Pemkab Ciamis Diminta Tata TPU Khusus Covid-19

Pemkab Ciamis Diminta Tata TPU Khusus Covid-19
TPU khusus pasien Covid-19. Foto:ist/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Komisi D DPRD Kabupaten Ciamis, meninjau langsung Tempat Pemakaman Umum atau TPU khusus pasien covid-19 di bilangan perkebunan Maloya, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg.

“Ada sekitar lima hektar lahan yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk TPU khusus orang yang meninggal karena covid-19. Dan sekarang TPU sudah digunakan,” ungkap Sarif Sutiarsa, Ketua Komisi D DPRD Ciamis, Selasa (12/1/2021).

Sarif mengatakan, lokasi tersebut harus segera ditata sebaik mungkin oleh pihak Pemerintah Ciamis. Karena kini digunakan oleh dua kalangan, yaitu muslim dan non muslim.

Dengan begitu, setiap penguburan yang dilakukan oleh tim satgas covid-19 bisa dengan mudah. Karena sekarang, lokasinya masih gambut.

“Ini merupakan lokasi yang strategis sebagai TPU khusus penanganan covid-19. Tapi perlu ada penataan kembali karena saat ini tanahnya masih berbentuk tebing yang landai yang masih ditanami singkong oleh warga,” katanya.

Menurut Sarif, sudah sekitar enam tahun lebih pihaknya menyarankan lokasi tersebut untuk TPU. Dan baru sekarang bisa digunakan sebagai TPU khusus.

Namun sekarang dibagi dua lokasi, satu untuk pemakaman muslim dan satu lokasi lagi bagi non-muslim.

“Kami (Komisi D DPRD Ciamis) akan terus mendorong pihak pemerintah supaya segera melakukan penataan area makam, terutama masalah akses jalan masuk ke lokasi dari jalan utama,” katanya.

Sehingga, kata Sarif, ketika ada jenazah covid-19 yang harus segera dikuburkan, kapanpun waktunya bisa dengan mudah dan cepat apabila akses jalan masuk ke lokasi TPU sudah ada.

Dan tentunya hal itu menjadi penunjang pelaksanaan penanganan Covid-19.

“Karena TPU sekarang sudah digunakan, maka penataan pun harus segera dilakukan,” katanya. (es/Koran HR)