Pengertian Simbiosis Komensalisme Beserta Contohnya di Sekitar Kita

Pengertian Simbiosis Komensalisme
Ilustrasi Pengertian Simbiosis Komensalisme. Foto: thoughtco.com

Pengertian simbiosis komensalisme penting anda ketahui. Karena, dalam kehidupan, semua makhluk hidup tidak dapat menjalani kehidupan sendiri. Mereka akan selalu berinteraksi dan juga saling membutuhkan. 

Terdapat jenis makhluk hidup yang saling memakan, saling menopang hidup, dan lain sebagainya. Jika anda pernah mendengar istilah simbiosis, maka sudah anda ketahui mengenai apa itu simbiosis. Untuk lebih jelasnya, dapat anda simak ulasan berikut ini.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Mengutip Wikipedia, simbiosis merupakan semua jenis dari interaksi biologis untuk jangka panjang dan juga jangka dekat antara dua organisme yang berbeda. Baik secara mutualisme, parasitisme, dan juga komensalisme. Lantas, apa yang dimaksud dengan simbiosis komensalisme?

Ini merupakan interaksi dari makhluk hidup yang mana satu pihak memperoleh keuntungan, sedangkan yang lain tidak merasa merugi atau untung. Kemudian dapat kita artikan jika adanya simbiosis ini tidak dalam merugikan untuk pihak manapun.

Lalu, terdapat beberapa contoh dari pengertian simbiosis komensalisme yang dapat anda perhatikan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Tanaman Anggrek dengan Pohon Mangga

Anda tentunya pernah melihat tanaman anggrek bukan? Anggrek bisa hidup dengan menempel pada pepohonan, baik batang maupun rantingnya. Kemudian, pohon mangga yang berperan sebagai media tempelnya pun tidak mendapatkan kerugian sama sekali.

Karena, anggrek bisa membuat makanan sendiri. Jadi, tidak akan menghisap atau mengambil sari makanan dari pohon mangga yang sedang ia tumpangi.

Baca Juga: Pengertian Simbiosis Mutualisme Jenis, dan Contoh

Hubungan Interaksi Katak dan Pepohonan

Interaksi ini merupakan salah satu interaksi yang sederhana, karena keberadaan katak ini akan terlindung jika berada pada pepohonan. Baik saat kondisi badai atau hujan turun. Katak akan merasakan keuntungan dari keberadaan pohon tersebut.

Kejadian ini merupakan contoh dari pengertian simbiosis komensalisme. Yang untung adalah katak, dan pepohonan tidak akan merasa untung atau rugi. keberadaan katak tidak akan merubah apapun dari pepohonan tersebut.

Interaksi Ikan Hiu dan Ikan Remora

Pada ekosistem perairan terutama laut dalam, terdapat interaksi dari ikan remora dengan ikan hiu. Ikan remora akan akan mengambil makanan yang merupakan sisa makanan ikan hiu.

Walaupun selalu menempel pada ikan hiu, ikan remora tidak membuat kerugian untuk ikan besar tersebut. Sementara itu ikan hiu juga tidak akan terganggu dengan keberadaan ikan-ikan yang lebih kecil darinya tersebut.

Interaksi Tumbuhan Paku dengan Pohon Jati

Contoh dari pengertian simbiosis komensalisme selanjutnya adalah interaksi yang terjadi antara pohon jati dengan tanaman paku. Melekatnya tanaman paku pada pepohonan, misalnya pohon jati, tidak akan menimbulkan kerugian. Hal ini terjadi karena tumbuhan paku tidak akan menyerap makanan dari pohon jati tersebut.

Menempelnya ia pada batang atau ranting pohon hanya untuk memudahkannya dalam memperoleh sinar matahari dengan cukup. Dengan demikian, ia dapat memulai atau memproses fotosintesis.

Fotosintesis tersebut membuat tanaman paku dapat menghasilkan makanan sendiri. Dengan demikian, pohon jati juga tidak akan merasa untung atau rugi dari peristiwa tersebut.

Baca Juga: Tumbuhan Pemakan Serangga yang Mendapatkan Mangsa dengan Unik

Interaksi Udang dengan Timun Laut

Interaksi atau hubungan antara udang dengan timun laut pun merupakan salah satu contoh dari pengertian simbiosis komensalisme. Mengapa demikian?

Hal tersebut karena udang mempunyai kebiasaan yang unik dengan menunggangi timun laut. Udang memerlukan hal tersebut untuk mendapatkan sisa makanan dari timun laut.

Lalu, udang akan merasa untung dengan memperoleh sisa makanan dari makhluk laut tersebut. Namun, berbeda dengan timun laut yang mana tidak merasa untung atau rugi dengan peristiwa tersebut.

Pastikan anda mengetahui dan memahami hal ini agar lebih mudah dalam mengenali bagaimana sebenarnya hubungan simbiosis komensalisme itu.

Interaksi Rayap dengan Protozoa Berflagela

Pada kasus ini, protozoa berflagela yang mana hidup pada saluran pencernaan dari rayap serta mencerna selulosa kayu. Yang mana kemudian akan menjadi molekul karbohidrat yang lebih simpel atau sederhana sehingga mudah untuk dicerna.

Protozoa akan memperoleh keuntungan dari proses interaksi tersebut, sebab dapat berlindung dalam tubuh rayap. Sedangkan rayap tidak merasakan perubahan atau keuntungan apapun dari peristiwa tersebut. Ini yang dapat menggambarkan mengenai pengertian simbiosis komensalisme dalam kehidupan sehari-hari. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

Aegis Boost Pro