Penyebab Nyeri Ulu Hati dan Cara Pengobatannya Secara Alami

penyebab nyeri ulu hati
Kenai penyebab nyeri ulu hati. Foto: Ist/Net

Penyebab nyeri ulu hati karena banyak faktor. Gangguan ini bisa berkaitan dengan organ pankreas, lambung, fasia, peritoneu, usus 12 jari, atau bagian atas organ hati. Kenali gejala dan cara pengobatannya untuk mencegah semakin parah.

Beberapa organ tersebut letaknya memang berdekatan dalam rongga dada. Jika salah satunya mengalami gangguan akan menimbulkan gejala seperti nyeri pada bagian ulu hati. Kadang rasa sakit ini terasa seperti menusuk.

Ada sejumlah gejala lain yang timbul dai kondisi ini. Seperti mual dan muntah, nyeri pada sekitar dada, perut terasa kembung, hingga nafsu makan yang berkurang. Kenali gejala dan penyebab yang ada untuk mencegah dampaknya yang lebih parah.

Faktor Penyebab Nyeri Ulu Hati

Timbulnya rasa nyeri pada bagian ulu hati berasal dari beberapa organ tubuh yang ada di sekitarnya. Organ ini mengalami gangguan sehingga memberikan tanda berupa rasa nyeri tersebut.

Berikut ini berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab nyeri ulu hati. Saat tanda ini terjadi secara berulang sebaiknya segera periksakan dokter untuk memastikannya dan mendapat penanganan yang tepat.

Batuk Kronis

Timbulnya rasa nyeri pada ulu hati juga bisa terjadi karena memiliki riwayat penyakit batuk. Batuk yang berlangsung lama dan kronis kadang memicu munculnya rasa sakit dan nyeri pada bagian ulu hati.

Tanda lainnya dari serangan penyakit ini antara lain kesulitan atau gangguan pernafasan, muntah darah, rasa sakit atau nyeri pada dada maupun punggung. Jika Anda mengalami batuk kronis sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Pankreastitis

Terganggunya fungsi pankreas juga bisa menjadi penyebab nyeri ulu hati dan sekitar dada. Organ tubuh ini berfungsi untuk memproduksi enzim yang berguna dalam melancarkan aktivitas pencernaan.

Pankreas juga bertugas dalam merangsang tubuh dalam mengolah dan memproses zat glukosa. Jika organ ini terganggu akan mengganggu pula tugasnya. Gangguan yang sering terjadi antara lain peradangan pankreas atau pankreastitis.

Selain nyeri pada bagian ulu hati, gejala lainya dari gangguan ini antara lain mual dan muntah, kram perut atau terasa kaku, serta bagian pusar dan panggul yang mengalami perubahan warna.

Sindrom Iritasi Usus

Penyebab nyeri ulu hati juga bisa terjadi karena adanya sindrom iritasi usus. Penyakit irritable bowel syndrom (IBS) terjadi karena adanya iritasi yang mengenai usus tengah.

Selain menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati, tanda lainnya antara lain terjadinya buang gas terus menerus, kram perut, kembung, hingga frekuensi buang air besar yang meningkat.

Gangguan IBS terjadi karena dinding usus yang mengalami iritasi. Akibatnya gerakan otot usus memicu terjadinya nyeri. Penyebab IBS bisa karena faktor usia, tekanan stres, kecemasan, maupun faktor genetik.

Tukak Lambung

Faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebab nyeri ulu hati adalah gangguan tukang lambung. Penyakit yang populer dengan sebutan tukak peptik ini terjadi karena bagian dinding lambung atau usus kecil yang mengalami luka.

Luka pada lambung ini bisa terjadi karena adanya zat asam dalam saluran pencernaan. Penyebab terjadinya gangguan tukak lambung antara lain karena serangan bakteri.

Penyakit ini juga bisa terjadi karena konsumsi obat dalam jangka panjang. Seperti obat ketoprofen, ibuprofen, maupun minum suplemen potasium atau aspirin.

Selain nyeri sekitar hati, penderita kadang juga mengalami sejumlah gejala lainnya. Seperti muntah darah, nafsu makan menurun, berat badan turun, hingga feses bercampur darah. Nyeri pada ulu hati akan makin terasa saat perut kosong.

Penyakit Kantong Empedu

Gangguan pada kantong empedu juga bisa menjadi penyebab nyeri ulu hati. Kantung kecil yang letaknya agak bawah dari organ hati ini berfungsi memproduksi cairan kental yang membantu proses pengolahan lemak.

Terganggunya fungsi kantong empedu akan menyebabkan lemak dari makanan tak mampu terolah dengan baik. Hal ini tentunya bisa berakibat fatal untuk jantung karena bisa menyebabkan terjadi penyumbatan pembuluh darah.

Selain nyeri pada bagian ulu hati, tanda lainnya bisa berupa sakit pada perut yang sangat menyiksa. Penderita juga akan mengalami mual dan mutah, demam, tubuh sering gemetar, nyeri dada, hingga warna tinja yang berubah.

Kanker Lambung

Penyakit lainnya yang menjadi penyebab nyeri ulu hati adalah kanker lambung. Sel-sel abnormal yang terbentuk dalam lambung biasanya berasal dari kebiasaan dan gaya hidup tak sehat. Seperti para perokok atau paparan radiasi.

Begitu juga dengan kebiasaan mengonsumsi makanan asin atau tinggi garam juga bisa terkena penyakit ini. Riwayat kanker pada keluarga juga akan meningkatkan risiko seseorang terkena gangguan ini.

Namun dalam banyak kasus, penyakit kanker lambung umum terjadi pada orang lanjut usia, khususnya setelah berumur 55 tahun. Kaum pria juga lebih berisiko ketimbang wanita.

Gejala lainnya selain sakit pada ulu hati adalah sering muntah, nafsu makan menurun, hingga menyebabkan penurunan berat badan.

Preeklamsia

Faktor lain penyebab nyeri ulu hati bisa karena preeklamsia. Ini merupakan gangguan tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang tidak mendapat pengobatan dengan cepat dan baik.

Preeklamsia terjadi karena tekanan darah meningkat dan protein dalam urine. Kondisi yang cukup berbahaya ini umumnya terjadi setelah kehamilan berusia 20 minggu yang bisa memicu komplikasi dan mengancam nyawa ibu dan janinnya.

Gangguan ini biasa terjadi pada ibu hamil berusia 40 tahun ke atas atau kurang 20 tahun. Selain memicu sakit pada ulu hati, gangguan ini juga bisa merusak organ ginjal. Gejala lainnya antara lain muntah-muntah.

Baca Juga: Penyebab Saraf Terjepit, Gejala dan Cara Pengobatannya

Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati Secara Alami

Seperti telah dikupas sebelumnya, ada banyak faktor yang menjadi penyebab nyeri ulu hati. Namun untuk memastikannya Anda juga perlu memperhatikan gejala lainnya yang timbul dan menyertai tanda utama tersebut.

Nah, sebelum Anda memeriksakannya ke dokter Anda bisa melakukan beberapa darurat. Berikut ini beberapa cara mengatasi nyeri ulu hati secara alami. Ada sejumlah langkah dan bahan herbal yang bisa Anda manfaatkan.

Makan Camilan

Saat Anda merasakan adanya nyeri pada ulu hati cobalah untuk makan camilan. Ini berguna untuk menetralkan kondisi yang ada. Namun hindari minuman berkafein, beralkohol, dan merokok.

Bawang Putih

Bumbu masak yang satu ini juga baik untuk meredakan sakit pada ulu hati. Namun sebaiknya gunakan sesiung bawang putih jenis lanang atau tunggal. Kunyah langsung meskipun rasanya mungkin agak sangir dan sedikit pedas.

Kacang Almond

Jenis kacang yang satu ini bisa menjadi camilan yang enak untuk meredakan nyeri pada sekitar dada. Kandungan minyak alami dalam kacang almond efektif menetalkan asam lambung penyebab nyeri ulu hati.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Emfisema, Gejala dan Cara Pengobatan

Kunyit

Rimpang kunyit termasuk jenis rempah multi khasiat. Termasuk untuk mengatasi gangguan pencernaan dan meredakan nyeri pada ulu hati. Cukup tambahkan kunyit dalam sup sayur Anda untuk sajian enak yang menyehatkan.

Permen Peppermint

Saat ini ada banyak permen peppermint yang dijual di toko dan supermarket. Cobalah menghisap permen ini untuk meredakan nyeri pada ulu hati. Anda juga bisa meneteskan minyak peppermint dalam air hangat dan meminumnya.

Daun Kemangi

Anda yang menyukai menu penyetan dengan sambalnya saat makan di rumah makin atau warung kaki lima tentunya mengenal daun kemangi. Daun yang bisa membuat wangi bau mulut ini juga baik meredakan nyeri ulu hati.

Buah Pisang

Mengonsumsi buah pisang juga merupakan langkah darurat yang pratis untuk mengatasi sakit ulu hati. Buah ini kaya dengan kalium dan antasid alami yang efektif untuk mengatasi gangguan lambung penyebab nyeri ulu hati.

Jahe

Rempah satu ini juga populer dengan khasiatnya untuk tubuh. Anda bisa merebus jahe yang telah Anda kupas hingga mendidih dan meminum airnya. Biar lebih enak tambahkan madu sedikit untuk meredakan nyeri dada.

Baking Soda

Minum segelas air putih dengan tambahan sesendok teh baking soda juga baik untuk meredakan nyeri pada ulu hati. Minuman ini merupakan antasida alami untuk meredakan dan menetralkan refluks asam. Namun batasi penggunaan baking soda.

Kentang

Buah sayur ini terkenal karena merupakan sumber karbohidrat. Namun kentang juga penetral alami kadar asam dalam perut. Blender saja kentang mentah yang telah Anda kupas dengan sedikit air dan konsumsi.

Itulah berbagai faktor yang menjadi penyebab nyeri ulu hati yang sebaiknya Anda tahu. Dengan menggunakan berbagai bahan herbal Anda bisa meredakannya sebagai langkah darurat. Jika kondisi tak membaik segera periksakan ke dokter. (R11/HR Online)

Editor: Jujang