Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita BanjarPenerima Vaksin Covid-19 Pertama di Kota Banjar, Dinkes; 10 Publik Figur

Penerima Vaksin Covid-19 Pertama di Kota Banjar, Dinkes; 10 Publik Figur

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Penerima vaksin Covid-19 pertama di Kota Banjar, Jawa Barat, sudah dirilis oleh Dinas Kesehatan Kota Banjar. Ada 10 daftar sosok publik figur yang akan menjadi simbolis sebagai orang pertama penerima suntik vaksin Sinovac.

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Kota Banjar, dr. Andi Bastian, kepada awak media, Selasa (19/01/2021). Ia menyebutkan, 10 simbolis itu diambil dari berbagai unsur yang meliputi Kepala Daerah, Sekretaris Daerah (Sekda), Forkopimda yang terdiri dari unsur Ketua DPRD, Kejaksaan, Kepolisian dan TNI.

Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan, perwakilan tokoh agama (toga), tokoh masyarakat, serta perwakilan dari kalangan pemuda atau pengusaha.

“Untuk kepastian orang atau nama pejabat yang akan direkomendasikan sebagai penerima vaksin Covid-19 pertama, kami harus menunggu koordinasi dengan Tim Satgas,” kata dr. Andi Bastian.

Koordinasi tersebut perlu pihaknya lakukan, karena mereka yang akan menjadi simbolis harus betul-betul memenuhi kriteria persyaratan sesuai ketentuan berdasarkan ketentuan medis.

Kriteria persyaratannya yaitu, orang atau pejabat yang akan menerima suntik vaksin tidak memiliki komorbid, dan tidak melebihi batas usia (layak vaksin).

“Untuk walikota sudah tidak bisa karena memang faktor usia. Yang jelas, siapapun yang akan direkomendasikan harus memenuhi persyaratan,” tandasnya.

Adapun terkait pelaksanaan vaksinasi itu, lanjut Bastian, pihaknya belum bisa memastikan kapan jadwal pelaksanaannya. Namun, rencananya paling cepat akan mulai pada tanggal 25 Januari, dan selambat-lambatnya pada bulan Februari mendatang.

Baca Juga : Selain Jokowi, Ini 6 Orang Penerima Vaksin Sinovac Pertama di Indonesia

Pihaknya bersama Tim Satgas sampai saat ini masih menunggu instruksi dari Gubernur Jawa Barat, terkait pelaksanaan vaksinasi.

“Sementara ini masih menunggu instruksi gubernur. Karena untuk pendistribusian sendiri baru akan dilakukan pada 22 Januari ini,” terang Bastian.

Rekomendasi 10 Nama Penerima Vaksin Pertama

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar, H. Agus Nugraha, mengatakan, terkait nama penerima vaksin Covid-19 pertama yang akan direkomendasikan, pihaknya belum bisa menyampaikan. Karena harus menunggu keputusan rapat bersama Ketua dan Tim Satgas.

Namun demikian, Agus meminta kepada semua pihak agar saat ini betul-betul memperhatikan dan menyiapkan segala sarana dan prasarana kebutuhan, terkait vaksinasi tersebut. Sehingga nanti dalam pelaksanaannya dapat berjalan maksimal.

Termasuk kesiapan teknis pelaksanaan di lapangan, sumber daya manusia (SDM) yang akan melaksanakan tugas vaksinasi, dan menggencarkan edukasi kepada warga masyarakat.

“Untuk simbolisasi itu yang penting sudah ada rumusannya. Terpenting kita harus menyiapkan sarana dan prasarana pendukung proses pelaksanaan vaksinasi,” kata Agus. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -