Obat Herbal Asam Lambung Paling Ampuh yang Bisa Dibuat Sendiri

obat herbal asam lambung
Pilihan obat herbal asam lambung terbaik. Foto: Ist/Net

Obat herbal asam lambung bisa menjadi pilihan yang mudah dan bisa anda buat sendiri. Ada beberapa pilihan yang ampuh untuk mengatasi gangguan asam lambung yang sering menyiksa. Dari kunyit, temu putih, dan lainnya.

Mengonsumsi tanaman berkhasiat obat merupakan praktik yang telah lama menjadi tradisi masyarakat kita. Obat herbal semacam ini bisa kita buat sendiri dengan bahan-bahan alami yang umumnya mudah kita dapatkan di sekitar kita.

Begitu juga untuk mengatasi gangguan asam lambung dapat Anda buat sendiri di rumah secara mudah. Obat herbal semacam ini dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang memiliki gangguan lambung atau penyakit maag.

Gangguan asam lambung bisa merupakan gejala yang umum terjadi pada penderita sakit maag maupun GERD. Tanda tersebut umumnya karena adanya peradangan ataupun lambung yang mengalami luka.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan gangguan ini. Seperti pola makan tidak teratur, sering makan makanan pedas, makanan dengan lemak tinggi, hingga karena tekanan stres.

Baca Juga: Buah untuk Asam Lambung yang Efektif, dari Pisang hingga Apel

Pilihan Obat Herbal Asam Lambung Terbaik

Mengonsumsi obat herbal asam lambung banyak menjadi pilihan orang. Hal ini karena lebih aman dan tidak ada efek samping yang berbahaya. Yuk langsung simak beberapa ramuan herbal untuk mengatasi gangguan asam lambung berikut ini.

Rimpang Kunyit

Tanaman herbal yang biasa menjadi bahan membuat jamu dan bumbu masakan ini nyatanya berkhasiat mengatasi asam lambung. Cara membuat ramuan herbal ini juga terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan rimpang kunyit secukupnya.

Setelah itu tumbuk kunyit hingga bubuk. Seduh 1/2 sendok teh kunyit bubuk menggunakan air hangat. Minum obat herbal kunyit ini saat Anda mengalami gangguan asam lambung. Namun sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Rimpang Temulawak

Pilihan obat herbal asam lambung selanjutnya adalah temulawak. Herbal ini cukup terkenal dapat memberikan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan herbal ini juga ampuh mengatasi gangguan asam lambung.

Cara membuatnya juga mudah. Siapkan temulawak, kencur, dan lengkuas sebanyak 30 gram. Kupas dan cuci sampai bersih. Siapkan juga gula aren, adas 1 sendok teh dan 4 butir kapulaga.

Geprek ketiga rempah utama tersebut lalu rebus bersama semua bahan lainnya dalam air sebanyak 600 ml sampai mendidih. Saring dan minum ramuannya secara berkala.

Temu Putih

Temu putih bermanfaat untuk meredakan asam lambung secara efektif. Bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat obat herbal asam lambung ini yaitu rimpang temu putih tujuh keping dan air secukupnya.  

Cuci bersih temu putih lalu seduh menggunakan air mendidih secukupnya. Minum obat herbal ini sekali dalam sehari selama 14 hari hingga sakitnya hilang. Perempuan hamil sebaiknya tidak meminum obat herbal ini.

Baca Juga: Makanan Penyebab Asam Lambung Naik yang Mesti Anda Hindari

Mentimun

Mentimun memiliki manfaat yang efektif untuk meredakan asam lambung.  Buah sayuran ini mengandung vitamin B, vitamin C, mineral, enzim pencernaan, karoten, asam amino, kalsium, fosfor, dan lain-lain.

Dua potong mentimun yang sudah Anda kupas dan buang bijinya dapat menjadi santapan ampuh mengatasi gangguan asam lambung. Makan mentimun setiap dua jam sekali.

Buah Pepaya

Obat herbal asam lambung selanjutnya yang ampuh adalah buah pepaya. Selain kaya serat, buah ini juga mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk meredakan gejala asam lambung.

Anda dapat membuat jus buah pepaya secukupnya untuk meredakan gangguan asam lambung. Jika tak ingin repot, konsumsi dalam bentuk segar juga lebih nikmat.

Biji Pala dan Pisang Batu

Rempah yang satu ini memang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Pala juga dapat menjadi obat herbal asam lambung yang berkhasiat untuk menghentikan mual dan muntah.

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah serbuk biji pala 1 gram, serbuk pisang batu 6 gram dan air 100 ml. Seduh serbuk biji pala dan serbuk pisang batu memakai air hangat.

Setelah itu tinggal minum air seduhannya satu kali dalam sehari hingga sakit mereda. Cukup praktis bukan?

Itulah berbagai jenis obat herbal asam lambung yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pilih yang mudah Anda dapatkan dan mengolahnya. Untuk hasil optimal sebaiknya barengi dengan menjaga pola makan teratur dan memulai hidup sehat. (R11/HR Online)

Editor: Jujang