Nama Malaikat Beserta Tugasnya, Wajib Diketahui dan Diimani

Nama Malaikat Beserta Tugasnya, Wajib Diketahui dan Diimani
Ilustrasi nama malaikat beserta tugasnya. Foto: ipcgold

Nama malaikat beserta tugasnya adalah salah satu hal yang wajib umat muslim ketahui. Sebab, ada banyak malaikat yang memiliki tugas masing-masing.

Dalam ajaran agama Islam, percaya kepada malaikat Allah termasuk dalam salah satu rukun iman. Bahkan kedudukannya menjadi rukun iman yang kedua setelah Allah SWT.

Sebenarnya mempercayai keberadaannya wajib anda ketahui. Ada 3 cara yang bisa anda lakukan untuk percaya pada malaikat. Pertama, mengakui keberadaannya sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah SWT.

Kedua, meyakini malaikat yang sudah ada dalam Al Qur’an dan sunnah nabi. Ketiga, meyakini tugas-tugasnya yang masing-masing memiliki tanggung jawab sendiri.

Maka dari itu, penting sekali bagi anda umat Islam mengetahuinya secara jelas. Sebenarnya ada banyak malaikat yang Allah SWT ciptakan dari cahaya.

Bahkan jumlahnya ribuan yang mampu membantu Allah SWT. Namun, hanya 10 nama malaikat beserta tugasnya yang wajib diketahui oleh umat Islam.

Baca juga: Kisah Saad bin Abi Waqqash, Pria Ketiga yang Masuk Islam

Nama Malaikat Beserta Tugasnya

Sebagai umat Islam, anda wajib meyakini rukun iman. Nah, salah satu rukun iman yang perlu diyakini yaitu iman kepada malaikat.

Percaya dan meyakini akan sosok yang diciptakan oleh Allah SWT meski tidak bisa dilihat secara kasat mata. Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang tercipta dari cahaya.

Berikut ini ada 10 nama malaikat dan tugasnya. Dengan mengetahuinya, anda akan meyakini dan percaya jika Allah memerintahkan malaikat untuk menjalankan tugasnya masing-masing.

1. Jibril

Nama malaikat beserta tugasnya dimulai dari Jibril. Malaikat memiliki nama Ar Ruh, Al Amin, dan Ruh Al Qudus. Salah satu tugasnya yaitu menyampaikan wahyu Allah SWT kepada para Rasul. Namun, sebenarnya tidak hanya tugas tersebut, Jibril juga mengajarkan agama melalui Nabi Muhammad SAW.

2. Mikail

Malaikat kedua yaitu Mikail dengan tugasnya menurunkan hujan. Tidak hanya itu saja, tugasnya juga menumbuhkan tumbuhan serta mengurus rezeki. Keberadaannya juga sudah tampak jelas pada Al Qur’an surat Al Baqarah: 98.

Isi dari ayat tersebut yaitu barangsiapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril, dan Mikail, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir.

3. Israfil

Nama malaikat beserta tugasnya yang ketiga yaitu Israfil. Tugas dari malaikat yang satu ini adalah meniup sangkakala saat hari kiamat kelak.

Hari yang mana perhitungan dan penyelesaian bagi umat manusia. Saat tiupan sangkakala pertama kali, semua makhluk yang hidup akan mati. Sedangkan untuk yang kedua semua makhluk yang mati akan bangun menunggu keadilan dari Allah SWT.

4. Izrail

Malaikat keempat bernama Izrail yang memiliki tugas untuk mencabut nyawa semua makhluk yang telah ditakdirkan untuk meninggal. Tidak ada satupun makhluk yang bisa menghindarinya. Sebab, takdir kematian tersebut akan tiba waktunya.

5. Munkar

Nama malaikat beserta tugasnya yang kelima yaitu Munkar. Tugasnya menanyakan amal saleh dan keimanan dalam alam kubur. Dalam kubur seseorang yang telah meninggal akan mendapat pertanyaan kesaksiannya tentang keesaan Allah SWT.

Bagi orang yang beriman akan mudah menjawabnya. Namun, sebaliknya bagi orang yang tidak beriman akan sulit bahkan tidak bisa menjawabnya.

6. Nakir

Malaikat Nakir memiliki tugas untuk bertanya dalam alam kubur akan perbuatan manusia selama hidup. Bersama malaikat Munkar, tugasnya akan dilaksanakan dalam alam kubur. Sehingga bagi siapa saja yang telah meninggal akan bertemu dengan kedua malaikat tersebut.

7. Raqib

Malaikat Raqib memiliki tugas untuk mencatat amal baik manusia selama hidup. Sehingga anda perlu tahu jika setiap tindakan yang dilakukan selama hidup akan selalu diawasi.

8. Atid

Sama seperti malaikat Raqib yang bertugas mencatat amal manusia selama hidup. Namun, bedanya jika tugas malaikat Atid yaitu mencatat amal buruk yang dilakukan manusia selama hidup.

9. Malik

Nama malaikat beserta tugasnya yang kesembilan yaitu Malik. Tugas dari malaikat yang satu ini yaitu menjaga pintu neraka. Bahkan ciri-cirinya sudah jelas dalam Al Qur’an surat At-Thamrin ayat: 6.

baca juga: Doa Naik Kendaraan, Baca Agar Mendapatkan Perlindungan Allah SWT

10. Ridwan

Malaikat terakhir yang wajib umat muslim ketahui yaitu Ridwan dengan tugasnya menjaga pintu surga. Surga menjadi salah satu tempat terindah untuk orang beriman dan beramal soleh.

10 nama malaikat beserta tugasnya tentu menjadi hal yang perlu umat Islam ketahui. Dengan mengetahuinya, anda akan merasa lebih percaya jika Allah SWT itu ada. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid