Penyebab Baterai HP Boros, Bisa Jadi Ini Kemungkinannya

Penyebab Baterai HP Boros
Ilustrasi penyebab baterai HP boros. Foto : Ist/Net

Penyebab baterai HP boros sangat beragam. Mulai dari pemakaian aplikasi atau  pengaturan pada smartphone Anda seperti tingkat kecerahan layar atau bisa juga kesalahan saat mengisi ulang daya baterai.

Tentunya, sebagai pengguna smartphone, permasalah baterai menjadi sangat serius. dan tidak sedikit pengguna ponsel pintar yang mengeluhkan akan kasus ini.

Bahkan, banyaknya smartphone keluaran terbaru yang membekali produknya dengan baterai berkapasitas besar, juga sama sekali tidak membuat keluhan konsumen berhenti.

Padahal sebenarnya, kapasitas baterai juga tidak begitu berpengaruh terhadap boros atau tidaknya sebuah smartphone.

Penyebab Baterai HP Boros

Terdapat beberapa yang menyebabkan daya baterai ponsel cepat terkuras habis, dan Anda harus memahaminya dengan baik.

Aplikasi

Saat ini, rasanya kurang lengkap jika HP Android Anda hanya diisi dengan aplikasi bawaan yang sederhana.

Baca Juga : Kamera Depan HP Blur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sehingga, tak heran jika semua pengguna android dimanjakan setiap hari dengan banyaknya software-software yang tersedia dari pihak ketiga.

Tak ada salahnya memang jika Anda ingin mengunduh banyak software pada smartphone Anda.

Hanya saja, Anda harus tahu, bahwa ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi penyebab baterai HP boros.

Cara mengetahuinya mudah. Anda bisa langsung membuka pengaturan baterai agar bisa melihat aplikasi apa saja yang mengkonsumsi baterai sangat besar.

Charger

Penyebab baterai HP boros yang kedua adalah charger. Jika charger yang Anda gunakan bermasalah ataupun rusak, maka ini bisa jadi salah satu penyebabnya.

Hal ini karena memang baterai smartphone yang boros tak selamanya disebabkan oleh baterai itu sendiri atau smartphonenya, tapi bisa juga chargernya.

Maka, pastikan bahwa charger yang Anda gunakan adalah memang masih bagus atau asli, dan bisa berfungsi dengan sempurna.

Google Play Service

Selanjutnya adalah karena aplikasi ini. Ya, aplikasi Google Play Service memang terbukti mengkonsumsi daya baterai sangat besar.

Hanya saja, tentu akan bingung bagaimana cara menghilangkannya, hanya karena aplikasi ini memang penting bagi HP Anda.

Maka, cara mengatasinya penyebab baterai HP boros dari Google Play Service adalah dengan buka pengaturan. Kemudian pilih applications, lalu klik all. Selanjutnya Google Play Service. Jika sudah, Anda bisa memilih clear cache. Done.

Cara ini bisa memperbarui aplikasi Google Play Service-nya, dan membuatnya mengkonsumsi baterai lebih kecil.

Waktu Tidur

Apa handphone juga mempunyai waktu tidur? Jawabannya adalah ya. Ketika sebuah ponsel sudah tidak lagi digunakan, maka secara otomatis perangkat tersebut akan tertidur.

Baca Juga : Ciri Power Bank Rusak yang Paling Sering Terjadi, Segera Ganti Baru

Jika layar ponsel Anda terus menyala, maka daya baterainya akan terus berkurang. Maka, cara mengatasinya adalah dengan mengatur waktu tidur smartphone tersebut.

Maksudnya apa? Nah, Anda bisa mengatur berapa menit setelah menggunakan HP yang akan redup layarnya. Kalau bisa, pilihlah waktu yang paling pendek. Sehingga, tatkala sudah tidak lagi Anda gunakan, layar ponsel akan segera tidur.

Untuk mengaturnya, Anda bisa langsung mengubahnya pada pengaturan smartphone tersebut.

Sering Mengisi Ulang Sambil Buka Aplikasi

Memang tidak sedikit orang yang saat mengisi ulang baterai namun tetap memainkan ponsel tersebut, baik untuk bekerja atau bermain game. Padahal, penggunaan tersebut merupakan salah satu penyebab baterai HP cepat boros.

Kita semua tahu, bahwa ketika smartphone sedang mengisi ulang baterai, maka secara otomatis akan bekerja lebih keras, yang lama kelamaan bisa membuat performanya menjadi berkurang.

Baca Juga : Cara Menambah Multitouch HP Tidak Terdukung, Intip Antisipasi Lainnya

Oleh karena itu, mulai sekarang, tahan ‘nafsu’ untuk tidak menggunakan HP ketika sedang melakukan pengisian ulang.

Karena, selain bisa membuat performa baterai berkurang, hal ini juga bisa menimbulkan masalah yang serius, misalnya kerusakan pada ponsel itu sendiri.

Tingkat Kecerahan

Penyebab baterai HP boros yang satu ini terbilang sangat kecil dan sepele. Akan tetapi faktanya, tingkat kecerahan bahkan bisa menjadi penentu umur sebuah baterai.

Maka, Anda harus benar-benar bisa menyesuaikan tingkat kecerahan dengan rutin. Atur saja tingkat kecerahan secara manual. Apabila memang Anda sudah mengaktifkan auto-brightness, maka anda bisa kok menonaktifkannya.

Sebenarnya, permasalah penyebab baterai HP boros bisa Anda atasi dengan mudah kok. Asalkan memang benar-benar merawat HP Anda dengan baik, hingga perform baterainya akan terus bagus. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto