Penyebab Kebakaran Yang Meludeskan Rumah di Kota Banjar Terkuak

Penyebab Kebakaran Yang Meludeskan Rumah di Kota Banjar Terkuak
Penyebab kebakaran di Kota Banjar yang menghanguskan sebuah rumah kontrakan milik Harianto akhirnya terkuak. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Penyebab kebakaran yang menghanguskan sebuah rumah kontrakan milik Harianto, warga RT 11/05, Kelurahan Karangpanimbal, Kota Banjar, Jawa Barat, pada Jumat (8/1/2021) sekitar pukul 04:00 WIB akhirnya terkuak.

Menurut KBO Reskrim Polres Banjar, Iptu Hadi Winarso, berdasarkan keterangan para saksi dan hasil olah tempat kejadian perkara tim petugas penyelidikan, bahwa penyebab kebakaran karena adanya korsleting arus pendek.

Sementara dari dukungan keterangan saksi, menyebutkan bahwa pada peristiwa itu terlihat titik api yang muncul pada bagian atap rumah, sebelum akhirnya menjadi besar.

“Hasil penyelidikan kami dugaan penyebab kebakaran itu berasal dari korsleting arus pendek. Jadi, bukan karena adanya unsur kelalaian maupun kesengajaan,” kata Iptu Hadi kepada wartawan, Sabtu (9/1/2021).

Berita Terkait : Rumah di Kota Banjar Ludes Dilalap Api, Penyebabnya Masih Misterius

Selain itu, lanjutnya, pada saat sebelum kejadian, kondisi rumah juga sudah dalam keadaan kosong. Karena penghuni sudah tidak menempati rumah kontrakan tersebut sejak sebelum tahun baru.

Lebih lanjut ia menegaskan, bahwa sejauh ini dari hasil olah TKP, petugas penyelidik belum menemukan adanya unsur kesengajaan oleh oknum.

“Namun kami masih mendalami peristiwa itu. Kalau memang ada unsur kesengajaan, tentu akan kami sampaikan perkembangannya,” terang Iptu Hadi.

Dengan adanya peristiwa kebakaran tersebut, pihaknya juga mengingatkan kepada warga masyarakat untuk lebih berhati-hati. Terlebih lagi, jika akan meninggalkan rumah untuk suatu keperluan, dengan memastikan kondisi rumah betul-betul dalam keadaan aman.

Termasuk mematikan arus pusat listrik melalui KWH, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan saat berada di luar rumah.

“Apabila hendak meninggalkan rumah apalagi dalam waktu yang lama, pastikan kondisi rumah dalam keadaan aman,” pungkasnya. (Muhlisin/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto