Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Kopling Mobil Selip, Terjadi Karena Kampas Bermasalah

Penyebab Kopling Mobil Selip, Terjadi Karena Kampas Bermasalah

Penyebab kopling mobil selip bisa terjadi karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhinya. Anda perlu tahu apa saja hal yang menyebabkannya terjadi pada kendaraan.

Masalah ini memang sering sekali menghampiri para pemilik kendaraan roda empat. Jika hal ini terjadi, maka menjadi masalah yang cukup besar pada kendaraan. Maka dari itu, cari tahu penyebabnya untuk bisa mengatasinya dengan tepat.

Mungkin sebagai pemilik kendaraan, terkadang masih belum tahu apa yang perlu dilakukan ketika mobilnya bermasalah. Namun, ada juga sebagian orang yang tahu otomotif bisa mengatasi hal tersebut.

Kopling selip menjadi salah satu masalah yang sering terjadi, bahkan berperan cukup penting. Hal ini sering terjadi pada jenis mobil bertransmisi manual.

Kendaraan akan sulit berpindah gigi dan membuat pengemudi merasa panik. Ketika hal ini terjadi, membuat semua yang ada dalam kendaraan merasa ketakutan dengan yang terjadi.

Baca Juga : Penyebab Mesin Overheat pada Mobil, Perhatikan 6 Hal Ini!

Memang ketika kendaraan mengalami hal ini, akan masih bisa berjalan seperti biasa. Hanya saja, kampas kopling yang sudah aus jika terpaksa bisa membuat mobil tidak berjalan.

Hal ini akan terasa sangat mengganggu meski kendaraan tetap dalam transmisi normal. Penyebab kopling mobil selip bisa anda atasi sesuai dengan faktor yang mengakibatkan.

Saat kopling selip, gas masih bisa anda gunakan, gigi transmisi dapat berpindah, namun, seakan-akan mobil tidak bertenaga. Sebenarnya ada gejala yang bisa timbul ketika hal ini terjadi.

Sebelum terlambat, berikan penanganan yang tepat untuk mengatasinya. Sebaiknya berikan perawatan berkala pada semua komponen kendaraan. Hal ini untuk dapat menjaga agar anda tetap aman saat berkendara.

Penyebab Kopling Mobil Selip

Setiap komponen kendaraan tentu hadir dengan fungsi yang berbeda-beda. Namun, semua membutuhkan perawatan yang tepat agar bisa berfungsi dengan maksimal.

Kopling menjadi salah satu komponen penting yang bisa berfungsi tergantung dari cara pakainya. Kemampuan dan daya tahan komponen tersebut sangat tergantung dari cara pemakaiannya.

Jika anda mengerti dan paham bagaimana cara penggunaannya, maka komponen akan tetap awet dan bisa bekerja secara maksimal. Komponen tersebut akan lebih awet jika anda menggunakannya dengan aturan pindah gigi yang tepat serta tidak membawa muatan banyak.

Baca Juga : Waktu Ganti Filter Oli, Pahami Sebelum Mesin Terjadi Kerusakan

Namun, jika anda menggunakannya dengan asal, tentu akan cepat habis bahkan selip. Efek yang bisa terjadi ketika masalah ini anda hadapi yaitu membuat kendaraan mogok seketika.

Maka dari itu, sebaiknya perhatikan dalam penggunaan kopling yang tepat. Ada banyak penyebab kampas kopling mobil selip dan hal ini perlu anda tahu. Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang penyebabnya, antara lain:

Aus

Penyebab kopling mobil selip bisa karena kampas sudah aus atau habis. Hal ini memang sudah umum terjadi. Padahal kampas memiliki fungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi melalui kampas.

Namun, sesuai dengan lama pemakaian, komponen tersebut bisa mengalami yang namanya aus atau habis. Masalah ini tentu bisa mempengaruhi tenaga yang tersalurkan.

Baca Juga : Suara Berdecit pada Mobil, Periksa Komponen Beltnya yang Bermasalah

Bahkan jika kondisi komponen tersebut sudah cukup parah, maka tidak akan ada tenaga yang tersalurkan. Saat kondisi seperti ini, mobil akan sulit masuk gigi dan tidak bisa berjalan meski mesin nyala.

Sebaiknya untuk selalu melakukan pengecekan agar anda tahu apakah komponen sudah perlu diganti atau belum. Hal ini juga bisa membantu anda bisa lebih aman saat berkendara.

Pegas Kopling Lemah

Pegas kopling yang melemah juga bisa menjadi penyebab kopling mobil selip. Fungsi dari komponen tersebut yaitu menekan plat penekan untuk bisa tekan kampas kopling agar terhubung dengan flywheel.

Baca Juga : Sekring Motor Putus, Ada Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat kondisi seperti inilah dimana transmisi bisa tersalurkan. Namun ketika melemah, tekanan yang dihasilkan tidak lagi kuat menekan kampas. Hingga berakibat selip dan tenaga putar tidak bisa maksimal.

Kopling Terkena Oli

Kopling ada dalam posisi antara transmisi dan mesin. Jika terjadi kebocoran oli pada seal, paking, atau gasket dimensi, maka akan timbul masalah. Hal ini bisa mengenai kopling.

Pada umumnya, kopling yang digunakan untuk mobil yaitu tipe kering. Saat komponen tersebut terkena oli, tentu akan membuatnya selip.

Sehingga mengakibatkan terkontaminasi dengan minyak pelumas. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab kopling mobil selip. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img