Pengaruh Oli Mesin Mobil Kebanyakan, Membuat Performa Menurun

Pengaruh Oli Mesin Mobil Kebanyakan Membuat Performa Menurun
Ilustrasi Pengaruh Oli Mesin Mobil Kebanyakan. Foto: Ist/Net

Pengaruh oli mesin mobil kebanyakan akan berdampak buruk. Bahkan tidak hanya satu masalah saja, ada beberapa hal yang bisa terjadi dan justru akan mengganggu.

Oli merupakan komponen pada kendaraan yang cukup vital, baik untuk mobil atau motor. Maka dari itu, sebaiknya anda melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin.

Komponen ini memiliki masa pemakaian. Jika sudah waktunya ganti, maka sebaiknya anda lakukan agar komponen tersebut bisa berfungsi secara optimal.

Jangan sampai mobil kekurangan, bahkan kelebihan. Kedua hal tersebut mampu memberikan dampak buruk pada kendaraan.

Baca Juga : Waktu Ganti Filter Oli, Pahami Sebelum Mesin Terjadi Kerusakan

Bahkan bisa menimbulkan kerusakan komponen pada kendaraan itu sendiri. Dengan takaran yang pas, justru semua komponen bisa bekerja dengan maksimal.

Maka dari itu, jangan sampai anda melakukan kesalahan saat penggantian. Setiap mesin memiliki kapasitas sendiri-sendiri sehingga anda perlu melihat stik yang tersedia pada mesin kendaraan. 

Ada pengaruh oli mesin mobil kebanyakan jika anda lakukan. Sebaiknya berikan sesuai kapasitas takaran yang ada pada komponen tersebut.

Penggantian oli mesin memang harus anda lakukan. Berikan isian sesuai takaran, jangan sampai kurang, bahkan berlebihan. Sebab ada dampak buruk yang terjadi jika melebihi atau kurang dari kapasitas standarnya.

Beragam Pengaruh Oli Mesin Mobil Kebanyakan

Penggantian oli mesin mobil yang tidak sesuai takaran, baik kurang atau berlebih memiliki dampak tersendiri. Keduanya memberikan masalah pada kendaraan.

Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu pengisian yang tepat. Sebab, jika hal tersebut tidak anda perhatikan, akan membuat performa mesin menjadi turun.

Selain itu, masih ada banyak masalah yang bisa terjadi jika hal ini anda lakukan. Agar anda tidak salah saat pemberian oli mesin, berikut ini ada beberapa dampak jika oli yang anda berikan berlebihan.

Kualitas Oli Menurun

Pengaruh oli mesin mobil kebanyakan berdampak pada kualitasnya yang menurun. Saat kondisi oli berlebih dalam mesin, maka ruang engkol oli menggenangi bagian poros engkol.

Saat kondisinya normal, komponen tersebut hanya akan menggenangi bagian pompa saja. Sehingga ketika oli membanjiri hingga poros engkol, maka kondisinya tidak normal.

Hal ini akan menimbulkan masalah dengan munculnya busa atau gelembung udara. Kondisi inilah yang membuat daya pelumas menurun. Sehingga mengakibatkan mesin tidak terlumasi dengan baik. Bahkan menyebabkan komponen cepat aus.

Langkah Piston Terhambat

Langkah piston yang terhambat menjadi salah satu pengaruh oli mesin mobil kebanyakan. Itulah alasan mengapa anda harus mengisinya sesuai takaran agar dampak buruk tidak terjadi.

Baca Juga : Penyebab Kopling Mobil Selip, Terjadi Karena Kampas Bermasalah

Karena oli mesin merendam poros engkol, maka gerakan yang dilakukan pun tidak bisa bebas. Jika masalah ini terus anda biarkan, maka piston akan bergerak ekstra dari kondisi normalnya.

Sehingga mengakibatkan boros BBM dan RPM yang kurang maksimal. Sebaiknya jangan sampai anda melakukan pengisian terlalu banyak.

Mobil Terasa Berat

Masalah lain jika anda mengisi oli mesin dengan kapasitas berlebih yaitu mobil akan terasa lebih berat. Oli akan menyebabkan akselerasi berkurang karena mekanismenya berkurang.

Sebab, komponen terendam sepenuhnya dan pergerakannya terhambat. Hal ini bisa menjadi pengaruh oli mesin mobil kebanyakan.

Mesin Cepat Kotor

Selain beberapa dampak buruk yang bisa terjadi ketika kelebihan oli mesin, maka mesin pun juga bisa lebih kotor. Pada bagian dalam mesin mobil terdapat PVC yang bisa kotor jika oli mesin berlebih.

Kotornya mesin tersebut terjadi karena pembakaran oli yang menghasilkan uap. Uap yang dihasilkan tersebut kembali ke mesin melalui saluran PVC.

Jika kondisi mesin sudah terlalu kotor, akan sulit saat mengatasinya. Sebaiknya segera bawa ke bengkel jika masalah ini anda alami. Sebab, ada beberapa komponen yang mengalami masalah.

Penggantian oli mesin tentu menjadi aktivitas rutin yang harus dilakukan pada setiap kendaraan, termasuk mobil. Ada masa pemakaian dan takaran yang harus sesuai.

Baca Juga : Cara Cek Kompresi Mesin Diesel, Mempengaruhi Proses Kerjanya

Apalagi setiap mesin mobil memiliki kapasitas masing-masing. Anda perlu memperhatikannya dengan teliti dan benar-benar sesuai. Fungsi dari komponen tersebut cukup penting pada performa mobil.

Jangan sampai komponen berlebihan saat pengisian. Sebab, ada beberapa pengaruh oli mesin mobil kebanyakan yang mengakibatkan masalah pada komponen di dalamnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto