Pemdes di Ciamis Ini Minta Seluruh Komponen Motivasi Pasien Covid-19

Pemdes di Ciamis
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Masih minimnya pemahaman masyarakat terkait covid-19, Pemdes Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, meminta agar seluruh komponen terlibat dalam penanganan virus corona.

Kasi Pelayanan Desa Gereba, Usman Alin, membenarkan kondisi tersebut, terlebih berkaitan dengan orang yang pernah terpapar covid-19 kerap mendapatkan stigma yang berdampak pada psikologis.

“Memang kita harus bersama-sama selain melakukan upaya pencegahan dan penanganan, juga harus bisa memberikan motivasi, baik yang terpapar maupun lingkungannya. Apalagi masih ada yang menganggap itu aib,” kata Usman, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Pemkab Ciamis Diminta Tata TPU Khusus Covid-19

Menurutnya, siapapun dan di mana pun yang terlibat dalam penangan pandemi ini juga harus bertanggungjawab memberikan motivasi agar orang yang terpapar, keluarga serta masyarakat bahwa covid-19 itu bukan aib.

Selain itu, kata Usman, komunikasi intens dari satgas dan PKM sangat perlu agar para pasien merasa tidak terasingkan sehingga proses pemulihannya lebih cepat.

“Pasien yang mendapatkan perawatan dan isolasi mandiri sebetulnya butuh bantuan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari dan itu harapannya pemerintah yang menanggung. Jadi, yang terdampak dapat bantuan, sedangkan yang terpapar malah tidak, itu yang tidak kita harapkan,” pungkasnya. (Eji/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

Aegis Boost Pro