Penyakit Honda Beat Injeksi, Terjadi Karena Kurangnya Perawatan

Penyakit Honda Beat Injeksi, Terjadi Karena Kurangnya Perawatan
Ilustrasi penyakit Honda Beat injeksi. Foto: carmudi

Penyakit Honda Beat injeksi terkadang sering muncul karena kurang perawatan saja. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan matic yang satu ini rawat secara rutin.

Hal ini bertujuan agar komponen dalam kendaraan bisa berfungsi secara maksimal. Keberadaan motor matic kini semakin banyak saja. Apalagi di Indonesia hampir sebagian besar orang memilih sepeda motor tipe skutik.

Selain mudah dalam menggunakannya, membuat pengendara juga tidak merasa lelah berkendara. Banyak sekali perusahaan sepeda motor yang menghadirkan skutik terbaru dengan berbagai kelebihan.

Salah satu yang sudah banyak dimiliki seseorang yaitu Honda Beat. Skutik produksi PT Astra Honda Motor ini memang cukup populer.

Baca Juga : Honda Beat Street 2020, Cek Spesifikasinya!

Bahkan menjadi pilihan banyak orang. Ada banyak alasan mengapa skutik yang satu ini menjadi pilihan. Perawatannya mudah, irit, lincah, dan suku cadangnya banyak.

Meski demikian, agar kendaraan tetap berperforma dengan baik, anda perlu memberikan perawatan secara rutin. Jangan sampai anda terlena menggunakannya terus tanpa perawatan.

Jika anda tidak merawatnya dengan tepat, justru bisa mengakibatkan komponen bermasalah. Bahkan menimbulkan penyakit Honda Beat injeksi.

Hampir semua jenis skutik injeksi memiliki beberapa kekurangan atau masalah yang bisa terjadi. Kerusakan yang bisa terjadi akan muncul karena usia pemakaian yang sudah lama, namun perawatannya kurang.

Ada banyak masalah yang bisa terjadi ketika Honda Beat tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Sayangnya masih banyak sekali masalah yang bisa timbul ketika anda tidak memberikan perawatan yang rutin.

Daftar Penyakit Honda Beat Injeksi

Honda Beat menjadi salah satu merk kendaraan yang cukup populer di Indonesia. Bahkan peminatnya semakin banyak saja. Kebanyakan orang Indonesia senang dengan penggunaan kendaraan skutik, terutama para remaja.

Selain mudah dan simpel dalam berkendara, anda juga bisa menikmati berbagai keunggulan yang dimiliki. Namun, meski cukup populer dan banyak diminati, kendaraan ini juga tidak luput dari masalah.

Baca Juga : Modifikasi All New Honda Beat 2020, Fashion Motor Milenial

Ada beberapa penyakit yang bisa timbul pada kendaraan injeksi yang satu ini. Sebaiknya berikan perawatan yang tepat agar komponen kendaraan berfungsi secara maksimal.

Bagi anda pemilik Honda Beat, mungkin masih belum tahu apa saja masalah yang terjadi. Berikut ini ada beberapa penyakit Honda Beat injeksi yang sering terjadi pada motor injeksi.

Tarikan Gas Berat

Penyakit Honda Beat injeksi yang sering terjadi yaitu tarikan gasnya berat. Performa kendaraan ini tergantung pada tarikan gas.

Ketika komponen tersebut bermasalah, tentu akan mengurangi kenyamanan dan performanya. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya berikan perawatan secara rutin.

Tarikan gas yang berat sering terjadi karena filter udara kotor akibat tercampur partikel dan kotoran. Hal inilah yang mengakibatkan tarikan gas berat.

Jika masalah ini anda alami, sebaiknya atasi dengan mengecek saringan secara rutin. Sebagian besar motor injeksi menggunakan jenis filter basah yang tidak bisa dibersihkan, namun harus langsung diganti.

Kelebihan dari filter udara basah lebih tahan daripada yang kering. Itulah masalah yang sering terjadi, sebaiknya berikan perawatan secara berkala.

Kendaraan Mendadak Mati

Penyakit Honda Beat injeksi lainnya yaitu kendaraan yang sering mati atau mogok tiba-tiba. Masalah ini timbul karena setelan klep yang terlalu rapat.

Baca Juga : Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang

Jika kondisi ini terjadi, mesin akan cepat panas atau overheat. Sehingga akselerasi berkurang yang mengakibatkan motor mati mendadak. Mengatasi masalah ini harus dengan hati-hati dan tepat. Sebaiknya bawa ke bengkel terpercaya untuk mengatasinya.

Mesin Overheat

Jika anda menggunakan Honda Beat, jangan lupa untuk selalu memberikan pengecekan dan perawatan secara rutin. Jika hal ini tidak anda lakukan, justru bisa menimbulkan masalah pada kendaraan injeksi.

Banyak masalah yang bisa terjadi, termasuk mesin kendaraan yang overheat. Masalah mesin yang mudah panas ini karena sirkulasi oli dalam mesin tersumbat.

Kondisi mesin panas terjadi karena ring piston menjadi kering sehingga mengakibatkan motor mati. Cara yang bisa anda lakukan yaitu menunggu kendaraan mesinnya dingin. Ambil busi dan masukkan oli yang baru melalui lubang busi.

Hal ini bertujuan untuk melumasi piston yang tersumbat. Sebagai pemilik kendaraan matik, jangan sampai lupa untuk melakukan perawatan. Hal ini bertujuan agar tidak timbul penyakit Honda Beat injeksi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto