Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang

Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang

Penyebab motor matic tidak kuat nanjak bisa karena selang karburator yang bocor. Hal ini menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada motor skutik.

Penggunaan sepeda motor memang sudah banyak sekali ada di Indonesia. Ada dua jenis yang cukup sering anda temui yaitu tipe manual atau motor bebek dan skutik.

Sebagian besar orang memang banyak memilih menggunakan motor tipe matik daripada yang bergigi. Hal ini karena penggunaannya lebih simpel dan mudah. Sehingga anda cukup menarik gas dan rem saja saat menjalankannya. Kaki tidak perlu sibuk mengatur transmisi.

Selain itu, rem yang ada pada tangan akan memberikan kemudahan bagi pengendara. Namun, sayangnya sepeda motor matik memang cocok anda gunakan untuk area perkotaan.

Dimana jalannya kondisi bagus dan tidak menanjak. Karakternya lurus dan halus sehingga tidak membutuhkan dorongan tenaga yang terlalu besar.

Penggunaan skutik juga banyak ditemui untuk berbagai area pedesaan sekalipun. Hal ini karena aktivitas setiap orang berbeda-beda sehingga tidak menutup kemungkinan penggunaannya untuk area jalan sulit dan menanjak.

Baca Juga : Penyebab Piringan Cakram Bunyi, Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Padahal hal ini justru menjadi salah satu kelemahan motor skutik. Penyebab motor matic tidak kuat nanjak juga bisa karena berbagai hal. Masalah ini sering sekali dialami banyak pengguna motor skutik.

Sistem transmisi skutik memang menggunakan v belt tidak sama seperti pada penggunaan motor manual. Jika motor manual menggunakan rantai dan gear, sehingga membuat tarikannya lebih bertenaga.

Saat motor menanjak, tentu akan mudah dan anda atur sendiri kekuatannya. Berbeda dengan skutik yang terpengaruh pada beberapa komponennya yang kurang optimal.

Sehingga tenaga yang dihasilkan pun kurang maksimal. Hal inilah yang sering terjadi pada penggunaan skutik untuk area jalan yang tidak lurus.

Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak

Salah satu masalah yang sering terjadi pada motor matic yaitu saat kondisi jalan menanjak, kendaraan tidak kuat. Sehingga tenaga yang dihasilkan pun berkurang.

Banyak masalah yang sering terjadi. Namun, hal ini menjadi salah satu keluhan yang terjadi pada pengguna matic. Sebagai pemilik kendaraan matic, sebaiknya anda tahu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Jalan satu-satunya yang perlu anda lakukan yaitu dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Ada banyak hal yang berpengaruh pada hal ini.

Jika matic tidak bertenaga, anda akan kesulitan mengendalikannya pada saat berkendara. Maka dari itu, berikan perawatan yang tepat dan secara berkala.

Baca Juga : Motor Vario Gredek, Solusinya Bersihkan Mangkok Kampas Ganda

Selain itu, kenali komponen dan fungsinya. Dari sini anda bisa mengetahui penyebab motor matic tidak kuat nanjak. Bagi anda yang masih kurang paham dengan hal tersebut, berikut ini penjelasannya.

Filter Udara Kotor

Penyebab motor matic tidak kuat nanjak bisa karena filter udaranya kotor. Efek yang timbul ketika hal ini terjadi yaitu kotoran akan menghalangi asupan udara ke ruang bakar.

Hal ini juga bisa mengurangi tarikan mesin sehingga tidak kuat menaiki tanjakan. Cara untuk mengatasi masalah ini cukup dengan memberikan perawatan dan membersihkannya.

Bersihkan filter udara dengan kompresor. Namun, ketika komponen tersebut sudah dalam keadaan tidak layak pakai, lebih baik anda ganti dengan yang baru. Hal ini mampu membuat motor lebih bertenaga.

Karburator Kotor

Salah satu penyebab motor matic tidak kuat nanjak juga bisa karena karburator kotor. Motor skutik memang menggunakan karburator sehingga sebaiknya berikan perawatan secara berkala.

Jangan biarkan karburator kotor dan membuat masalah ketika kendaraan anda gunakan. Sebagai tempat pembakaran bahan bakar, tentu fungsinya cukup penting.

Baca Juga : Penyebab V Belt Motor Sering Putus, Mempengaruhi Masa Pemakaian

Sehingga tenaga yang dihasilkan berpengaruh pada komponen tersebut. Pembakaran akan kurang optimal ketika komponen tersebut kotor. Sehingga tenaga yang timbul menjadi loyo dan kurang bertenaga.

Jarum Skep Kurang Pas

Sebaiknya selalu berikan perawatan dan pengecekan secara rutin pada komponen sepeda motor. Salah satu yang perlu anda cek yaitu bagian jarum skepnya.

Sebab, ketika komponen tersebut tidak pas setelannya, maka akan mempengaruhi kinerja kendaraan. Maka dari itu, jika hal ini masalahnya, sebaiknya lakukan penyetelan ulang.

Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu penyebab motor matic tidak kuat nanjak. Hal ini agar anda bisa mengatasinya dengan tepat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img