Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMengubah Ukuran Font pada Android, Mudah dan Efektif

Mengubah Ukuran Font pada Android, Mudah dan Efektif

Mengubah ukuran font pada HP Android cukup mudah. Font merupakan tulisan yang terdapat pada suatu perangkat yang dapat anda lihat secara digital. Pada umumnya, font dapat anda temukan pada perangkat digital seperti komputer, tablet, HP, dan lain sebagainya.

Dalam beberapa perangkat tersebut telah tersedia pengaturan untuk merubah ukuran, jenis font, warna, gaya huruf, dan lain sebagainya. Hal ini tersedia pula pada perangkat Android.

Akan tetapi, terkadang ada pula beberapa orang yang belum begitu memahami bagaimana cara merubah ukuran font atau tulisan yang terdapat pada smartphone Android. Padahal, para pengguna dapat melakukannya dengan mudah melalui pengaturan dari perangkat tersebut.

Mengubah Ukuran Font pada HP Android

Saat ini, hampir sebagian besar smartphone hadir dengan ukuran layar yang sangat luas. Hal tersebut tentunya mampu memberikan kenyamanan ketika digunakan.

Baik untuk penggunaan yang umum atau untuk menikmati konten yang terdapat di dalamnya. Dengan ukuran layar yang cukup luas tersebut, terdapat beberapa kalangan pengguna yang merasa ukuran huruf atau teks yang terdapat perangkat Android yang ia gunakan terasa kecil.

Baca Juga : Mengaktifkan 3D Touch Android Mudah Tanpa Adanya Akses Root

Pada umumnya, hal ini dialami oleh para orang tua atau lansia. Namun anda tidak perlu khawatir, pada masing-masing smartphone telah terdapat fitur untuk mengubah ukuran huruf atau font.

Tujuan Mengubah Ukuran Font pada Android

Saat pembelian smartphone baru, terkadang kita sering menjumpai adanya ukuran font dan layar yang tidak sesuai dengan pandangan serta jari anda.

Baca Juga : Fungsi Sensor Accelerometer pada Android dan Cara Pengunaannya

Sedangkan ukuran keduanya pada keyboard mempunyai fungsi yang sangat penting guna memudahkan pengiriman pesan, baik pesan chatting pada media sosial, SMS, atau dalam pembuatan laporan pekerjaan.

Apabila kenyamanan pada aktivitas keyboard tidak maksimal, maka hal ini akan menyebabkan adanya salah ketik atau typo. Hal ini jika terjadi secara terus-menerus tentu akan cukup riskan.

Selain itu, mengubah besar kecil teks bertujuan untuk dapat membantu pengguna smartphone agar dapat melihat isi teks seperti pada pesan, kontak, serta bentuk teks lainnya. Hal ini berlaku jika pengguna mempunyai masalah dengan indera penglihatan.

Selanjutnya cara mengubah ukuran huruf pada Android cukup mudah. Akan tetapi, anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa smartphone yang anda gunakan sudah mendukung adanya fitur mengganti ukuran font.

Cara Mudah Mengubah Ukuran Font pada Android

Berikut ini langkah-langkah untuk mengubah besar kecilnya ukuran teks pada perangkat Android, antara lain:

  1. Masuk ke menu Setting atau Pengaturan
  2. Selanjutnya pilih menu Tampilan
  3. Dalam menu Tampilan, anda akan menemukan pilihan “ukuran font”
  4. Kemudian anda dapat menyesuaikan ukuran font sesuai dengan keinginan

Selain itu, mengubah ukuran font pada keyboard dapat anda lakukan dengan cara mencari pengaturan pada keyboard. Namun hal ini dapat anda lakukan jika perangkat anda memiliki fitur yang mendukung perubahan ini.

Atau anda dapat menyiasatinya menggunakan Kika Keyboard dengan tema foto sendiri guna mengecilkan ukuran font. Dimana dengan meletakkan ukuran gambar yang sesuai.

Baca Juga : Mengembalikan OS Android ke Semula Secara Aman dan Efektif

Sedangkan pada smartphone yang tidak memiliki dukungan fitur untuk merubah ukuran font, maka anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terdapat pada Play Store.

Salah satunya anda dapat menggunakan aplikasi Hifont untuk merubahnya. Penggunaan aplikasi tersebut sama dengan tutorial di atas. Akan tetapi, untuk HP selain Samsung diperlukan akses root dalam menjalankannya.

Cara Lain Mengubah Ukuran Font pada Android

Bagi smartphone yang memiliki menu Setting yang berbeda, maka anda dapat menggunakan cara berikut ini untuk mengubah besar kecilnya ukuran tulisan pada perangkat, antara lain:

  1. Tarik kolom notifikasi yang terdapat pada bagian atas layar ke bagian bawah.
  2. Selanjutnya pilih ikon gear yang akan menyediakan akses Setting atau Pengaturan
  3. Dalam menu Pengaturan tersebut, cari serta pilih menu Layar. Dalam menu ini, nantinya akan tersedia beragam pilihan pengaturan tampilan pada smartphone.
  4. Setelah anda masuk pada menu Layar, geser pada bagian bawah hingga anda akan menemukan menu tulisan Font Size, lalu pilih.
  5. Berikutnya, anda dapat mengubah ukuran  teks. Geser ke kiri untuk memperkecil ukuran font serta geser ke kanan untuk membuat huruf besar. Hal yang paling kanan merupakan ukuran paling besar.

Dengan mengubah ukuran font sesuai dengan yang anda inginkan, maka penggunaan perangkat pun menjadi lebih nyaman dan maksimal. Cara merubah ukuran tersebut dapat anda sesuaikan dengan tipe smartphone yang anda gunakan. (R10/HR-Online)