Pengertian Akhlak Tasawuf, Dalil dan Manfaatnya dalam Ajaran Islam

Pengertian Akhlak Tasawuf, Dalil dan Manfaatnya dalam Ajaran Islam
Ilustrasi Pengertian Akhlak Tasawuf. Foto: moslemlifestyle.com

Pengertian akhlak tasawuf bisa memiliki banyak arti dan istilah yang berbeda. Menurut ajaran agama Islam, tasawuf itu sendiri memiliki banyak arti yang berarti orang yang ikut berpindah dengan Nabi Muhammad SAW.

Namun, masih banyak sekali artian dari kata-kata tersebut. Sehingga anda bisa lebih tahu secara jelas dari arti yang sebenarnya.

Akhlak yang satu ini merupakan satu khazanah intelektual yang ada dalam ajaran Islam. Bahkan keberadaannya pun masih bisa anda rasakan hingga sejauh ini.

Akhlak yang satu ini dapat membantu umat Islam untuk bisa lebih baik, bahkan selamat untuk dunia dan akhirat. Istilah ilmu agama yang satu ini merupakan salah satu misi mulia yang Rasulullah SAW jalankan.

Dengan menggunakan akhlak tersebut, yang ada dari oleh Rasulullah, menjadi dasar kesuksesan dakwah. Akhlak itu sendiri memiliki makna sebagai tingkah laku yang menginginkan untuk menjalankan hal-hal yang baik.

Sehingga seseorang akan mendapatkan perkataan jika memiliki akhlak baik jika apa yang dilakukannya memang benar-benar baik. Akhlak tidak bisa dipaksakan atau hanya dalam keadaan tertentu.

Sehingga pengertian akhlak tasawuf itu sendiri yaitu seseorang yang melakukan tindakan terpuji. Sehingga seseorang tersebut berusaha untuk mensucikan dirinya.

Dalam agama Islam memang hal ini sudah banyak terjadi dan dimiliki orang terdahulu. Namun, kini ada banyak pengertian yang bisa didengar dari tasawuf itu sendiri.

baca juga: Akhlak Kepada Orang Tua Sebagai Bukti Bakti Dalam Ajaran Agama

Pengertian Akhlak Tasawuf dan Dalilnya

Secara agama memang banyak sekali hal yang perlu anda pelajari dan perhatikan. Bahkan kini sudah berkembang berbagai jenis perilaku yang bisa ada dalam pengembangan Islam.

Sebagai umat Islam, tentu anda sudah sering mendengar kata akhlak dan tasawuf. Namun, bagi anda yang masih bingung dan merasa asing akan kalimat tersebut, berikut ini penjelasannya:

Pengertian Akhlak

Sebelum anda tahu pengertian akhlak tasawuf, sebaiknya cari tahu apa arti dari akhlak itu sendiri. Baru kemudian anda tahu tasawuf dan arti akhlak tasawuf dalam agama Islam.

Sama seperti yang sudah jelas dan banyak orang ketahui jika akhlak memiliki artian perangai, tabiat, dan agama. Sedangkan artian menurut yang lainnya yaitu etika yang menjadi pilihan dan harus anda lakukan.

Namun, masih ada pengertian secara sempitnya yaitu sebagai kumpulan kaidah untuk menjalankan hal yang baik. Selain itu, jalan yang sesuai menurut akhlak serta pandangan akal tentang kebaikan dan keburukan.

Arti Kata Tasawuf

Setelah anda mengetahui pengertian akhlak tasawuf, barulah anda perlu tahu dalilnya. Namun, arti dari tasawuf itu sendiri memiliki arti hampir sama dengan yang namanya perbuatan.

Ada banyak pengertian yang bisa anda ketahui. Pertama, berasal dari kata ahlu sufah dengan makna merupakan sekelompok orang pada masa Nabi Muhammad SAW.

Namun, kesehariannya hanya berdiam diri dalam serambi masjid dan memiliki tujuan untuk beribadah kepada Allah SWT. Kedua, berasal dari kata shafa suci atau bersih.

Maksudnya tertuju kepada orang-orang yang mensucikannya pada hadapan Allah SWT. Masih banyak lagi arti dari kata tersebut.

Namun, menurut istilah sendiri merupakan ilmu tentang ajaran agama kepada manusia untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. 

Dalil Akhlak Tasawuf

Secara jelas, pengertian akhlak tasawuf merupakan perbuatan yang umat muslim lakukan dengan tujuan hal yang baik. Ada dalil dan hadits yang mendasari adanya hal tersebut. Dalam QS Al-Maidah ayat 54 sudah tertulis secara rinci dan jelas.

Dalam ayat tersebut Allah SWT telah memerintahkan agar senantiasa mau bertaubat, memohon ampun, dan membersihkan diri dari dosa. Sehingga Allah SWT memberikan penerangan yang lebih baik untuk menuju jalan yang benar.

baca juga: Arti Muhasabah Diri, Hakikat dan Manfaat Menurut Ajaran Islam

Tujuan dan Manfaat Akhlak Tasawuf

Dengan anda lebih tahu apa sebenarnya akhlak tasawuf, maka perlu tahu juga manfaatnya. Secara umum, akhlak itu sendiri memiliki tujuan agar semua orang berusaha untuk selalu berbuat baik.

Sehingga baik dalam segala hal termasuk tingkah laku, budi pekerti, serta adat istiadat sesuai ajaran agama. Ibadah yang anda lakukan ini memang bertujuan untuk selalu melakukan perbuatan mulia.

Sehingga bertujuan agar bisa menjadi pribadi yang berakhlak mulia, baik secara lahir maupun batin. Itulah pengertian akhlak tasawuf dan manfaat yang bisa anda dapatkan. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid