Mengungsi, Wagub Jabar Minta Korban Banjir Bandang Patuhi Prokes

Mengungsi, Wagub Jabar Minta Korban Banjir Bandang Patuhi Prokes
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat melakukan peninjauan ke lokasi bencana banjir bandang Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Rabu (20/1/2021). Foto:Istimewa

Berita Jabar (harapanrakyat.com).-  Musibah banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Bogor, tepatnya di Kampung Gunung Mas, Cisarua, Selasa (19/1/2021) membuat Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum prihatin.

Uu pun melakukan peninjauan ke lokasi bencana, Rabu (20/1/2021) didampingi Pangdam III/Siliwangi dan Bupati Bogor.

Pada kesempatan tersebut Uu mengapresiasi Pemkab Bogor dan jajaran Forkopimda yang cepat tanggap menangani korban banjir.

Dalam waktu 24 jam, ratusan Kepala Keluarga sudah diungsikan keempat lokasi berbeda.

Korban banjir bandang ditempatkan di lokasi pengungsian berbeda untuk menghindari kerumunan dan menjamin protokol kesehatan.

“Saya titip kepada masyarakat yang mengungsi agar selalu menerapkan prokes agar tidak terjadi kluster baru,” ujar Uu.

Dengan adanya bencana alam selama dua minggu terakhir ini, pihaknya meminta warga Jabar agar selalu menjaga lingkungan dan alam.

Alam harus terus dijaga agar tidak murka dan menimbulkan bencana.

“Sekarang Jabar didera dua bencana, yakni bencana non alam (Covid-19) dan juga bencana alam,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Jabar juga memberikan bantuan logistik dari Dinsos Jabar senilai Rp 128 juta, dari BPBD Jabar makanan instan dan vitamin.

“Kita juga serahkan bantuan uang tunai dari Bank bjb Rp 150 juta,” ungkap Uu.

Sebagai informasi, banjir bandang Gunung Mas Kabupaten Bogor, terjadi Selasa (19/1/2021) lalu, akibat Sungai Ciliwung meluap dan melewati perkebunan teh PTPN VIII.

Banjir tersebut bercampur lumpur, mengakibatkan puluhan rumah rusak, tiga jembatan rusak bahkan ada yang hanyut. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang