Pencegahan Penyakit Usus Buntu untuk Mengurangi Resiko Terserang

Pencegahan Penyakit Usus Buntu, Mengurangi Resiko Terserang
Ilustrasi Pencegahan Penyakit Usus Buntu. Foto: tophealthfix.com

Pencegahan penyakit usus buntu dapat membantu anda meringankan resiko terkena. Ada banyak cara untuk mencegah agar tidak terkena resiko penyakit tersebut.

Usus buntu menjadi salah satu penyakit yang banyak sekali menyerang sebagian besar orang. Penyakit yang satu ini menyerang saluran pencernaan yang cukup beresiko.

Bahaya dari usus buntu itu sendiri terasa pada bagian perut sebelah kanan. Sehingga ketika perut bawah bagian kanan terasa nyeri, bisa jadi awal gejala yang ada.

Penyakit yang satu ini bisa tergolong parah karena perlu dilakukan operasi untuk mengobatinya. Operasi pengangkatan yang ada justru mampu berpengaruh pada kondisi kesehatan.

Sebaiknya segera bawa ke dokter jika sudah merasakan gejala yang terjadi. Operasi pengangkatan usus buntu bisa menimbulkan terjadinya komplikasi.

Pencegahan usus buntu menjadi salah satu cara agar hal ini tidak terjadi. Cara yang dilakukan ini bisa membantu mengurangi resiko terserang penyakit tersebut.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Gondok, Gejala dan Cara Mengatasinya

Cara Pencegahan Penyakit Usus Buntu

Sebagian besar orang tentu sudah sering mendengar yang namanya jenis penyakit yang satu ini. Sebab, tidak sedikit orang Indonesia yang terserang usus buntu.

Usus buntu itu sendiri merupakan suatu organ kecil yang terdapat pada ujung usus besar. Organ yang satu ini sering mengalami penyumbatan atau infeksi.

Masalah yang sering terjadi tersebut dikenal dengan nama radang usus buntu atau apendistis. Sebenarnya pencegahan yang bisa anda lakukan tidak ada.

Namun, ada beberapa cara yang dapat mengurangi resiko terjadinya usus buntu. Bagi anda yang kurang faham akan hal tersebut, berikut ini ulasannya secara lengkap.

1. Makan Berserat

Cara pencegahan penyakit usus buntu yang pertama yaitu dengan konsumsi makanan berserat. Hal ini dipercaya mampu mengatasi hal tersebut.

Hal ini terjadi ketika terdapat penumpukan feses yang mengeras. Serat juga bisa membantu mengurangi resiko yang terjadi. Jika anda takut memakannya, sebaiknya anda merubahnya dengan konsumsi makanan berserat tinggi.

Baca Juga : Gejala Penyakit Muntaber pada Anak, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

2. Konsumsi Makanan Prebiotik

Ada pencegahan yang bisa anda lakukan dengan mudah. Dengan konsumsi makanan yang satu ini, mampu menurunkan resiko yang ada.

Misalnya dengan konsumsi makanan pencegah penyakit usus buntu. Seperti yogurt, tempe, dan kimchi. Meski bukan menjadi sarana mencegah secara langsung yang pas, namun mampu mengurangi resiko terserang.

Selain itu, makanan prebiotik dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi makanan dengan baik dan tepat.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Dengan pencegahan penyakit usus buntu, maka anda juga bisa membuat tubuh lebih baik. Caranya dengan minum air putih secara cukup.

Dengan anda minum banyak air, maka cairan dalam tubuh membantu terjadinya dehidrasi. Selain itu, kinerja usus pun akan lebih maksimal. Bahkan serat makanan berfungsi dengan baik di usus.

Tidak hanya itu saja, air juga berfungsi membuat makanan dalam tubuh bisa dicerna dengan maksimal dan lancar. Namun, jika konsumsi air berkurang, justru tubuh akan mengalami dehidrasi.

Sehingga usus akan menyerap cairan dari feses untuk menjaganya agar tidak dehidrasi. Hal inilah yang mengakibatkan anda akan merasa sakit ketika buang air besar.

Pastikan anda terus menjaga asupan air dalam tubuh demi kelangsungan proses cerna. Cukupi asupan cairan untuk kesehatan tubuh, terutama pencernaan.

Baca Juga : Mengenal Gejala Kanker Usus yang Jarang Disadari, Deteksi Sejak Dini!

4. Makan dengan Tenang

Selain jenis makanan yang baik anda konsumsi, sebenarnya anda juga perlu tahu pencegahan penyakit usus buntu. Salah satu cara makan yang tepat untuk mengurangi resiko terkena penyakit tersebut.

Caranya yaitu fokus saat makan atau makan dengan tenang. Sebaiknya pusatkan konsentrasi pada sebuah makanan. Dengan fokus, tentu bisa mengunyahnya secara lembut.

Selain itu, anda akan menyingkirkan biji yang ada dalam mulut. Maka dari itu, sebaiknya anda bisa lebih fokus dan jangan melakukan berbagai aktivitas.

Ada banyak pencegahan yang bisa anda lakukan. Namun, semua itu bisa anda lakukan sendiri dengan mudah. Jangan pernah takut akan hal-hal yang terjadi.

Sebaiknya anda melakukan pencegahan penyakit usus buntu agar bisa mengurangi resiko penyakit yang ada. Hal ini bertujuan agar anda bisa melakukan pencegahan dari aktivitas dengan banyak cara. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah