Obat Herbal Penurun Kolesterol yang Ampuh Mencegah Kardiovaskuler

obat herbal penurun kolesterol
Pilihan obat herbal penurun kolesterol. Foto: Ist/Net

Mengonsumsi obat herbal penurun kolesterol merupakan alternatif terbaik untuk mencegah penyakit berbahaya. Ada beberapa pilihan herbal untuk kolesterol ini, seperti bawang putih, seledri, hingga kacang kedelai.

Kolesterol merupakan zat berupa lemak yang diproduksi oleh organ hati. Lemak ini sebenarnya berguna karena memiliki beberapa fungsi penting untuk tubuh. Seperti untuk memproduksi beberapa jenis hormon, membentuk sel sehat, dan menghasilkan vitamin D.

Selain berasal dari hasil kerja hati, kolesterol juga bisa masuk ke dalam tubuh dari makanan yang kita konsumsi. Kolesterol ini akan berbahaya dan menjadi ancaman untuk kesehatan jika kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi.

Penumpukan kolesterol dalam tubuh inilah yang bisa memicu berbagai penyakit berbahaya. Gangguan dan penyakit kardiovaskuler merupakan ancaman akibat penumpukan lemak yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Baca Juga: Herbal untuk Jantung Terbaik, dari Kedelai hingga Paprika

Daftar Obat Herbal Penurun Kolesterol Terbaik

Menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh sangat penting. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi obat herbal penurun kolesterol. Berikut ini daftar herbal terbaik untuk mengontrol lemak tubuh.

Bawang Putih

Tanaman bawang putih tidak hanya biasa kita gunakan sebagai bumbu masak tetapi juga berkhasiat sebagai obat herbal. Rimpang ini cukup efektif untuk mengatasi masalah kolesterol.

Cara menurunkan kolesterol dengan menggunakan bahan ini adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk segar. Makan saja sebanyak tiga hingga empat siung setiap hari.

Dalam mengkonsumsi rimpang ini jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup. Hal ini penting agar terhindar dari dehidrasi karena zat diuretik dari herbal yang satu ini.

Biji Ketumbar

Alternatif obat herbal penurun kolesterol yang juga ampuh adalah biji ketumbar. Bumbu dapur ini juga mengandung berbagai zat asam, seperti asam askorbat, asam palmitat, asam oleat, dan asam linoleat.

Senyawa kimiawi ini berguna untuk membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Bahan ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa mengganggu jenis kolesterol yang baik.

Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk biji ketumbar sebanyak kurang lebih dua sendok teh. Setelah itu campurkanlah dalam secangkir air dan rebus hingga mendidih. Lalu saring dan minum airnya dua kali sehari.

Daun Salam

Selain untuk menambah cita rasa masakan, daun salam juga merupakan obat herbal penurun kolesterol yang berkhasiat. Kandungan fitokimia dalam herbal ini mampu mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol.

Untuk cara menggunakannya adalah dengan merebus 10 hingga 15 lembar daun salam bersama 3 gelas air. Setelah mendidih lalu saring dan minum airnya. Selain berkhasiat mengatasi kolesterol, daun salam juga baik meredakan asam urat.

Baca Juga: Herbal untuk Ginjal yang Berkhasiat, dari Lemon hingga Kacang Merah

Rimpang Kunyit

Kunyit mempunyai warna kuning yang mengandung kurkumin. Masakan yang menggunakan kunyit juga sangat bagus untuk penderita kolesterol berlebih karena kunyit bisa menekan adanya pengaruh buruk lemak jahat.

Kandungan dalam daun salam juga berkhasiat untuk menguras asam pada empedu. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mencampurkan kunyit dalam masakan seperti makanan yang bersantan.

Seledri

Sayuran seledri ternyata juga bisa menjadi obat herbal penurun kolesterol. Herbal ini juga terkenal karena ampuh dalam membantu mengontrol hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hal tersebut karena sayuran ini mengandung ekstrak heksana, etanol, dan methanol yang juga bisa menangani peradangan pembuluh darah.

Cara mengatasi kolesterol dengan bahan ini adalah menjadikannya sebagai jus. Minum saja sebanyak satu gelas dalam satu hari secara rutin untuk hal yang optimal.

Kedelai

Kacang kedelai mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Makanan ini mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi seperti kalsium. Kandungan kalsium tersebut bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain kalsium, kedelai juga mengandung isoflavon yang cukup tinggi pula. Senyawa ini berguna dalam membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Untuk mengonsumsi kedelai Anda bisa membuatnya menjadi berbagai olahan. Seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan sebagainya. Mengonsumsi olahan kedelai tidak hanya membuat kadar kolesterol jahat menurun tetapi juga menjaga agar kadarnya tidak kembali tinggi.

Demikian berbagai pilihan obat herbal penurun kolesterol yang sangat berkhasiat. Pilih dan sesuaikan beragam herbal tersebut sesuai kebutuhan selera. Mengonsumsinya secara rutin efektif untuk menjaga kadar kolesterol tubuh. (R11/HR Online)

Editor: Jujang