Penyakit Kulit Psoriasis Kronis, Penyebab dan Cara Pengobatan

Penyakit Kulit Psoriasis
Ilustrasi penyakit Kulit Psoriasis. Foto: phillyvoice.com

Penyakit kulit psoriasis merupakan penyakit pada kulit yang muncul dengan tanda ruam merah, bersisik, dan kulit kering tebal sehingga sering mengelupas. Pada penyakit ini sering disertai dengan rasa gatal dan nyeri di area penyakit. 

Penyakit ini tidak melihat usia karena umumnya terjadi pada usia 15-35 tahun. Meski sebutannya penyakit kulit, namun penyakit ini tidak menular.

Penyakit ini mempunyai jenis yang sangat banyak. Namun yang sering terjadi adalah psoriasis plak. Dengan gejala bercak kemerahan yang menonjol. Sebenarnya berupa benjolan kecil saja, namun lama-kelamaan akan memburuk dan menebal seperti sisik. 

Psoriasis ini mempunyai sifat kronis dan jangka panjang. Namun bagi anda penderita psoriasis ini, tidak perlu merasa minder. Hanya saja, anda akan mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat. 

Baca Juga : Jenis Penyakit Kulit Eksim, Sesuai Gejala yang Ditimbulkan

Gejala Penyakit Kulit Psoriasis

Umumnya penyakit ini mempunyai gejala yang terlihat. Timbulnya penyakit ini bervariasi. Penderita mengalami gejala dalam beberapa hari bahkan sampai mingguan.

Penyakit ini ada yang sempat hilang sendiri, ada juga yang timbul kembali seiring dengan kondisi kulit dan paparan bakteri yang tidak ditangani. Gejala tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, yakni:

Psoriasis Arthritis

Peradangan yang terjadi pada kulit membuat sendi membengkak dan nyeri. Penyakit jenis ini memang menyerang seluruh sendi yang ada. Sendi tersebut terserang dan mengalami kerusakan dan kaku.

Jenis ini sangat kronis dan menyebabkan resiko kelainan sendi secara permanen. Ciri-ciri yang menandakan penyakit jenis ini adalah sisik warna agak keperakan, namun tidak pada area bercak. Namun pada pinggir lesi yang terinfeksi masih aktif dan gatal.

Psoriasis Eritrodermik

Pada penyakit kulit psoriasis, jenis ini sangat langka dan jarang terjadi pada seseorang. Biasanya menyerang seluruh tubuh dengan gejala ruam merah merata dan gatal seperti terbakar.

Baca Juga : Obat Kurap di Apotik yang Paling Ampuh Atasi Penyakit Kulit

Psoriasis Pustulosa

Gejala yang muncul pada jenis ini umumnya benjolan bengkak berisikan nanah, disertai rasa nyeri hebat, dan muncul bintik coklat pada benjolan tersebut. Jenis ini menimbulkan rasa sakit pada penderitanya.

Psoriasis Inversa

Jenis ini biasanya berkembang karena kulit yang saling menempel. Contohnya ketiak, lipatan bokong, dan alat kelamin. Penyebab utamanya adalah jamur. Gejala umum adalah bercak merah, peradangan memburuk ketika berkeringat, keluar lapisan putih, dan terasa sakit.

Psoriasis Gutata

Penyakit kulit psoriasis jenis ini terjadi pada anak-anak hingga usia remaja. Penyebab utama adalah infeksi bakteri radang tenggorokan.

Muncul benjolan kecil yang menutupi sebagian tubuh dan wajah seperti kepala, telinga, dan lainnya. Benjolan tersebut bersisik dan warna agak merah muda.

Psoriasis Plak

Penyakit  ini yang sangat umum menyerang seseorang. Gejalanya seperti bercak merah, bersisik, lapisan kering tipis, keperakan, muncul di siku lutut dan punggung bawah, pecah, dan berdarah. Biasanya menjalar sampai ke kuku dan tangan. 

Baca Juga : Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Penyebab Utama Psoriasis

Umumnya penyebab penyakit kulit psoriasis karena daya tahan atau kekebalan tubuh menurun. Biasanya sel T di dalam tubuh yang awalnya mendeteksi dan melawan zat asing tidak berfungsi dengan baik. 

Pada penderita psoriasis, sel T tersebut justru akan menyerang kulit yang sehat. Hal ini dikarenakan proses pertukaran sel yang salah. Sel T tersebut merespon terlalu cepat terhadap kekebalan tubuh lainnya.

Sehingga berefek pada pelebaran pembuluh darah di kulit serta peningkatan sel darah putih lain yang dapat masuk ke kulit luar. 

Faktor penyebab lainnya bisa berasal dari riwayat keluarga yang mempunyai psoriasis sebelumnya. Pemicu lain bisa dari infeksi virus atau bakteri yang berulang dan rentan terhadap penyakit ini. 

Penderita penyakit kulit psoriasis juga mengalami stress yang dapat melemahkan kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit ini. Pada seseorang yang mengalami obesitas, rentan terkena penyakit ini. Apalagi di area lipatan-lipatan kulit.

Peningkatan resiko psoriasis juga terjadi pada seseorang perokok. Karena kandungan nikotin pada rokok justru akan memperburuk keadaan penyakit ini. 

Pemeriksaan dan Pengobatan Psoriasis

Ada dua macam prosedur pemeriksaan yakni fisik dan biopsi. Pemeriksaan pada fisik penderita pada area kulit kepala, kuku, dan lainnya.

Cara lain dengan mengambil sampel kecil kulit dengan memberikan anestesi lokal. Lalu sampel diperiksa dibawah mikroskop.  

Pilihan pengobatan pada penderita psoriasis umumnya dengan pemberian obat oles seperti kortikosteroid, retinoid, anthralin, asam salisilat, analog vitamin D, inhibitor, dan pelembab. 

Namun pada penderita penyakit kulit psoriasis yang sedang atau bahkan parah dengan meresepkan obat minum atau suntik. Sehingga obat tersebut dapat masuk ke tubuh dan peredaran darah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah