Pemerintah Desa Indragiri Ciamis Tebang Pohon Tua Antisipasi Bencana

Pemerintah Desa Indragiri Ciamis Tebang Pohon
Pemerintah Desa Indragiri Ciamis Tebang Pohon Antisipasi Bencana saat Hujan Deras, Selasa (19/1/2021). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pemerintah Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tebang sejumlah pohon berusia tua dan rawan tumbang, Selasa (19/1/2021). Tujuannya untuk mengurangi risiko bencana saat musim hujan dan angin kencang.

Kasi Pemerintahan Desa Indragiri Deni Herdiana mengatakan pihaknya melakukan penebangan pohon yang berada pada permukiman penduduk. Warga pun sepakat untuk menebang pohon yang membahayakan terutama saat hujan deras.

“Bila terjadi hujan deras dengan angin kencang berpotensi membahayakan bagi warga sekitar. Prioritas penebangan pohon untuk pepohonan berusia tua dan rawan tumbang,” Ujar, Deni Herdiana.

Deni menjelaskan gerakan penebangan pohon ini atas permintaan masyarakat yang takut rumahnya tertimpa pohon. Selama musim hujan ini banyak kejadian rumah warga tertimpa pohon setelah diterjang angin di beberapa daerah.

Deni menambahkan selain melakukan penebangan pohon, Pemerintah Desa Indragiri  selalu mengingatkan agar masyarakat selalu waspada terhadap pergerakan tanah/ longsor.  Apabila kondisi rumah ataupun dekat dengan tebing yang rawan longsor sebaiknya segera mengungsi untuk meminimalisir korban.

“Selain topografi perbukitan untuk wilayah Indragiri, juga pergerakan tanah susulan pun sewaktu-waktu bisa saja terjadi,” Pungkasnya.

Herdiyanto, masyarakat setempat, membenarkan jika masyarakat meminta kepada Pemerintah Desa Indragiri untuk melakukan penebangan pohon yang berpotensi akan membahayakan.

“Masyarakat takut tertimpa pohon, terlebih, musim penghujan saat ini selalu ada angin kencang,  dan sangat membahayakan,” Jelasnya. (Edji/R9/HR-Online)

Editor: Dadang