Pengertian Takdir Muallaq, Mengajarkan Kita untuk Berusaha dan Berdoa

Pengertian Takdir Muallaq Mengajarkan Kita untuk Berusaha dan Berdoa
Ilustrasi Pengertian Takdir Muallaq. Foto: Ist/Net

Pengertian takdir Muallaq sudah menjadi ketetapan dari Allah SWT untuk setiap orang. Tak hanya Muallaq saja, tetapi juga Mubram. Dalam kehidupan, manusia yang menjabat sebagai seorang hamba tidak akan luput dari takdir.

Takdir sendiri bisa juga dikatakan ketetapan Allah SWT. Takdir bisa anda ubah dengan doa-doa yang senantiasa dilangitkan saat anda beribadah. Namun ada pengecualiannya yakni takdir kematian. Hal itu anda tidak dapat mengubahnya barang sedetikpun.

Apapun yang akan menjadi milik kita, sejauh apapun kita saffar dan serapat apapun kita bersembunyi, maka itu tetap akan kembali dan menjadi milik kita.

Artinya kita tidak akan pernah bisa menghindari dari ketetapan atau takdir Allah, Tuhan seluruh alam. Setiap umat Islam harus memahami apa itu takdir. Karena dalam Islam sendiri, kekuasaan Allah merupakan suatu tanda bahwa Allah itu maha besar dan berkuasa.

baca juga: Kisah Uwais Al-Qarni, Pemuda yang Sangat Memuliakan Ibunya

Ketahui Pengertian Takdir Muallaq

Takdir sendiri memiliki dua jenis, yakni takdir Muallaq dan Mubram. Jika anda belum mengetahui apa pengertian dan perbedaan dari kedua jenis takdir tersebut, berikut ini penjelasan rincinya untuk anda.

Pengertian takdir Muallaq merupakan ketentuan dan ketetapan Allah untuk melibatkan peran manusia melalui usaha atau ikhtiarnya.

Dalil Tentang Takdir Muallaq

Allah Subhanahu Wata’alla telah berfirman dalam Al Qur’an QS Ar-Rad Ayat 11:

Pengertian takdir Muallaq secara bahasa memiliki arti sesuatu yang digantungkan. Maksud dari pengertian takdir Muallaq tersebut adalah ketika seseorang beriman kepada Qada’ dan Qodar, ia tidak akan berpangku tangan. Justru ia malah akan bersusah dengan giat dan bersungguh-sungguh demi mendapatkan apa yang ia cita-citakan.

Pengertian takdir Muallaq juga merupakan ketetapan yang sudah tertulis, namun bisa saja tetap anda rubah dengan yang kuat dan usaha giat. Selain itu, Tuhan seluruh alam juga menghendaki.

Hadits Anjuran untuk Selalu Berdoa

Kanjeng Nabi Muhammad SAW juga bersabda:

Pengertian Takdir Muallaq

Doa sendiri merupakan senjata paling ampuh dan jitu. Merupakan sumber kekuatan terbaik dibandingkan dengan segi karunia manapun yang telah Allah berikan secara langsung.

Anjuran untuk selalu berdoa terdapat dalam Quran surat Al-Mu’min ayat 60:

Contoh Takdir Muallaq

Berikut ini ada beberapa contoh perilaku yang berkaitan dengan pengertian takdir Muallaq tersebut supaya anda lebih mudah dalam memahami dan mengerti.

Baca juga: Pengertian Akhlak Tasawuf, Dalil dan Manfaatnya dalam Ajaran Islam

Apabila seseorang ingin mempunyai tubuh yang sehat, berarti dia harus berupaya dan berusaha sebisa mungkin untuk berolahraga hingga makan makanan yang bergizi.

Tentunya juga harus diimbangi dengan berdoa kepada Allah SWT. Karena kita sudah berusaha dan berdoa, dengan harapan semoga Allah mengabulkan.

Contoh perilaku yang mencerminkan pengertian takdir Muallaq adalah jika seorang siswa, murid, atau mahasiswa ingin pandai, cerdas, dan berprestasi, maka ia harus berusaha dengan belajar giat.

Selain itu, harus ada doa yang membersamai juga. Karena usaha tanpa doa itu sombong. Padahal dalam Quran surat Al-Mu’min ayat 60 tadi sudah jelas bahwa orang yang sombong akan masuk ke dalam neraka dalam keadaan hina. Astaghfirullah, Na’udzubillah. Semoga kita terhindar dari perilaku sombong tersebut. Allahumma Amiin.

Perilaku yang mencontohkan arti takdir Muallaq yang selanjutnya adalah jika seorang manusia ingin mempunyai harta yang berlimpah atau kaya, sudah pasti ia harus bekerja keras dengan giat.

Selain usaha, kita juga tetap harus berdoa kepada Allah. Semoga apa yang telah kita hasilkan dan usahakan itu berkah dan akan membawa manfaat. Yang perlu anda ingat adalah anda juga harus menginfakkan sebagian harta yang anda miliki.

Setelah anda mengetahui tentang takdir dan jenisnya dalam Islam. Tentunya saat ini anda bisa memahami dan mengerti apa itu takdir atau ketetapan Allah dan pengertian takdir Muallaq. Selain itu, anda juga bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid