Pantangan Batu Empedu yang Wajib Diwaspadai Bagi Penderita

pantangan batu empedu
Makanan pantangan batu empedu. Foto: Ist/Net

Ada banyak pantangan batu empedu yang wajib Anda waspadai. Utamanya makanan yang berlemak dan mengandung kolesterol tinggi harus kita hindari. Begitu juga berbagai jenis makanan atau minuman olahan dan kemasan.

Batu empedu, menurut Wikipedia, merupakan suatu padatan yang terbentuk dalam saluran atau kantung empedu. Kondisi ini menyebabkan terhambatnya perjalanan empedu ke arah usus dan memicu timbulnya  rasa nyeri, mual, kembung, sakit perut, dan muntah.

Kantung empedu merupakan organ yang terletak pada bagian belakang hati dan berfungsi menampung cairan empedu yang dihasilkan oleh hati. Ketika makanan masuk ke usus, kantung empedu membantu usus memproses makan dengan mengirimkan cairan empedu.

Jika timbul batu empedu, maka proses tersebut akan terganggu. Sedangkan untuk menghilangkan atau mengobati batu empedu bisa dengan berbagai cara. Baik dengan sinar laser, operasi pengangkatan, maupun dengan obat.

Orang yang memiliki batu empedu harus memperhatikan berbagai pantangan batu empedu yang ada. Pantangan bisa berupa beragam jenis makanan, minum, dan segala yang bisa memperparah batu empedu yang mengendap dalam tubuh.

Jika kita tidak memperhatikan pantangan tersebut akibatnya akan bisa menyebabkan kondisi menjadi semakin parah. Itulah mengapa penderita gangguan empedu harus memperhatikan pantangan-pantangan yang ada.

Untuk penderita yang kondisinya sudah cukup parah, rasa sakit makin terasa pada bagian perut sebelah kanan. Begitu juga warna mata akan berubah menjadi kuning yang mengindikasikan perlunya segera berobat ke dokter.

Baca Juga: Makanan Penyebab Batu Empedu yang Wajib Dihindari

Ini Daftar Pantangan Batu Empedu yang Wajib Anda Hindari

Munculnya batu empedu sangat berisiko timbulnya berbagai gangguan penyakit lainnya. Karena itu orang yang mengalami kondisi ini membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat.

Sebelum mendapatkan pengobatan, penderita perlu mengetahui beberapa pantangan batu empedu yang sebaiknya Anda hindar. Ini penting agar kondisinya tidak semakin parah. Yuk simak saja daftarnya berikut ini.

Hindari Makanan dengan Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah mimpi buruk bagi tubuh yang memiliki batu empedu. Semakin banyak kolesterol yang tersalurkan dan masuk ke dalam tubuh, maka semakin membuat batu empedu dalam tubuh menjadi makin besar.

Besarnya batu empedu menyebabkan terhambatnya pencernaan ketika makanan sampai ke usus. Kondisi ini akan menyebabkan nutrisi yang terserap tubuh juga tidak optimal. Perut juga akan mengalami kesakitan karena batu yang mengganjal kantung empedu.

Sebagai ganti pantangan batu empedu itu Anda bisa mengonsumsi sayur-sayuran. Anda bisa mencampurkan sayuran itu dengan minyak zaitun dan minyak ikan. Kedua jenis minyak tersebut berguna membantu pengosongan kantung empedu secara berkala.

Dengan berbagai manfaat tersebut membuat sayuran beserta minyak ikan dan minyak zaitun merupakan makanan yang aman dikonsumsi para penderita batu empedu.

Makanan Berlemak

Makanan berlemak, terutama daging dengan lemak tinggi juga merupakan pantangan yang wajib Anda hindari. Pasalnya, makanan berlemak tersebut dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu dan memperparah kondisi yang ada.

Dampak akibat mengonsumsi makanan pantangan batu empedu ini akan membuat luka yang menganga. Makanan berlemak ibarat benda tajam untuk kantung empedu yang sudah memiliki batu empedu yang mengendap.

Sebagai ganti untuk daging, Anda bisa mengonsumsi ikan atau daging ayam tanpa kulit. Kedua jenis daging rendah lemak ini masih aman dan baik untuk penderita gangguan empedu.

Baca Juga: Kenali Gejala Batu Empedu Sejak Dini Sebelum Menimbulkan Komplikasi

Kue Manis dan Minuman Berkarbonasi

Selain daging, pantangan batu empedu lainnya adalah gula, minuman berkarbonasi, dan kue. Es krim dan keju juga terbukti bisa memperparah gejala batu empedu. Karena itu sebaiknya jauhi dan hindari berbagai makanan tersebut.

Untuk mengganti makanan atau minuman bergula, cobalah untuk mengonsumsi olahan oat dengan madu. Makanan ini tidak akan memperparah kondisi batu dalam kantung empedu.

Hindari Makanan Olahan

Untuk Anda yang memiliki batu empedu sebaiknya juga menghindari mengonsumsi sosis atau nuget. Makanan olahan semacam ini mengandung banyak lemak jenuh. Lemak tersebut dapat memperparah kondisi kantung empedu dan memperbesar batu empedu yang ada.

Sebagai gantinya Anda sebaiknya justru memperbanyak konsumsi sayuran secara rutin. Namun tak semua jenis sayuran baik untuk empedu. Hindari jenis sayuran yang memiliki unsur gas tinggi seperti brokoli.

Itulah berbagai pantangan batu empedu yang wajib Anda perhatikan. Menghindari makanan pantangan berguna menstabilkan kondisi. Untuk penanganan yang lebih efektif sebaiknya segera periksakan ke dokter. (R11/HR Online)

Editor: Jujang