Momen Gubernur Jabar Semangati Pasien Covid-19 di Tasikmalaya

Gubernur Jabar Covid-19 Tasikmalaya
Momen Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat menyemangati pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),– Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, tak hanya melakukan sosialisasi protokol kesehatan saat menyambangi Tasikmalaya. Namun juga mendatangi RSUD dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Rabu (20/1/2021). Kedatangan Gubernur Jabar ini untuk memberi semangat kepada para pasien Covid-19 yang tengah dirawat di RSUD dr Soekardjo, Tasikmalaya.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, berdiri di luar gedung rawat inap RSUD dr Soekardjo. Sambil memegang pengeras suara, Kang Emil berkomunikasi dengan para pasien Covid-19. 

Ia juga terlihat melambaikan tangan yang kemudian dibalas oleh para pasien Covid-19 yang tengah dirawat di RSUD.

“Di belakang saya, ada pasien-pasien Covid-19. Tadi saya menyapa dan memberi suntikan semangat, juga optimisme,” katanya.

Kang Emil juga menyampaikan kabar gembira di tengah pandemi Covid-19. Ia mengatakan, pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD dr Soekardjo rata-rata sembuh dalam waktu kurang dari 2 minggu.

Pasien yang dirawat di RSUD dr Soekardjo sendiri, selain masyarakat umum, terdapat dokter dan perawat yang juga terkonfirmasi positif Covid-19.

“Ada yang baru datang sehari sampai lima hari, tapi rata-rata kurang dari 14 hari sudah sembuh. Tingkat kesembuhan di Kota Tasikmalaya ini di atas 80 persen. Ini mengindikasikan pasien Covid-19 yang sembuh lebih banyak,” jelasnya.

Kang Emil juga menjelaskan, ada gedung rawat inap Mitra Batik RSUD dr Soekardjo yang dibangun dengan dana APBD Jabar, tetapi belum diresmikan. Meskipun begitu, lantaran dalam keadaan darurat karena wabah Covid-19, gedung tersebut sudah mendapat izin untuk beroperasi.

“Perawatan gedungnya bagus sekali. Ini anggarannya dari Pemprov Jabar. Memang belum diresmikan, tapi karena darurat kamu izinkan untuk dijadikan ruang isolasi,” katanya.

Pesan Gubernur Jabar untuk Pasien Covid-19 di Tasikmalaya

Kang Emil juga berpesan, warga yang positif Covid-19 dengan gejala ringan agar tidak memaksa untuk dirawat di rumah sakit. Namun, mereka bisa memanfaatkan Puskesmas.

“Bisa juga gedung-gedung seperti asrama dan hotel dimanfaatkan. Sehingga tingkat keterisian rumah sakit bisa turun hingga 60 persen,” ucapnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Kang Emil meminta Pemkot Tasikmalaya lebih gencar meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam protokol kesehatan, terutama penggunaan masker. Namun ia berpesan agar cara yang dilakukan lebih persuasif.

“Arahan dari Pak Kapolda dan Pak Pangdam, agar Satpol PP, TNI, Polri di Kota Tasikmalaya bersemangat menegakkan hukum dengan persuasif, yang menjadi khas Jabar,” katanya.

Selain itu, Kang Emil juga menyinggung program vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya dalam waktu dekat. Ia mengharapkan vaksinasi bisa terlaksana dengan optimal.

“Ruang isolasi lebih memadai, penegakan kedisiplinan meningkat, dan vaksinasi berhasil. Itu yang menjadi harapan kami untuk Kota Tasikmalaya,” tandasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

Editor: Ndu