Menghubungkan HP ke TV Mudah dan Simple, Simak Caranya!

Menghubungkan HP ke TV
Ilustrasi Menghubungkan HP ke TV. Foto: Ist/Net

Menghubungkan HP ke TV cukup mudah dan dapat anda lakukan dengan beberapa cara. Ponsel dan televisi pada dasarnya merupakan dua perangkat elektronik yang berbeda.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, konversi antara keduanya nampak semakin jelas terlihat. Pada awalnya, anda hanya dapat bermain game pada layar smartphone yang seadanya.

Akan tetapi, saat ini sangat mungkin bagi anda untuk dapat bermain game pada layar TV yang lebih besar. Hal ini dapat anda lakukan dengan menyambungkan perangkat elektronik (TV dan HP) tersebut.

Cara Menghubungkan HP ke TV

Pada umumnya, tujuan menyambungkan HP ke TV adalah untuk menonton film baik dari YouTube, Netflix, Disney+ Hostar, serta bermain game. Atau anda dapat memanfaatkannya untuk keperluan browsing.

Baca Juga : HP Oppo yang Support MHL, Mudahkan Proses Koneksi HP ke Layar TV

Karena akan lebih nyaman dengan layar yang lebih besar dan anda akan dijamin lebih puas saat melakukan aktivitas browsing.

Lalu bagaimanakah cara menggabungkan HP ke TV agar dapat anda manfaatkan? Berikut ini akan kita ulas mengenai cara menggabungkan perangkat HP ke TV secara lebih mudah, antara lain:

Persiapan Menghubungkan Smartphone ke TV

Hal penting yang harus pertama kali anda lakukan untuk menggabungkan smartphone ke TV adalah mencari tahu terlebih dahulu mengenai spesifikasi HP Android serta TV yang akan anda gunakan.

Bagi anda yang ingin menyambungkan HP ke TV tanpa kabel, maka pastikan ketersediaan fitur Miracast pada perangkat HP dan TV anda.

Baca Juga : Fungsi DLNA di HP Oppo, Akses File Multimedia ke Perangkat Lain Mudah

Sedangkan untuk dapat menggabungkan HP menuju ke perangkat TV dengan menggunakan kabel, maka anda harus melihat ketersediaan port output video pada HP Android yang akan anda gunakan.

Untuk dapat mencobanya, pastikan smartphone yang anda gunakan telah menggunakan minimal OS Android 4,2 Jelly Bean ke atas yang telah memperoleh kelengkapan fitur Miracast bawaan.

Pada smartphone, kebanyakan fitur Miracast populer dengan sebutan Wireless display. Apabila smartphone anda telah memiliki fitur tersebut, maka anda perlu membeli sebuah dongle tambahan.

Apabila persiapan yang telah kita ulas di atas sudah sepenuhnya siap, maka anda dapat menghubungkan HP ke TV secara lebih mudah.

Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Kabel

Untuk menggabungkan TV dengan HP menggunakan kabel, maka anda tidak perlu adanya aplikasi bawaan. Anda cukup menyediakan kabel. Dalam hal ini, anda tidak bisa menggunakan kabel sembarangan.

Gunakan jenis kabel yang sesuai dengan port pada HP yang anda gunakan. Seperti kabel Micro HDMI ke KDMI, kabel MHL yang mempunyai dua konektor, Micro USB ke HDMI.

Hal penting yang harus anda perhatikan adalah ponsel anda telah memperoleh dukungan fitur MHL. Cara menghubungkan HP ke TV dengan koneksi kabel yang mudah antara lain:

  1. Matikan perangkat TV dengan menekan tombol power
  2. Hubungkan TV ke HP dengan memasukkan ujung pipih kabel pada HP
  3. Untuk ujung kabel berukuran besar, anda masukkan ke socket TV yang bertuliskan HDMI
  4. Aktifkan kembali TV anda dan pindahkan saluran ke opsi HDMI
  5. Pada perangkat HP, beri centang pada opsi bertuliskan “HDMI Connection”
  6. Pastikan anda tidak dalam keadaan mode lock agar lebih mudah pengaturannya
  7. Sekarang tampilan layar smartphone dapat anda lihat pada layar TV
  8. Selanjutnya anda dapat pindah ke orientasi landscape dengan tujuan agar sesuai dengan bidang layar TV serta lebih nyaman saat anda lihat

Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Koneksi Kabel

Menggabungkan HP ke perangkat TV tanpa menggunakan koneksi kabel tentu lebih mudah dan simple untuk anda lakukan. Bagi anda yang memiliki Smart TV yakni yang support WiFi, maka anda dapat menggunakan beberapa aplikasi smartphone untuk menyambungkan HP ke TV.

Baca Juga : Gyroscope Tidak Berfungsi pada HP, Berikut Tips Praktis Mengatasinya

Sebenarnya smartphone saat ini sudah banyak yang memiliki fitur yang dapat anda gunakan untuk menghubungkan layar HP ke TV tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Hal ini dapat anda cek pada menu “Sambungan/Wireless’ yang terdapat pada menu pengaturan HP. Selanjutnya cari fitur proyeksi layar/Miracas/Wireless Display/Smart View.

Pasalnya, setiap HP memiliki beda nama menu atau nama fiturnya, akan tetapi memiliki fungsi yang sama. Pastikan WiFi pada smartphone anda tetap menyala. Hal ini bertujuan agar pengaturan dapat aktif.

Selanjutnya, saat menghubungkan HP ke TV, maka perangkat  HP akan melakukan scanning pada Smart TV. Maka pastikan fitur proyeksi layar pada Smart TV juga telah aktif dengan menghidupkan WiFi. Penting untuk anda ketahui, HP dan Smart TV harus terhubung dengan jaringan WiFi atau router yang sama. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto