Pemprov Jabar Bantu Daerah Dalam Proses Persiapan Vaksinasi Covid-19

Persiapan Vaksinasi Covid-19
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau penyimpanan vaksin dalam rangka persiapan vaksinasi Covid-19. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar membantu daerah dalam proses persiapan vaksinasi Covid-19. Mulai dari logistik hingga kesiapan sumber daya manusia atau tenaga kesehatan vaksinator.

Panji Fortuna Hadisoemarto, Koordinator Sub Divisi Imunisasi Satgas Covid-19 Jabar, menyatakan bantuan tersebut untuk mendorong agar daerah melaksanakan vaksinasi.

“Kami fasilitasi pelatihan vaksinator sampai akhir Januari dengan meningkatkan kapasitas. Mulai dari SDM hingga logistik,” jelas Panji, Kamis (7/1/2021).

Pemprov Jabar segera melakukan pelatihan untuk 11 ribu vaksinator pada Januari 2021 ini. Petugas vaksinasi rumah sakit TNI/Polri, klinik dan pelatihan dokter pun telah melakukannya. Juga terhadap seluruh rumah sakit daerah dari 27 kota/kabupaten. Hal ini sebagai upaya mendorong daerah sebagai  persiapan vaksinasi Covid-19.

“Pemerintah daerah pun bisa melaksanakan simulasi proses vaksinasi atau penyuntikan vaksin Covid-19,” terang Panji.

Provinsi Jawa Barat mendapat 97.080 doses dalam dua tahap pendistribusian. Pada tahap I mendapat 38.400 dosis. Dan tahap II mendapat 58.680 dosis.

Dalam persiapan vaksinasi Covid-19, Pemprov Jabar memiliki 161.242 sasaran Nakes dari 27 kabupaten/kota untuk vaksinasi. Jumlah tersebut bisa bertambah dari pegawai kesehatan lainnya dari fasilitas pelayanan kesehatan.

Pemprov jabar telah siap melaksanakan vaksinasi. Meski ada beberapa hal yang perlu perbaikan dari mulainya vaksinasi sampai vaksinasi selesai hingga menyempurnakannya.

Dari persiapan logistik vaksinasi Covid-19, Pemprov Jabar telah menyiapkan cold chain, alat pemantau suhu, cold room, cold box, vaccine carrier dan kendaraan pendingin. (Dadang/R9/HR-Online)  

Editor: Dadang