Motor Oleng Saat Jalan Tidak Rata, Sebaiknya Cari Tahu Penyebabnya

Motor Oleng Saat Jalan tidak Rata, Sebaiknya Cari Tahu Penyebabnya
Ilustrasi Motor Oleng Saat Jalan Tidak Rata. Foto: idntimes

Motor oleng saat jalan tidak rata mungkin sering sekali terjadi. Hal ini bisa karena berbagai penyebab yang terjadi. Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang sudah banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Mungkin menggunakan fasilitas umum juga banyak untuk membantu alat transportasi. Namun, dengan menggunakan sepeda motor, akan lebih praktis dan menghemat waktu. Bahkan penggunaannya pun lebih mudah dan simpel.

Anda bisa memilih berbagai jenis kendaraan roda dua ini sesuai selera. Sebab, sudah banyak tersedia berbagai tipe baru dari sepeda motor. Kendaraan ini memang memiliki banyak komponen sebagai sistem untuk membuat kendaraan berjalan.

Sayangnya, tidak semua komponen bisa bekerja dengan optimal ketika sudah lama terpakai. Apalagi bagi komponen yang memiliki masa pemakaian, tentu akan berkurang cara kerjanya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Motor dengan Cepat dan Mudah

Salah satu pertanda jika komponen masih dalam keadaan baik-baik saja yaitu tidak oleng ketika digunakan. Performanya akan tetap stabil meski anda gunakan untuk berbagai jenis medan jalan.

Motor oleng saat jalan tidak rata bisa karena kondisi komponennya bermasalah. Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya berikan perawatan yang tepat serta perbaikan jika diperlukan.

Ketika kondisi kendaraan oleng, tentu akan mengganggu kenyamanan. Bahkan jika anda berboncengan, tentu penumpang sangat terganggu. Sebaiknya cari tahu penyebab mengapa hal tersebut terjadi. Hal ini bisa membantu anda memperbaikinya dengan tepat.

Penyebab Motor Oleng Saat Jalan Tidak Rata

Motor terasa oleng bisa karena banyak hal. Jika masalah ini terjadi, akan terasa tidak nyaman. Bahkan selain itu, hal ini juga bisa membuat anda merasa kurang aman.

Ketika masalah timbul, justru banyak masalah lain yang bisa terjadi. Maka dari itu, ketika anda mengalami hal ini, sebaiknya untuk selalu mencari apa penyebabnya terlebih dulu.

Pada umumnya, motor oleng saat berada pada medan jalan rusak atau bergelombang. Masalah ini bisa karena beberapa komponen yang erat kaitannya dengan roda. Berikut ini ada beberapa penyebabnya:

Velg

Penyebab motor oleng saat jalan tidak rata bisa karena bagian komponen velgnya bermasalah. Hal ini mengakibatkan anda perlu melakukan pengecekan dengan tepat.

Baca Juga : Penyebab Piringan Cakram Bunyi, Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Ketika hal ini menjadi salah satu penyebabnya, maka segera untuk mengatasinya. Gunakan peralatan otomotif seperti obeng, sebatang besi, dan peralatan lainnya.

Dekatkan besi atau obeng pada velg. Jika salah satu benda ini menyentuh komponen tersebut, pasti kondisinya sudah tidak presisi. Bawa ke tempat otomotif yang bisa mengatur setelan velg agar bisa berfungsi dengan baik.

Laher Roda

Laher roda atau laker juga bisa menjadi salah satu masalah kendaraan oleng saat jalanan tidak rata. Cara mendeteksi komponen ini rusak yaitu dengan melihat bagian batu roda dan bannya.

Ketika kedua komponen tersebut masih dalam keadaan bagus, namun tetap oleng, tentu laker bermasalah. Jika komponen tersebut mengalami kerusakan, saat bergerak akan terasa tidak nyaman. Bahkan mengeluarkan bunyi.

Ban

Masalah lain juga bisa karena ban yang tidak presisi. Anda perlu perhatikan bagian tersebut ketika motor oleng saat jalan tidak rata.

Baca Juga : Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang

Ketika berkendara jalan bergelombang atau rusak, tentu masalah ini akan sangat terasa. Bisa terjadi ban yang rusak atau bolong. Ketika kondisi ban robek, tentu membuat kondisi bermasalah. Tidak hanya itu saja, sebaiknya lihat rotasinya.

Jika dalam keadaan terbalik, ban akan mudah aus sehingga menimbulkan rasa kurang nyaman. Saat masalah ini menjadi penyebabnya, anda bisa kempiskan dan ganti dengan posisi yang tepat.

As Roda

As roda memang menjadi komponen penting dalam kendaraan. Bahkan komponen tersebut tidak akan terganti jika belum patah.

Padahal hal ini bisa sangat mengganggu kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Sebaiknya periksa dengan teliti ketika kondisinya sudah aus.

Anda bisa memasukkan as roda ke velg lengkapi dengan bearingnya. Ketika kondisinya sudah sangat longgar antara diameter as dan lubang bearing pertanda sudah aus.

Maka dari itu, pemakaiannya tentu akan berpengaruh pada kondisi tersebut. Sebagai pemilik kendaraan, anda wajib merawat dan menjaga komponen kendaraan. Hal ini bertujuan agar tetap nyaman berkendara. Sehingga motor oleng saat jalan tidak rata, anda tahu penyebabnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto