Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita CiamisPemdes Pusakasari Ciamis Mulai Rintis Obwis Tepis Wiring Karag Pusaka

Pemdes Pusakasari Ciamis Mulai Rintis Obwis Tepis Wiring Karag Pusaka

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Desa Pusakasari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai merintis pembangunan objek wisata (obwis) Tepis Wiring Karag Pusaka.

Kepala Desa Pusakasari, Nanang, mengatakan, objek wisata Tepis Wiring Karag Pusaka tersebut sebagai upaya guna terwujudnya pendayagunaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

“Desa Pusakasari memiliki salah satu embrio wisata, yaitu Tepis Wiring Karag Pusaka. Namun, belum diolah secara maksimal, karena terbatasnya sarana dan prasarana,” katanya kepada HR Online, Sabtu (23/1/2021).

Oleh karena itu, lanjutnya, melihat adanya potensi tersebut, maka kelompok sadar wisata Desa Pusakasari, berkeinginan untuk mengelolanya secara maksimal.

“Dengan mengelola potensi alam yang ada secara maksimal, harapan kedepannya Tepis Wiring Karag Pusaka ini menjadi salah satu kawasan tujuan wisata yang ada di Ciamis utara,” imbuhnya. 

Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut, sambungnya, masyarakat pun mulai bergotong royong menata kawasan. Bahkan, dukungan dan antusias masyarakat sangat tinggi.

“Sebab, mereka meyakini jika obwis Tepis wiring Karag Pusaka bisa terwujud, akan ada peluang pendapatan. Mengingat sebagian besar masyarakat sini bekerja sebagai petani,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kecamatan Cipaku, Yayan, mengatakan, bahwa Desa Pusakasari berencana membangun obwis Tepis wiring Karag Pusaka, yang merupakan wisata edukasi dan buah.

Tentunya Yayan sangat mendukung dengan rencana tersebut. Pasalnya, sesuai dengan RPJMD Kabupaten Ciamis, bahwa desa diharapkan dapat menggali potensi wilayahnya. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan obwis yang dapat memberi manfaat dan menjadi salah satu pendapatan desa.

“Mudah-mudahan saja bisa segera terwujud, dengan berbagai sinergi kerjasama dukungan masyarakat, pemerintah desa dan Pemkab Ciamis,” singkatnya. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img