Musim Hujan Kolam Kebanjiran, Warga Ciamis Berburu Ikan di Sungai

Berburu Ikan di Sungai
Warga Sindangrasa Ciamis sedang berburu ikan di sungai usai kolam ikan kebanjiran, Selasa (19/1/2021). Foto: Eli/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pada musim hujan kali ini banyak kolam ikan terendam banjir akibat luapan sungai Gawiru. Warga Sindangrasa, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memanfaatkan kesempatan ini dengan berburu ikan di sungai, karena banyak ikan yang hanyut.

Wawan, salah seorang warga mengatakan bersama warga lain mencoba berburu ikan setelah wilayah babakan banyak kolam terendam banjir.

“Jalur sungai gawiru merupakan yang terdampak banjir ketika hujan, sehingga banyak kolam pada tepian sungai terendam, sehingga banyak ikan yang terbawa banjir. Jadi kami berburu ikan di sungai,” ungkap Wawan, Selasa (19/1/2021).

Kata Wawan, ketika aliran Sungai Gawiru  sangat deras, banyak pohon tumbang karena terjangan arus yang kuat. Tidak hanya itu banyak juga tepian sungai terkena abrasi.

“Hanya dapat ikan mujair yang ukurannya kecil. Kemungkinan ikan yang besar memang sudah terbawa hanyut arus sungai yang deras,” katanya.

Andri, warga lain, yang juga berburu ikan di Sungai Gawiru, mengatakan aliran sungai kini tidak begitu deras sehingga mencoba peruntungannya mencari ikan. Berbekal jala (sair) menyusuri aliran sungai, namun hanya ikan kecil yang ia dapatkan.

“Biasanya saat banjir ikan yang hanyut cukup banyak dan besar. Tapi mungkin kali ini arusnya sangat deras sehingga ikan besar memang terbawa hanyut cukup jauh. Akan mencoba besok mungkin masih ada ikan yang memang tidak terbawa hanyut,” ucapnya. (Eli/R9/HR-Online)

Editor: Dadang