Penyebab Oli Motor Cepat Habis, 4 Faktor Masalah yang Sering Terjadi

Penyebab Oli Motor Cepat Habis, 4 Faktor Masalah yang Sering Terjadi
Ilustrasi Penyebab Oli Motor Cepat Habis. Foto: pgfilters

Penyebab oli motor cepat habis wajib anda ketahui agar tidak menimbulkan masalah baru pada kendaraan. Sebab, ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ini terjadi.

Oli motor merupakan komponen penting pada kendaraan. Fungsi utama komponen tersebut yaitu untuk melumasi mesin, menjaga komponen dari karat, menjaga kebersihan, dan menjaga suhu mesin kendaraan.

Peranan penting pada kendaraan yaitu untuk membantu kinerja dan performanya. Namun, komponen ini juga memiliki masa pemakaian sehingga perlu anda lakukan pengecekan berkala.

Sama seperti komponen lain pada kendaraan yang hadir dengan fungsi masing-masing. Tidak hanya itu saja, komponen ini pun tidak bisa lepas dari yang namanya masalah.

Baca Juga : Penyebab Piringan Cakram Bunyi, Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Salah satu masalah yang sering terjadi pada oli motor yaitu sering cepat habis. Jangan anggap remeh hal ini, sebaiknya anda cari tahu penyebab oli motor cepat habis.

Masalah ini tentu akan sangat mengganggu pemilik kendaraan. Selain itu, juga mampu mengurangi kinerja mesin bahkan suara motor pun terdengar lebih kasar.

Semua perlu perawatan dan pengecekan guna mengetahui kondisi sebelum dikendarai. Jika terjadi masalah, tentunya berpengaruh pada performa mesin.

Maka dari itu, bagi anda pemilik sepeda motor, berikan perawatan secara rutin pada semua komponen. Sehingga berkendara pun bisa lebih nyaman.

Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Memiliki kendaraan sepeda motor memang sudah bukan hal yang aneh lagi. Bahkan pengguna kendaraan roda dua ini semakin meningkat.

Namun, bagi anda yang memiliki kendaraan ini, sebaiknya berikan pengecekan dan perawatan pada semua komponen. Salah satu yang tidak bisa anda abaikan yaitu oli.

Komponen yang satu ini memiliki peranan yang cukup penting. Sebab, memiliki pengaruh pada kinerja mesin kendaraan. Bagi anda yang sering mengalami oli yang cepat habis, jangan anggap remeh.

Hal ini terjadi karena banyak masalah yang bisa terjadi. Untuk bisa mengatasinya, sebaiknya cari tahu penyebabnya. Bagi anda yang belum tahu ketika mengalami oli yang cepat habis, berikut ini ada ulasan selengkapnya.

1. Oli Jarang Diganti

Penyebab oli motor cepat habis yang pertama yaitu karena komponen tersebut jarang anda ganti. Jika komponen tersebut anda gunakan secara terus-menerus tanpa menggantinya, maka akan habis.

Volume oli akan berkurang secara otomatis. Sebab, komponen tersebut mengalami penguapan dibawah batas minimal. Jika hal ini terjadi, maka komponen tidak bisa melindungi bagian-bagian mesin secara maksimal.

Baca Juga : Penyebab V Belt Motor Sering Putus, Mempengaruhi Masa Pemakaian

Sehingga berujung pada kerusakan yang cukup fatal pada komponen sepeda motor. Agar oli bisa bekerja secara maksimal untuk semua komponen, sebaiknya ganti oli secara rutin. Penggantian oli bisa anda lakukan setiap 2000-3000 km pemakaian.

2. Seal Oli Bocor

Kebocoran yang terjadi pada seal oli juga bisa menjadi penyebab oli motor cepat habis. Hal ini disebabkan karena pengisian oli yang melebihi kapasitas.

Selain itu, juga bisa terpengaruh dari seal oli itu sendiri. Sehingga oli akan meluber melalui lubang pernafasan ke filter udara dan ruang karburator.

Komponen yang terbakar pada ruang pembakaran membuat knalpot mengeluarkan asap putih. Sehingga seal oli bocor dan mengakibatkan hal ini terjadi.

3. Kekentalan Oli Tidak Sesuai

Pada pemakaian oli dengan spesifikasi berbeda pada jenis kendaraan tentu hal ini tidak benar. Jika anda menggunakan komponen tersebut lebih kental dari yang direkomendasikan, motor akan berat.

Bahkan jika oli terlalu encer, maka akan terasa cukup ringan. Maka dari itu, sebaiknya gunakan oli sesuai spesifikasi jenis kendaraan atau standar pabrik agar penyebab oli motor cepat habis tidak terjadi.

4. Kendaraan Digunakan Tidak Normal

Borosnya pemakaian oli juga bisa tergantung dari pemakaian kendaraan. Jika anda gunakan secara normal, tentu tidak akan terjadi masalah seperti ini.

Baca Juga : Suspensi Sepeda Motor, Cara Cek Kondisinya Tanpa ke Bengkel

Namun, ketika anda mengendarainya secara ugal-ugalan, secara otomatis masalah oli boros bisa saja terjadi. Saat penggunaan gas secara penuh dan tidak beraturan, mampu membuat oli berkurang dengan cepat.

Hal ini karena penggunaannya cukup kasar dan mesin motor pun mudah panas. Sebaiknya gunakan kendaraan secara normal dan hati-hati.

Sehingga penyebab oli motor cepat habis tidak anda alami. Selain itu, performa mesin kendaraan juga akan terjaga. Berkendara pun bisa lebih aman dan nyaman. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto