

Seperti yang kita ketahui, pengguna Android merupakan yang paling banyak dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan sistem operasi lainnya.

Maka tidak heran jika OS besutan Google ini menawarkan beragam fitur serta jutaan aplikasi yang dapat pengguna peroleh secara gratis. Selain itu, peningkatan yang terjadi pada sistem Android pun semakin membuat penggunanya setia.

Baca Juga : Auto Correct Android, Simak Fungsi dan Cara Menonaktifkan

Akan tetapi, pernahkah anda merasa bosan dengan tampilan smartphone yang anda gunakan saat ini? Lalu ingin mencoba sensasi lain dengan menggunakan smartphone dengan jenis OS lainnya?

Cara Mengubah Sistem Android Menjadi Windows

Android merupakan salah satu sistem yang dirancang sebagai perangkat bergerak pada smartphone. Hampir sebagian besar masyarakat telah menggunakan perangkat Android.

Mulai dari kalangan anak-anak, dewasa, hingga para  orang tua. Namun tahukah anda bahwa sistem Android dapat anda ganti tampilannya menjadi tampilan Windows?.

Baca Juga : Cara Mengganti Device ID Android dengan Mudah dan Aman

Dengan demikian, tampilan pun akan menjadi lebih menarik. Selain itu pula, pengguna tidak perlu melakukan root pada HP. Berikut ini beberapa cara mengubah sistem Android menjadi Windows, antara lain:

Menggunakan Andromium OS

Andromium OS bisa berjalan dengan lancar pada prosesor Snapdragon 800 di atasnya menggunakan RAM berkapasitas 2GB serta monitor beresolusi 1080p.

Baca Juga : App Permission Android, Simak dan Pahami Cara Mengaturnya

Akan tetapi, dalam hal ini, membutuhkan adanya Android Lollypop atau versi terbaru. Berikut ini cara mengubah sistem Android menjadi Windows dengan menggunakan Andromium OS, antara lain:

  1. Langkah pertama, unduh serta install Andromium OS pada perangkat Android anda.
  2. Setelah aplikasi Andromium terpasang, maka anda perlu memberikan akses “App Usage Access” dengan cukup klik pada tombol “OK”.
  3. Kemudian akses Notifikasi pada perangkat Android
  4. Selanjutnya akan muncul tampilan depan dari Andromium OS dan klik “OK
  5. Langkah berikutnya dalam mengganti sistem Android menjadi Windows menggunakan Andromium OS, pada panel notifikasi akan nampak “Andromium OS is running”, klik pada pilihan tersebut untuk dapat menjalankannya. Maka tampilan Android pun akan secara otomatis berubah menjadi Windows.

Menggunakan Leena Desktop UI

Alternatif lain untuk mengubah sistem Android menjadi Windows adalah anda dapat menggunakan aplikasi multiwindow Leena Launcher yang merupakan versi Beta. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat menghadirkan pengalaman komputer desktop pada perangkat Android.

Leena Launcher bukanlah sebuah sistem operasi, akan tetapi dapat membuat anda merasakan seolah-olah itu merupakan sebuah sistem operasi. Berikut ini cara yang dapat anda lakukan:

  1. Unduh dan instal aplikasi Leena Desktop UI pada perangkat Android anda.
  2. Selanjutnya, jalankan aplikasi, maka anda akan melihat tampilan “Alloe Leena Launcher to access photos media anda files on your device?”. Dalam tampilan ini, pengguna perlu memberikan akses Leena Launcher untuk dapat mengakses foto, media, serta beragam file yang terdapat pada perangkat.
  3. Langkah berikutnya, kita akan melihat tampilan PC desktop pada ponsel anda.
  4. Selanjutnya, anda perlu membuat menu “Setting” yang terletak pada pojok sebelah kanan layar. Dengan demikian, anda dapat melakukan penyetelan sesuai kebutuhan anda.
  5. Setelah semua proses selesai, maka anda dapat membuka aplikasi atau file. Yang mana semuanya akan terbuka dalam beberapa buah jendela seperti halnya yang terdapat pada sistem operasi Windows.

Menggunakan Aplikasi Computer Launcher

Bagi anda yang ingin mencoba mengubah sistem Android menjadi tampilan Windows 10, langkah yang dapat anda lakukan adalah:

  1. Download dan instal aplikasi Computer Launcher pada layanan Google Play Store.
  2. Buka aplikasi yang telah anda download dan pilih Computer Launcher. Secara otomatis tampilan Android yang anda miliki akan berubah menjadi tampilan Windows 10.
  3. Jika anda ingin mengubah tampilan Windows 10 tersebut ke tampilan Android, caranya cukup mudah. Kerjanya mirip dengan tampilan Windows 10 pada umumnya. Anda cukup memilih tombol Windows serta pilih Close Launcher.
  4. Langkah berikutnya, tinggal anda pilih Yes, maka sistem akan mengembalikan HP anda ke tampilan Android.

Demikianlah cara mengubah sistem Android menjadi Windows yang dapat anda coba. Dengan tampilan Windows, tentunya akan membuat anda lebih fokus dalam melakukan berbagai kegiatan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto