Pemkot Banjar Akan Siapkan Tempat Isolasi Terpusat Pasien Covid-19

Pemkot Banjar Akan Siapkan Tempat Isolasi Terpusat
Tempat tidur di ruangan isolasi RS Asih Husada Langensari, Kota Banjar. Karena penuh maka Pemkot Banjar menyiapkan Sport Center sebagai tempat isolasi terpusat. Foto : Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar, Jawa Barat, rencananya akan menyiapkan tempat isolasi terpusat.

Langkah tersebut diambil Pemkot Banjar karena ruang isolasi di Rumah Sakit Asih Husada selalu penuh. Hal tersebut seiring dengan terus meningkatnya dan bertambahnya kasus terkonfirmasi aktif Covid-19.

“Ya, untuk tempat isolasi terpusat sebagaimana kita lihat kabupaten atau kota tetangga, sudah menyiapkan. Maka kami juga dari Satgas Covid-19 Kota Banjar, siap-siap akan mulai dan menyiapkan hal seperti itu,” ucap Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar, Agus Nugraha, lewat pesan singkat Whatsapp, Senin (18/1/2021).

Sport Center Langensari Kota Banjar Jadi Tempat Isolasi Terpusat

Lebih lanjut Agus mengatakan, bahwa pihaknya tengah menyiapkan Sport Center Langensari untuk menjadi tempat isolasi terpusat.

“Mudah-mudahan minggu ini dapat terlaksana dan terealisasi. Dan semoga tidak ada hambatan yang berarti,” katanya.

Agus mengungkapkan, bahwa tempat isolasi terpusat saat ini memang sangat dibutuhkan. Karena, hampir setiap hari selalu ada penambahan kasus baru Corona di Kota Banjar.

“Bahkan, hari ini saja (Senin, 18/1/2021), ada 13 penambahan baru untuk kasus Covid-19 ini, yang mayoritas dari kontak erat. Sedangkan sisanya adanya kasus suspek, surveilans ILI, dan RDT positif,” ungkapnya.

Adapun 13 kasus baru hari ini antara lain Y (74) asal Langensari, AS (55) asal Parung Lesang, HF (30) warga Bojong Kantong. Kemudian, TK (29) warga Batulawang, AR (11) asal Balokang dan HS (34) dari Balokang.

Selanjutnya, AM (6) dari Balokang, NE (30) asal Jajawar, E (47) Sinartanjung, ES (5) Purwaharja. Lalu MN (1) warga Purwaharja, NA (29) Purwaharja, FR (27) dari Bojong Kantong.

Sehingga, dengan bertambahnya 13 orang tersebut, maka kini kasus terkonfirmasi aktif Covid-19 mencapai 165 orang. Sedangkan yang meninggal dunia mencapai 13 orang.

“Selain pasien positif bertambah, untuk yang sembuh atau selesai menjalani isolasi hati ini juga bertambah 1 orang. Sehingga yang sembuh sebanyak 318 orang,” ucapnya.

Per Hari Ini 39 Orang Jalani Isolasi Mandiri

Agus menambahkan, per hari ini sebanyak 39 orang menjalani isolasi mandiri. Hal tersebut karena Rumah Sakit Asih Husada masih penuh oleh yang sedang menjalani karantina.

“Oleh karena itu, mudah-mudahan Sport Center Langensari yang kami persiapkan untuk tempat isolasi terpusat bisa terealisasi secepatnya dan tanpa ada kendala,” pungkasnya. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto