Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Utama bagi Perusahaan

pelatihan dan pengembangan sdm
Pentingnya pelatihan dan pengembangan sdm untuk usaha. Foto: Ist/Net

Pelatihan dan pengembangan SDM sangat penting dalam meningkatkan kualitas karyawan. Dengan melakukan pengembangan SDM secara terprogram sangat berguna untuk membantu menjaga eksistensi dan kemajuan perusahaan.

Keberhasilan sebuah perusahaan sangat tergantung dari sumber daya manusia (SDM) yang hebat dan berkualitas. Terlebih lagi pada masa sekarang ini dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat tentunya membutuhkan kapasitas yang tinggi.

Meningkatkan produktivitas DM dari para karyawannya yang terus Anda lakukan akan membuat perusahaan akan mampu bersiang dengan perusahaan lain. Bahkan buka mustahil justru akan terus berkembang dan mendahului para pesaing lainnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut sangat penting melakukan pelatihan dan pengembangan SDM demi meningkatkan kualitas dari para karyawan. Jika karyawan memiliki kualitas yang baik, tentunya berbagai tantangan yang menjadi halangan perusahaan bisa diatasi dengan baik.

Ini 7 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Penting

Memberikan training bagi karyawan perlu melalui program yang terencana dan secara berkala. Ini sangat berguna dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari para karyawannya untuk kemajuan perusahaan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa-apa saja jenis pelatihan yang penting dalam mengembangkan kualitas SDM karyawannya, berikut ini daftarnya. Setidaknya ada 7 jenis training yang sering dilakukan perusahaan.

Baca Juga: Strategi Memulai Usaha Jasa Desain Grafis untuk Pemula

Skill Training (Pelatihan Keahlian)

Salah satu jenis pelatihan yang penting adalah dalam bidang skill training. Jenis pelatihan ini memang banyak perusahaan yang melakukannya untuk mengetahui kebutuhan atau kekurangan yang ada.

Selanjutnya perusahaan bisa mengidentifikasi melalui penilaian yang teliti. Jenis training ini juga sangat berguna untuk meningkatkan persaingan antar karyawan sehingga prestasi kerjanya akan lebih meningkat.

Retraining (Pelatihan Ulang)

Pelatihan ulang atau retraining juga merupakan jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang penting. Training ini berfungsi melatih kembali keahlian karyawan agar selalu up to date dengan tuntutan yang ada.

Dengan pelatihan ini, perusahaan berharap karyawan siap menghadapi tuntutan kerja yang selalu berubah-ubah. Karyawan juga akan lebih mampu dan percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Language Training

Penguasaan bahasa asing sangat penting dalam perkembangan perusahaan ke depannya. Apalagi jika perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan menjalin hubungan kerja sama dengan pihak atau perusahaan asing.

Tanpa penguasaan bahasa asing yang baik tentu perusahaan akan kesulitan berkomunikasi dengan pihak atau perusahaan asing tersebut. Dengan memberikan pelatihan dalam bahasa asing berguna agar karyawan tidak kesulitan dalam berkomunikasi sehingga menjadi nilai tambah.

Baca Juga: Strategi Pengembangan Usaha Inovatif untuk Meraih Sukses

Cross Functional Training

Jenis training ini merupakan pelatihan dan pengembangan SDM yang melibatkan karyawan untuk melakukan aktivitas kerja pada bidang yang berbeda dari pekerjaan yang menjadi tugasnya.

Tujuan yang menjadi target dalam pelatihan ini adalah peningkatan sinergitas dan komunikasi antara fungsional dari bagian yang satu dengan yang lainnya. Ini terutama jika karyawan terbatas jumlahnya.

Technology Training

Umumnya perusahaan membutuhkan teknologi dalam bidang tertentu. Sebut saja seperti teknologi dalam bidang digital marketing, administrasi terintegrasi, sistem pembayaran online, developer, dan sebagainya.

Tanpa penguasaan teknologi yang memadai, tentu hasil pekerjaan pada bidang yang membutuhkan teknologi tersebut kurang maksimal. Dengan adanya pelatihan teknologi, peningkatan produktivitas dan keahlian karyawan bisa lebih tercapai.

Team Training (Pelatihan Tim)

Jenis pelatihan ini merupakan bentuk pelatihan dan pengembangan SDM untuk membangun kerja sama pada sekelompok individu tertentu. Training semacam ini terutama agar dalam menyelesaikan pekerjaan bisa mencapai target bersama dalam sebuah tim kerja.

Biasanya pelatihan tim atau Team Training pelaksanannya secara outdoor dengan cara menerapkan jenis-jenis permainan tertentu. Tapi terkadang juga pelatihan semacam ini dilakukan dalam lingkungan kantor.

Creativity Training

Jenis pelatihan kreativitas atau creativity training umumnya dilakukan dengan cara memberikan kebebasan dalam menyampaikan gagasan berdasarkan pada nilai rasional.

Gagasan tersebut nantinya akan menjadi bahan bagi perusahaan dalam mengembangkannya untuk meraih peningkatan dan kemajuan. Training ini umumnya penting bagi perusahaan yang bergerak dalam pengembangan produk.

Demikianlah beberapa jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang populer dan penting bagi setiap perusahaan. Dengan kualitas SDM yang semakin meningkat tentunya akan membuat perusahaan menjadi semakin maju dan berkembang. (R11/HR Online)

Editor: Jujang