Penyebab Rem Mobil Bergetar, 3 Masalah yang Umum Terjadi

Penyebab Rem Mobil Bergetar, 3 Masalah yang Umum Terjadi
Ilustrasi penyebab rem mobil bergetar. Foto: carfromjapan

Penyebab rem mobil bergetar bisa karena berbagai hal. Jika terjadi kondisi seperti ini, akan menimbulkan bahaya saat berkendara. Sebab, hal ini mampu menimbulkan bahaya tersendiri saat berkendara.

Mobil menjadi alat transportasi yang cukup banyak peminatnya saat ini. Bahkan dengan harganya yang tinggi, tidak mengurungkan niat seseorang untuk memilikinya.

Apalagi kini anda bisa mendapatkan berbagai jenis kendaraan yang bisa menemani anda beraktivitas. Banyaknya jenis dan merk mobil ternama, membuat anda bisa memilih sesuai selera.

Bahkan kini anda juga bisa mendapatkan kendaraan second dengan harga terjangkau. Meski, materialnya terbuat dari besi dengan pembuatan yang cukup teliti dan detail.

Namun, komponen bisa mengalami yang namanya kerusakan. Sehingga perlu anda ganti atau benahi. Setiap komponen kendaraan pun memiliki fungsi yang cukup penting.

Salah satunya yaitu komponen rem mobil. Komponen yang satu ini memiliki fungsi vital sehingga anda perlu melakukan perawatan secara berkala.

Tidak hanya itu saja, banyak masalah yang bisa terjadi pada komponen tersebut. Salah satunya yaitu saat kendaraan dikendarai, namun menimbulkan getaran saat rem berfungsi.

Baca Juga : Penyebab Piringan Cakram Bunyi, Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Selain berbahaya, masalah ini juga bisa membuat anda kurang nyaman. Apalagi jika kendaraan yang anda miliki sudah lama terpakai, tentu sering terjadi masalah jika anda tidak memberikan perawatan secara berkala.

Penyebab rem mobil bergetar perlu anda ketahui secara pasti. Hal ini mampu membantu anda memperoleh solusi tepat saat terjadi kesalahan.

Penyebab Rem Mobil Bergetar

Mungkin bagi pecinta otomotif, mengatasi hal tersebut sudah biasa. Namun, bagi anda yang belum tahu tentu akan merasa khawatir dan panik.

Pada umumnya, hal ini akan terjadi jika anda berkendara dengan kecepatan 60 km/jam. Masalah ini biasa terjadi pada berbagai jenis mobil.

Getaran yang timbul karena cakram rem yang rata, sehingga perlu perbaikan dengan membawanya ke bengkel. Sebaiknya benahi masalah tersebut pada bengkel bubut agar komponen bisa berfungsi dengan baik.

Namun, sebaiknya anda tahu apa saja penyebab timbulnya masalah tersebut. Rem yang bergetar memang memiliki hubungan penting.

Pada jenis sistem pengereman yang menggunakan sistem gesekan, tentu akan menimbulkan getaran. Namun, hal itu tidak akan terasa sampai ke bagian dashboard.

Untuk bisa mengatasi penyebab rem mobil bergetar, sebaiknya anda tahu apa saja yang mempengaruhi rem bergetar pada mobil.

Baut Kaliper Lepas

Penyebab rem mobil bergetar bisa karena baut kalipernya terlepas. Pada komponen pengereman terdapat dua baut yang menahan kaliper ke braketnya.

Sehingga ketika salah satunya terlepas, tentu akan menimbulkan bahaya. Meski bautnya lepas, namun jangan panik jika kaliper akan ikut terlepas.

Sebab, komponen tersebut sudah tertahan dengan velg mobil. Sehingga ketika bunyi timbul, maka dikarenakan getaran yang berbunyi tidak hanya saat pengereman saja.

Saat mobil akselerasi pun juga bisa terasa. Agar tidak timbul rasa khawatir, sebaiknya selalu periksa setiap komponen kendaraan secara teliti.

Pin Kaliper Kering

Penyebab rem mobil bergetar bisa karena pin kalipernya mengering. Bagian rem mobil depan pada umumnya menggunakan cakram.

Baca Juga : Masalah Rem Mobil yang Umum Terjadi Secara Tiba-Tiba

Sehingga ketika anda lepas ban mobil bagian depan memperlihatkan piringan dengan kaliper penjepit. Hal ini akan terjadi ketika pengereman dilakukan. Terdapat dua baut yang ada pada posisi bagian atas dan bawah.

Fungsinya untuk menghubungkan kaliper dengan pinnya. Pin kaliper harus bisa terus bergeser sehingga perlu anda berikan pelumas. Jika kondisinya mengering, akan menimbulkan suara getaran pada kendaraan.

Permukaan Piringan Tidak Rata

Mungkin masalah bergetarnya mobil saat rem dilakukan sudah sering terjadi. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum tahu masalah tersebut.

Hal ini terjadi karena bagian piringannya sudah tidak rata. Sehingga ketika anda mengaplikasikan rem, kedua kampas menjepit piringan.

Baca Juga : Penyebab Kopling Mobil Selip, Terjadi Karena Kampas Bermasalah

Ketika kondisinya masih bagus, tentu akan baik-baik saja dan terasa halus. Namun, jika permukaan piringan tidak rata, apalagi timbul goresan, maka menimbulkan efek samping tersendiri.

Solusi dari masalah ini yaitu segera bawa ke bengkel bubut. Jika tidak, anda perlu ganti dengan baru. Sistem pengereman memiliki peranan yang cukup penting.

Sehingga ketika anda tahu penyebab rem mobil bergetar, sebaiknya segera mengatasinya. Hal ini untuk menjaga keselamatan saat berkendara. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto